inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Kipas Angin Gantung untuk Ruang Makan, Yay or Nay?
Minggu, 14 Mei 2023 11:00
Penulis:
Arie Widodo
Arie Widodo
Bagikan:
Ilustrasi: Kipas angin gantung. (YouTube/Bunda Kamaray)

Ilustrasi: Kipas angin gantung. (YouTube/Bunda Kamaray)

Demi membuat suhu udara jadi lebih sejuk, ada yang memasang kipas angin gantung di ruang makan. Sebenarnya, apakah ini adalah ide yang bagus?

Inibaru.id – Mengingat kita tinggal di negara dengan iklim tropis, wajar jika kita merasakan suhu panas sepanjang waktu. Masalahnya, suhu panas ini bisa bikin nggak nyaman saat kita sedang ini menikmati momen-momen tertentu seperti makan bersama dengan keluarga.

Makanan memang paling nikmat dikonsumsi saat masih panas atau hangat. Tapi, jika kita mengonsumsinya saat suhu udara sangat panas, tentu akan membuat suasana terasa gerah dan nggak nyaman.

Demi meminimalisir hal tersebut, banyak orang yang memilih untuk memasang kipas angin gantung di ruang makan. Alasannya tentu simple, jika suhu sedang gerah, kipas bisa dinyalakan dan membuat suhu ruangan jadi lebih sejuk.

Meski begitu, sejumlah orang menyebut keberadaan kipas angin gantung nggak cocok dari sisi feng shui. Nggak hanya itu, kipas angin gantung disebut-sebut bisa bikin debu di dalam ruang makan berterbangan ke mana-mana dan mengontaminasi makanan. Lantas, apakah memasang kipas angin gantung di ruang makan adalah ide buruk?

Kalau menurut Medcom, (26/4/2023), nggak masalah jika kipas angin gantung dipasang di ruang makan. Tapi, kamu harus memperhatikan berbagai hal ini dulu, Millens.

Kipas harus rutin dibersihkan

Kipas angin gantung harus rutin dibersihkan. (telset.id)
Kipas angin gantung harus rutin dibersihkan. (telset.id)

Hal pertama yang harus kamu lakukan jika memasang kipas angin gantung di ruang makan adalah rutin membersihkannya. Soalnya, kipas bisa saja berdebu. Kalau nggak, bisa-bisa malah kipas angin tersebut membuat ruang makan jadi lebih kotor. Dampaknya, makanan yang dikonsumsi orang sekeluarga jadi nggak higienis deh.

Saat membersihkan kipas angin, pastikan di ruang makan atau dapur nggak ada makanan yang terbuka ya? Jika perlu, singkirkan dulu makanan-makanan tersebut ke ruangan lain agar aman dan nggak terkontaminasi.

Perhatikan kekuatan plafon

Sebelum kamu memasang kipas angin gantung, cek dulu kekuatan plafon di rumahmu. Kalau kamu asal pasang, bisa jadi malah kipas yang cukup berat ini membebani plafon dan bisa membuatnya rubuh secara tiba-tiba.

Selain itu, jangan memasang kipas angin gantung jika plafon ruang makanmu terlalu rendah. Salah-salah, orang yang makan di ruangan tersebut jadi nggak nyaman dengan kipas angin yang nggak jauh dari kepala mereka. Kamu bisa memilih jenis kipas lainnya seperti kipas berdiri yang lebih aman.

Pilih kipas angin yang tepat

Kalau kipasnya terlalu besar, bisa jadi angin yang dihasilkan terlalu kencang dan akhirnya bikin ruang makan terasa nggak nyaman. Kalau terlalu kecil jika dibandingkan dengan ruangan, ruangan juga akan terasa panas. Jadi, kamu harus memilih kipas dengan ukuran yang tepat.

Pastikan kamu memasang kipas angin gantung di posisi yang tepat agar semua penjuru ruangan terkena angin.

Omong-omong, apakah di rumahmu juga ada kipas angin gantung, Millens? (Arie Widodo/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved