inibaru indonesia logo
Beranda
Pasar Kreatif
Penjual Bendera Pinggir Jalan: Harga Masih Ekonomis
Rabu, 9 Agu 2023 15:24
Penulis:
Sekarwati
Sekarwati
Bagikan:
Sifah, warga Demak memanfaatkan HUT RI ke-78 dengan berjualan bendera merah putih.(Inibaru.id/ Ayu Sasmita)

Sifah, warga Demak memanfaatkan HUT RI ke-78 dengan berjualan bendera merah putih.(Inibaru.id/ Ayu Sasmita)

Beberapa orang memanfaatkan momentum Perayaan Hari Kemerdekaan dengan berjualan bendera di pinggir jalan. Mereka menjual berbagai macam bendera dengan harga ekonomis.

Inibaru.id - Membeli bendera merah putih di Bulan Agustus adalah waktu yang tepat. Kamu nggak akan kesulitan mencari pedagang bendera atau kehabisan stok karena banyak dijumpai di pinggir-pinggir jalan.

Memang, bagi sebagian orang, momentum HUT Kemerdekaan RI dimanfaatkan untuk mendulang cuan dari menjual bendera merah putih. Sebab, di bulan kemerdekaan itu banyak orang atau instansi akan mengibarkan Sang Merah Putih.

Nah, perayaan 17-an tahun ini pun nggak dibiarkan begitu saja oleh mereka yang biasa menjual pernak-pernik Agustusan termasuk bendera, Millens. Satu dari sekian banyak penjual bendera itu adalah Sifah. Perempuan 40 tahun itu sejak 1 Agustus sudah mangkal di pinggir Jalan Kyai Singkil, Petengan Selatan, Kelurahan Bintoro, Demak berdagang bendera.

Bendera merah putih yang dia jual berjejer, diikat dalam satu tali yang menjuntai di antara dua pohon. Sedangkan di sisi kanan ada bendera warna-warni berbentuk segitiga.

Harga Terjangkau

Bendera yang dijual berukuran kecil hingga besar seperti umbul-umbul, rumbai, gelombang, dan lainnya. (Inibaru.id/ Ayu Sasmita)
Bendera yang dijual berukuran kecil hingga besar seperti umbul-umbul, rumbai, gelombang, dan lainnya. (Inibaru.id/ Ayu Sasmita)

Raut muka Sifah sesekali semringah setiap pembeli mampir ke lapaknya. Meskipun sekadar melihat-lihat, tidak mengurangi semangatnya menjajakan bendera merah putih.

Saat ditemui Inibaru.id, perempuan warga Desa Tembiring, Kelurahan Jogoloyo, Demak itu sedang beristirahat bersama anaknya. Sembari menunggu pembeli, dia berbagi kisah awal mula dirinya berjualan bendera merah putih.

Sifah sudah 15 tahun berjualan bendera merah putih, khususnya tiap momentum Peringatan Kemerdekaan RI. Kali pertama memutuskan berjualan saat dirinya sedang mengandung anak pertama.

"Saya jualan bendera merah putih dari tahun 2008, setiap bulan Agustus saja sih. Keseharian saya membuka warung sarapan di Pasar Bintoro," kata perempuan yang kala itu mengenakan gamis merah muda dan jilbab coklat, Kamis (3/8/2023).

Supaya cepat laku, dia mengaku nggak pasang tarif tinggi. Bendera dengan ukuran kecil hingga besar seperti umbul-umbul, rumbai, gelombang, dan lainnya hanya berkisar Rp20-30 ribu per helai.

"Ini ukurannya rumahan semua. Biasanya ada yang pesan untuk ukuran lebih besar. Masih standar ekonomislah," imbuhnya.

Tahun Ini Lebih Ramai

Sebagai penjual bendera yang mengandalkan momentum, Sifah selalu berharap tiap tahunnya dia bisa memperoleh rezeki dari berjualan bendera. Dengan semangat dan berharap ada banyak orang yang mampir ke lapak, setiap hari dia membuka dagangan dari pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.

"Namanya musiman ya keuntungan sedapatnya. Tidak semua pembeli bendera langsung membayar Rp25 ribu, tapi ditawar dulu. Ya sekenanya saja, kalau untung ya dikasih," akunya.

Untunglah, tahun ini keadaan sudah berbeda dengan tahun sebelumnya yang masih dibelenggu pandemi Covid-19. Di tahun 2023 perayaan 17 Agustus terasa semarak dan pembeli bendera juga banyak.

"Korona kemarin sepi banget, dua tahun kemarin. Hampir tidak ada yang beli, sepi. Baru tahun ini ramai lagi," pungkasnya.

Hm, syukurlah keadaan sudah membaik dan para penjual bendera seperti Sifah juga bisa merasakan dampaknya. Buat kamu yang belum punya bendera untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-78, bisa banget membeli dagangan mereka, ya! (Ayu Sasmita/E10)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved