Membidik PTS Terbaik dengan Tips Berikut

Membidik PTS Terbaik dengan Tips Berikut
Ilustrasi: Calon mahasiswa kuliah di perguruan tinggi swasta (PTS) terbaik. (Twitter.com/humasfpsiui)

Kalau kamu adalah calon mahasiswa tapi nggak masuk perguruan tinggi negeri (PTN), nggak perlu bingung. Kamu masih bisa kok mendaftar di perguruan tinggi swasta (PTS) terbaik dan berkualitas. Nah, biar bisa kuliah di sana, simak tips-tips berikut ini, ya?

Inibaru.id – Perguruan Tinggi Negeri (PTN) memang masih jadi primadona bagi calon mahasiswa baru di Indonesia. Di samping biaya kuliah yang lebih murah, kualitas pendidikannya juga tergolong lebih bagus. Meski begitu, kalau kamu nggak diterima di PTN, masih ada opsi untuk kuliah di perguruan tinggi swasta (PTS) terbaik.

Ingat, daya tampung PTN itu nggak banyak. Memang, jalur untuk masuk PTN ada beragam seperti SNMPTN, SMBPTN, jalur mandiri, atau bahkan jalur vokasi. Tapi, tetap saja nggak semua calon mahasiswa bisa lolos. Jika kamu adalah salah satunya, nggak perlu bingung. Simak baik-baik ya tips memilih PTS berkualitas untuk tempat kuliah kamu nanti. Apa saja, sih?

Cek Peringkat dan Akreditasi PTS

Ada banyak situs yang bisa kamu jadikan acuan untuk mengecek peringkat kampus contohnya, Kemenristektikti, Webometrics, serta 4ICU. Kamu bisa mengecek di mana kampus-kampus PTS yang peringkatnya cenderung tinggi. Hal ini bisa jadi gambaran kualitas kampus tempat kamu belajar, lo.

Selain peringkat, cek juga akreditasinya. PTS dengan akreditasi yang baik menandakan sistem pendidikan yang ada di dalamnya juga baik. Biasanya sih, kamu bisa mengeceknya di situs BAN-PT.

Akreditasi A alias sangat baik tentu bakal jadi pilihan utama. Akreditasi B menandakan kampus berada dalam kondisi baik, dan akreditasi C menandakan kalau kondisinya kurang. Ingat, ada juga kampus yang belum terakreditasi, lo.

Perhatikan Juga Akreditasi Jurusan dan Program Studi (Prodi)

Nggak hanya akreditasi kampus, cek juga ya akreditasi jurusan dan program studi yang pengin kamu pelajari. Soalnya, ada PTS yang akreditasi keseluruhannya baik, tapi ternyata akreditasi jurusan dan program studinya kurang. Jadi, kamu harus mengeceknya dengan cermat di situs BAN-PT, ya?

Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia banyak yang berkualitas. (muhammadiyah.or.id)
Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia banyak yang berkualitas. (muhammadiyah.or.id)

Pertimbangkan Biaya Kuliah dan Lokasi Kampus

Biaya kuliah di PTS memang cenderung mahal dibandingkan dengan PTN. Tapi, terkadang, hal ini setara dengan fasilitas yang didapatkan. Jadi, kamu harus benar-benar mengeceknya dengan saksama. Jika perlu, survei langsung ke lokasi kampusnya ya agar bisa jadi perbandingan.

Oh ya, kalau ada opsi mendapatkan beasiswa yang bisa membantumu membayar biaya kuliah, bisa juga kok kamu jadikan pertimbangan. Jadi, meski kuliah di PTS, biayanya jadi nggak terlalu mahal, deh.

Omong-omong soal biaya, lokasi kampus juga berpengaruh, lo. Kalau jauh dari tempat tinggal kamu, bisa jadi kamu perlu memperhitungkan biaya kos, biaya makan, dan lain-lain. Bahkan, kalau sangat jauh, kamu harus sampai memikirkan biaya kalau pas pulang kampung atau mudik, ya?

Minta Pendapat Alumni atau Tingkat Keberhasilannya

Di Indonesia, banyak lo PTS yang cukup terkenal karena dianggap mampu menghasilkan alumni berkualitas dan berprestasi. Kalau TPS yang kamu tuju seperti itu, boleh kamu jadikan pilihan. Soalnya, nantinya di dunia kerja, kamu juga bakal ikut “kecipratan” nama baik kampus ini, Millens.

Meski begitu, terkadang kamu juga bisa minta pendapat pada mahasiswa yang sedang kuliah di PTS tersebut. Jadi, kamu bisa punya bayangan seperti apa kondisi perkuliahan di sana dan seperti apa peluang kerja setelah lulus nantinya.

Jadi, buat kamu calon mahasiswa, sudah tahu kan seperti apa cara memilih PTS terbaik untuk kuliah? (Kum/IB09/E05)