Inibaru.id - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 4 Semarang mencatat lonjakan penumpang pada periode libur panjang akhir pekan memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW tahun ini.
Selama empat hari, Kamis-Minggu (4–7/9/2025), total 206.218 penumpang terlayani, terdiri atas 105.129 penumpang berangkat dan 101.089 penumpang datang.
Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo menjelaskan, puncak arus keberangkatan terjadi pada Minggu (7/9) dengan 32.935 penumpang, sedangkan puncak kedatangan tercatat pada Jumat (5/9) dengan 30.151 penumpang.
Franoto menambahkan, jumlah keberangkatan penumpang pada periode libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW ini lebih tinggi sekitar 47 persen dibandingkan periode yang sama minggu sebelumnya (28–31/8) yang hanya mencatat 71.475 penumpang berangkat.
"Adapun untuk volume kedatangan juga meningkat sekitar 45 persen dibandingkan minggu sebelumnya dengan jumlah 69.499 penumpang datang,” sebutnya.
Kepercayaan Masyarakat pada KAI
Dia juga mengungkapkan, kenaikan jumlah pengguna kereta api mencerminkan semakin tingginya kepercayaan masyarakat terhadap moda darat massal ini. Selain itu, kereta api juga turut berperan menggerakkan sektor pariwisata, mulai dari wisata religi hingga kuliner di Jawa Tengah.
“Ini menjadi bukti nyata bahwa kami ikut mendorong konektivitas antarwilayah dan berkontribusi dalam mendukung pertumbuhan ekonomi serta pariwisata daerah; sejalan dengan Asta Cita pemerintah untuk memperkokoh pembangunan inklusif dan berkelanjutan di sektor transportasi serta pariwisata,” ujarnya.
Untuk diketahui, libur panjang membuat beberapa KA jarak jauh mencatat jumlah penumpang tertinggi, antara lain Kertajaya (12.331 penumpang), Brantas (10.868 penumpang), Matarmaja (9.551 penumpang), Jayabaya (6.472 penumpang), Majapahit (6.069 penumpang), dan Gumarang (4.448 penumpang).
Adapun stasiun dengan aktivitas paling padat di wilayah Daop 4 adalah Stasiun Semarang Tawang (75.712 penumpang), Semarang Poncol (72.296 penumpang), Tegal (34.166 penumpang), Pekalongan (26.534 penumpang), Pemalang (12.755 penumpang), dan Cepu (11.351 penumpang).
Evaluasi dan Antisipasi
KAI Daop 4 Semarang memastikan akan terus melakukan evaluasi terhadap layanan selama periode libur Maulid. Langkah ini diambil untuk mengantisipasi lonjakan penumpang di libur panjang berikutnya, termasuk akhir tahun dan hari-hari besar lainnya.
Nggak lupa, Franoto menyampaikan terima kasih terhadap kepercayaan masyarakat terhadap PT KAI, khususnya yang menggunakan layanan kereta api dari Daop 4 Semarang. Dia berharap bisa terus memenuhi ekspektasi pada pelanggan setia KAI.
“Terima kasih kami sampaikan kepada seluruh pelanggan setia KAI yang telah memilih kereta api sebagai moda transportasi andalan. Kami akan terus berkomitmen menghadirkan layanan transportasi yang selamat, aman, nyaman, dan sehat,” tutup Franoto.
Untuk para pelanggan setia si ular besi ini, semoga layanan yang diberikan PT KAI memuaskan, ya! (Siti Khatijah/E10)
