BerandaHits
Sabtu, 12 Agu 2023 17:00

Mengapa Penggemar K-Pop Berisik saat Idol Mereka Mengaku Berpacaran?

Penulis:

Mengapa Penggemar K-Pop Berisik saat Idol Mereka Mengaku Berpacaran?Arie Widodo
Mengapa Penggemar K-Pop Berisik saat Idol Mereka Mengaku Berpacaran?

Pengumuman Jisoo pacaran bikin heboh dunia K-pop. (IG/Happy Jisoo 103%)

Para penggemar K-pop menjadi orang paling berisik saat idol mereka mengaku berpacaran. Kenapa bisa begitu?

Inibaru.id – Pengakuan Jisoo Blackpink berpacaran dengan aktor An Bo-hyun pada 27 Juli 2023 lalu bikin geger dunia K-pop. Pembahasan mengenai hal ini berlangsung hingga berhari-hari, khususnya bagian perbedaan usia di antara keduanya: Jisoo berusia 28 tahun, sedangkan Bo-hyun 35 tahun.

Sebenarnya, pengumuman idol K-pop berpacaran bukanlah hal baru, misalnya yang paling heboh adalah ketika penggemar Twice dikagetkan dengan pujaan hatinya, Jihyo, dikabarkan berpacaran dengan Kang Daniel. Pertanyaannya, kenapa harus ada kehebohan semacam itu?

FYI, bintang K-pop papan atas biasanya punya kecenderungan nggak mengungkap kehidupan pribadi mereka ke ruang publik. Bahkan, pada dekade 2010-an, bukan hal yang aneh menemukan agensi melarang idol boyband atau girlband K-pop yang bernaung di bawah mereka berpacaran.

Pihak agensi melarang karena ketahuan berpacaran acap disambut sebagai sebuah skandal oleh para penggemarnya. Bahkan, pengakuan sedang menjalani hubungan asmara juga berdampak buruk bagi citra seorang idol, lo.

Para Penggemar Brutal

Kabar Jisoo pacaran dengan Ahn Bo-hyun termasuk hal yang jarang terjadi di dunia K-pop. (selebriti.cloud)
Kabar Jisoo pacaran dengan Ahn Bo-hyun termasuk hal yang jarang terjadi di dunia K-pop. (selebriti.cloud)

Sosiolog dari Nanyang Technological University Singapura Patrick Williams mengatakan, pihak agensi umumnya akan melarang atau menyembunyikan hubungan asmara para idol mereka. Alasannya, mereka ingin terus "menjual" idola yang bagi para penggemar seperti bisa digapai secara romantis.

"Bayangkan jika mereka tahu idolanya sudah punya pasangan kekasih, anggapan itu tentu hilang seketika dan hal tersebut bisa berdampak buruk dari sisi bisnis,” ungkapnya sebagaimana dikutip dari BBC, Kamis (3/8).

Apa yang dikatakan Williams sangatlah masuk akal. Contoh paling nyata bisa kamu temukan saat Jihyo mengabarkan hubungannya dengan Kang Daniel pada 2019. Banyak penggemar yang marah. Bahkan, selebritas yang diduga jadi mak comblang mereka dikabarkan dapat ancaman dari para penggemar yang brutal.

Lantas, mengapa Jisoo dan agensinya bisa begitu santai mengungkap hubungan asmaranya? Padahal, yang galau dan patah hati karena pujaan hatinya ini berpacaran nggak sedikit, lo!

Tingkat Popularitas

Blackpink cukup percaya diri dengan pamornya yang bakal tetap stabil meski salah seorang anggotanya mengungkapkan hubungan asmaranya. (AFP via Liputan 6)
Blackpink cukup percaya diri dengan pamornya yang bakal tetap stabil meski salah seorang anggotanya mengungkapkan hubungan asmaranya. (AFP via Liputan 6)

Jihyo dan Jisoo adalah dua sosok yang sama-sama memiliki penggemar setia. Pamor girlband yang menaungi keduanya, yakni Twice dan Blackpink, juga sama-sama nggak perlu diragukan lagi di dunia hiburan Korea.

Lalu, kenapa Jisso lebih tenang? No offense buat band lain, tapi alasannya adalah karena tingkat popularitas Blackpink yang telah mendunia. Bukan hal aneh melihat pencinta musik Afrika, Timur Tengah, atau bahkan Amerika Serikat mengidolakan para personel Blackpink, termasuk Jisoo.

Koresponden Billboard Rob Schwartz mengatakan, Blackpink sudah ada di level industri internasional yang sangat kuat dan matang. Meski pengumuman Jisoo tidak biasa untuk idol K-pop yang sedang berada di puncak karier, sepertinya mereka cukup percaya diri.

"Bisa jadi, baik itu dari Blackpink ataupun agensinya sudah mulai percaya diri untuk melawan beberapa hal yang dulu membatasinya, termasuk dalam mengungkap hubungan pribadi,” ungkap Schwartz

Yap, selain nama besar dan fanbase yang sudah sangat besar, bisa jadi memang mulai ada perubahan di industri K-pop yang memungkinkan idolnya kini lebih leluasa mengungkap kehidupan pribadi. Menarik ditunggu siapa selanjutnya, nih! (Arie Widodo/E03)

Tags:

Inibaru Indonesia Logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Sosial Media
A Group Member of:
medcom.idmetro tv newsmedia indonesialampost

Copyright © 2025 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved