inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Masa Liburan Sekolah, Jumlah Penumpang Kareta di Daop 4 Semarang Meningkat
Selasa, 2 Jul 2024 21:34
Bagikan:
Penumpang stasiun kereta api di Semarang. (Inibaru.id/Triwanda Tirta Aditya)

Penumpang stasiun kereta api di Semarang. (Inibaru.id/Triwanda Tirta Aditya)

Meski jumlah penguna kereta api di Daop 4 Semarang meningkat, masih tersedia cukup banyak tiket kereta api buat kamu yang perlu bepergian ke luar kota, Millens.

Inibaru.id - Jumlah penumpang kereta api di Daop 4 Semarang meningkat pada masa liburan sekolah yang dimulai sejak 22 Juni 2024. Kenaikkan diperkirakan terus terjadi karena musim liburan masih berlangsung hingga tahun ajaran baru yang dimulai pada 22 Juli 2024.

"Selama sembilan hari periode libur sekolah mulai Sabtu 22 Juni hingga Minggu 30 Juni 2024, jumlah penumpang menggunakan kereta api mencapai 191.112 penumpang atau rata-rata 21.235 penumpang per hari,” kata Manager Humas KAI Daop 4 Semarang Franoto Wibowo dalam rilisan resmi yang dikeluarkan pada Selasa (2/7/2024).

Jumlah tersebut naik 21 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama pada pekan sebelumnya. Pada Sabtu 8 Juni hingga Minggu 16 Juni 2024, jumlah pengguna transportasi ular besi sebanyak 157.369 penumpang atau rata-rata 17.485 penumpang per hari.

Lebih lanjut, selama dua pekan pertama Juli ini, sudah 68.549 tiket kereta api yang terjual alias 33 persen dari total keseluruhan tempat duduk yang disediakan yang mencapai 210.356 unit.

"Jumlah itu masih akan bertambah karena penjualan terus berlangsung,” ungkapnya.

Libur sekolah dimanfaatkan banyak orang melakukan perjalanan dengan kereta api. (MI/Supardji Rasban)
Libur sekolah dimanfaatkan banyak orang melakukan perjalanan dengan kereta api. (MI/Supardji Rasban)

FYI aja nih, pada periode libur sekolah, terdapat 33 perjalanan KA per hari dengan keberangkatan awal dari wilayah Daop 4 Semarang dan 49 perjalanan KA per hari yang melintas di wilayah Daop 4 Semarang. Perjalanan-perjalanan kereta api tersebut tersedia dengan berbagai tujuan seperti Jakarta, Bandung, Cirebon, Purwokerto, Cilacap, Solo, Madiun, Lamongan, Malang, Surabaya, Jember, hingga Banyuwangi.

"KAI juga mengimbau kepada seluruh pelanggan agar mengalokasikan waktu yang cukup saat menuju stasiun keberangkatan. Hal ini sebagai upaya menghindari kemungkinan tertinggal kereta api,” jelasnya.

Nggak lupa, KAI berharap masyarakat dapat merencanakan perjalanannya dengan baik karena tiket KA pada periode libur sekolah masih tersedia. Bagi masyarakat yang belum mendapatkan tiket KA untuk periode libur sekolah, dapat segera melakukan pemesanan melalui aplikasi Access by KAI, situs kai.id, dan berbagai mitra penjualan resmi lainnya yang bekerja sama dengan KAI.

"Di masa libur panjang ini, KAI memastikan akan melayani masyarakat dengan tepat waktu, aman serta bebas dari kemacetan. Sehingga momen liburan bersama keluarga dan rekan dapat dinikmati pelanggan dengan nyaman dan menyenangkan,” tutup Franoto.

Masih tersedia cukup banyak tiket kereta api buatmu yang pengin bepergian ke kota lain selama masa liburan sekolah, Millens. Yuk, kapan kita jalan-jalan? (Danny Adriadhi/E07)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved