inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Deretan Sebab Rumahmu Dihuni Rayap
Selasa, 25 Apr 2023 18:00
Penulis:
Bagikan:
Penyebab rayap bisa bersarang di dalam rumah. (Grid)

Penyebab rayap bisa bersarang di dalam rumah. (Grid)

Rayap bisa bikin kerusakan pada berbagai macam perabotan rumah. Nah, biar rumahmu nggak sampai jadi sarang rayap, coba deh lakukan berbagai hal berikut ini.

Inibaru.id – Selain nyamuk, semut, dan kecoak, rayap adalah serangga yang paling nggak disukai keberadaannya di dalam rumah. Soalnya, rayap mampu menyebabkan kerusakan pada buku, perabotan, pakaian, hingga dokumen-dokumen penting di dalam rayap.

Rayap juga sulit untuk dibasmi, apalagi jika sudah membuat sarang yang sulit untuk dideteksi penghuni rumah. Tapi, kalau dibiarkan begitu saja, bakal semakin banyak barang dan perabotan rumah yang rusak.

Nah, biar rumahmu nggak sampai jadi sarang rayap, ketahui dulu yuk penyebab banyak rayap di rumah sebagaimana dikutip dari Popmama, (16/7/2021).

Perabot kayu di rumah tidak dilengkapi dengan anti rayap

Tidak semua perabot kayu yang kamu beli ternyata sudah dilengkapi dengan lapisan anti rayap. Kalau sudah begini, maka perabotan tersebut pun bakal jadi sasaran empuk bagi serangga tersebut. Selain perabotan, sejumlah bagian rumah lain seperti kerangka atap, kusen, dan lain-lain juga bisa mengalami hal yang sama jika tidak diberi lapisan anti rayap.

Nggak hanya itu, sejumlah perabotan dari bahan kayu terkadang memakai bahan dengan kualitas rendah yang mudah diserang rayap. Oleh karena itulah, kamu harus lebih cermat dalam memilih perabotan kayu dan nggak mudah tergiur dengan harga murah.

Rumah jarang dibersihkan

Rumah kotor bisa menyebabkan datangnya rayap. (Jayaimperialpark)
Rumah kotor bisa menyebabkan datangnya rayap. (Jayaimperialpark)

Kamu malas bersih-bersih rumah? Kalau iya, jangan kaget jika rumahmu jadi sarang serangga, termasuk rayap. Debu-debu dan kotoran yang menumpuk bisa mengundang rayap untuk membangun sarang di dalam rumahmu. Kalau sudah begini, kamu akan kerepotan ke depannya.

Sirkulasi udara dan cahaya rumah buruk

Saat membeli atau membangun rumah, pastikan untuk memperhatikan sirkulasi udara dan cahaya sebaik mungkin. Jika sampai hal ini nggak diperhatikan, rumahmu bakal jadi pengap dan lembap. Padahal, kondisi ini bisa menarik perhatian rayap. Perabotan di rumah juga akan lebih mudah berjamur atau lapuk.

Oleh karena itulah, jangan ragu untuk membuka jendela atau pintu untuk memastikan sirkulasi udara berjalan dengan baik dan cahaya matahari bisa masuk dengan leluasa. Rumahmu pun nggak lembap dan akhirnya membuat rayap enggan masuk ke dalamnya, deh.

Ada banyak celah bagi rayap untuk masuk ke dalam rumah

Kalau di rumahmu ada rongga seperti di sela-sela tembok, kusen, hingga pipa, bisa jadi rayap akan masuk ke dalam celah-celah tersebut dan membuat sarang di dalam rumah. Oleh karena itulah, kamu harus rajin-rajin mengecek kondisi rumah dan membersihkannya demi mencegah rayap-rayap tersebut menguasai rumahmu.

Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, semoga saja rumahmu jadi bebas rayap, ya, Millens? Kamu pun nggak perlu khawatir bakal ada barang yang rusak karena serangga tersebut, deh. (Arie Widodo/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved