Jarang Ditemukan di Indonesia, Bus Sekolah Hadir di Banyumas dan Kulonprogo

Jarang Ditemukan di Indonesia, Bus Sekolah Hadir di Banyumas dan Kulonprogo
Bus sekolah beroperasi di Banyumas dan Kulonprogo. (Radarbanyumas.co.id)

Selain di DKI Jakarta, bus sekolah jarang ditemukan di kota-kota besar di Indonesia. Tapi, di Banyumas dan Kulonprogo, justru ada lo. Bahkan, ada yang sampai beroperasi di desa-desa. Seperti apa sih ceritanya?

Inibaru.id – Bus sekolah jarang ditemukan di Indonesia. Hal ini tentu sangat berbeda dengan di negara-negara maju di mana anak-anak sekolah bisa dengan mudah naik bus sekolah setiap kali berangkat atau pulang ke rumah. Menariknya, di Banyumas, Jawa Tengah, dan Kulonprogo, DIY, kamu justru bisa menemukannya, lo.

Di Ibu Kota Jakarta, sejak Desember 2021 lalu, setidaknya ada 35 bus sekolah gratis yang beroperasi. Tapi, hal ini belum ditemukan di kota-kota besar lainnya. Andaipun ada, jumlahnya terbatas karena nggak semua sekolah menyediakannya. Nah, ada yang menarik nih dari penyediaan bus di Banyumas dan Kulonprogo, Millens.

Di Banyumas, bus sekolah gratis kembali beroperasi di Route Koridor 1 Kemawi sejak 11 Januari 2022 lalu. Nantinya, bus sekolah juga bakal hadir di Koridor 2 Binangun. Bus sekolah ini sempat berhenti beroperasi akibat pandemi. Padahal, kehadiran bus-bus ini sejak 2019 sangat membantu peserta didik yang lokasinya jauh dari pusat kota.

Memang, di Koridor 1 Kemawi hanya ada dua unit bus dengan kapasitas 26 kursi dan 10 handgrip. Tapi, karena bus ini start mulai pukul 05.45 WIB dari Desa Kemawi, Klinting, Tanggeran, dan Somagede di Kecamatan Somagede yang berjarak belasan kilometer dari Purwokerto, tentu saja banyak siswa yang terbantu ketika berangkat ke sekolah.

“Pada tahun 2020 lalu, kita mendapatkan tambahan dua unit baru dan belum dioperasikan, maka untuk uji coba dan membuka Koridor baru dengan rute Banyumas – Pasinggangan – Binangun,” ujar Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Banyumas Agus Nur Hadie, 10 Januari 2022.

Halte bus sekolah di Desa Klinting, Banyumas. (Rri.co.id/Suprianto)
Halte bus sekolah di Desa Klinting, Banyumas. (Rri.co.id/Suprianto)

Di koridor 2, ada 2 bus kecil dengan kapasitas 19 penumpang. Maklum, jalanan di sana masih berukuran kecil dan sulit ditembus dengan bus ukuran medium. Namun, karena jalur ini sudah 16 tahun nggak dilewati Angkudes, dipastikan bakal sangat membantu anak-anak sekolah.

Bus Sekolah Mulai Diuji Coba di Kulonprogo pada 2023

Di Kabupaten Kulonprogo, DIY, uji coba bus sekolah dengan kapasitas 19 tempat duduk dipastikan bakal dimulai awal 2023 nanti. Uji coba bakal dilakukan di seputaran Wates.

“Sementara dua bus, trayek masih dalam kota. Dua armada belum bisa jangkau luar kota Wates. Pengertian Wates bukan kecamatan, tapi aglomerasi perkotaan Wates. Bisa saja sebagian Pengasih, bisa saja sebagian Temon sisi timur, dan Kokap,” ungkap Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kulonprogo Lucius Bowo Pristyanto, Kamis (2/6/2022).

Bowo menyebut pengadaan bus sekolah yang merupakan bus bantuan dari Kemenhub ini sebagai respons dari pemerintah kabupaten Kulonprogo untuk menekan kasus kecelakaan yang melibatkan anak sekolah selama ini.

Wah, menarik ya, ternyata di daerah juga sudah ada bus sekolah. Kalau di tempatmu, ada belum, Millens? (Har, Pik, Sol, Det/IB09/E05)