Sekolah Tertua di Dunia, di Mana?

Sekolah Tertua di Dunia, di Mana?
Shishi High School, sekolah tertua di dunia. (Commons.wikimedia/AlexHe34)

Tebak, di mana ya kira-kira sekolah tertua di dunia? Apakah di Eropa, atau malah di benua Asia? Hm, satu hal yang pasti, sekolah ini sudah ada sebelum Masehi, lo.

Inibaru.id – Kalau bicara soal sekolah, sebenarnya sudah ada sejak manusia mengenal peradaban, ya Millens. Sekolah-sekolah ini bisa berupa sekolah informal. Hanya, kamu tahu nggak kira-kira di mana sih sekolah tertua di dunia?

Sebelumnya kamu pasti pernah mendengar soal kisah Ken Arok yang berada di lini masa yang sama dengan saat Universitas Cambridge berdiri. Realitanya, kok bisa-bisanya ya di masa itu Nusantara masih di masa kerajaan, di belahan dunia lain sudah ada orang yang kuliah dan wisuda. Lantas, apakah sekolah tertua di dunia berasal dari Inggris?

Sayangnya, bukan di negara itu sekolah pertama di dunia. Kalau menurut situs Oldest, sekolah pertama yang tercatat dalam sejarah justru ada di Tiongkok, tepatnya di kota Chengdu. Sekolah tersebut adalah Shishi High School, Millens.

Hingga sekarang, Shishi High School masih dianggap sebagai salah satu sekolah negeri dengan kualitas terbaik di Tiongkok. Konon, sih, ya, sekolah ini sudah berdiri sejak 143-144 SM, sebelum Masehi, lo! Saat itu, Tiongkok masih di masa pemerintahan Dinasti Han.

Sekolah ini sempat mengalami kebakaran dan kemudian Kembali dibangun pada 194 SM. Hingga saat ini, bangunan sekolah ini tetap berada di lokasi yang sama. Statusnya diubah jadi sekolah modern sejak 1902. Nah, dua tahun kemudian, Shishi High School pun dijadikan sekolah negeri oleh pemerintah Tiongkok.

The King’s School Canterbury, sekolah tertua di Eropa. (Wikimedia/Sdnegel)
The King’s School Canterbury, sekolah tertua di Eropa. (Wikimedia/Sdnegel)

Banyak Sekolah-sekolah Tua di Eropa

Usai membahas sekolah tertua di dunia yang ternyata ada di Tiongkok, sekolah-sekolah dengan usia ratusan tahun berikutnya kebanyakan berasal dari Benua Eropa. Nah, salah satunya adalah The King’s School Canterbury, Millens.

Sekolah ini berdiri pada tahun 597. Kalau yang ini setelah Masehi, ya. Sekolah yang ada di Inggris ini dibuka sebagai bagian dari pembukaan Katedral Canterbury yang juga dibuka di masa tersebut.

Semenjak memasuki abad ke-16, sekolah ini dikenal sebagai salah satu sekolah terbaik di Inggris. Menariknya, baru pada 1970-an, kaum perempuan boleh bersekolah di sna. Sejak 1990, sekolah ini pun diperbolehkan untuk dijadikan tempat belajar siapa saja yang berusia 3 sampai 18 tahun, Millens.

Sekolah-sekolah tua berikutnya juga berasal dari Inggris, yakni King’s Rochester yang berdiri sejak 604 M dan St Peter School yang ada di Kota York. Kalau yang ini sih berdiri sejak 627 M.

King’s Rochester School dibangun bersamaan dengan pembangunan Rochester Cathedral. Hingga sekarang, lokasinya masih sama dengan saat kali pertama didirikan. Sekolah ini kini dianggap sebagai dengan kegiatan musik koor tertua di dunia.

Sementara itu. St Peter School didirikan berbarengan dengan Katedral Metropolis St Peter. Awalnya, sekolah ini hanya diperbolehkan untuk kaum Adam saja. Baru pada 1970-an, kaum perempuan bisa sekolah di sini.

Tertarik menempuh pendidikan di sekolah tertua di dunia, Millens? (Det/IB09/E05)