Inovasi Siswa SMK di Banjarnegara, Ubah Skuter Matic Jadi Motor Listrik

Inovasi Siswa SMK di Banjarnegara, Ubah Skuter Matic Jadi Motor Listrik
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjajal motor listrik karya siswa-siswi SMKN 2 Bawang Banjarnegara. (Humas Pemprov Jateng)

SMK N 2 Bawang Banjarnegara berhasil mengkonversikan skuter matic bertenaga BBM menjadi sepeda motor bertenaga listrik. Karya mereka diapresiasi oleh Gubernur Ganjar Pranowo.

Inibaru.id - SMK Negeri 2 Bawang Banjarnegara berhasil mengkonversi sebuah motor berbahan bakar minyak menjadi bahan bakar listrik. Proyek ini merupakan hasil kolaborasi siswa tiga jurusan: Teknik Bisnis Sepeda Motor, Teknik Instalasi Tenaga Listrik, dan Teknik Elektronika Industri.

Digarap sekitar dua bulan, kendaraan yang diubah merupakan skuter matik yang sebelumnya digunakan untuk praktik. Zidan, salah seorang pelajar yang ikut dalam proyek ini mengungkapkan, saat ini baru ada satu unit yang diproduksi; itu pun masih tahap pecobaan dan akan dikembangkan lagi.

“Motor ini mempunyai waktu charging 3-4 jam untuk jarak tempuh 20-30 kilometer," ungkap Zidan menceritakan tentang spesifikasi motor listrik tersebut. "Berat maksimal 300 kilogram, kecepatan bisa mencapai 50-60 kmph."

Tantangan demi tantangan dilalui para siswa sampai akhirnya motor listrik berhasil dibuat. Salah satu hal yang paling menantang adalah membuat instalasi. Hal ini sebagaimana diungkapkan Delta Ayodya Pradipta, pelajar lain yang juga turut serta dalam pembuatan motor listrik.

“Proses paling lama dalam pengerjaan sepeda motor listrik ini adalah pembuatan instalasi dan penggeraknya," terang siswi jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik tersebut. "Kabel ruwet dan banyak, jadi kami rapikan serta membuat instalasi baru secara manual .”

Apresiasi Gubernur Jateng

Motor listrik buatan SMKN 2 Bawang Banjarnegara akan dikembangkan lebih lanjut. (Okezone/Elvis Novit)
Motor listrik buatan SMKN 2 Bawang Banjarnegara akan dikembangkan lebih lanjut. (Okezone/Elvis Novit)

Prestasi SMK N 2 Bawang Banjarnegara ini mendapat apresiasi dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Setelah menjadi pembicara dalam acara Gubernur Mengajar pada Senin (25/7), Ganjar menyempatkan untuk menjajal motor listrik tersebut.

Menurut Ganjar, inovasi mengonversi sepeda motor berbahan bakar minyak atau bensin ke listrik merupakan ide bagus. Setidaknya sudah ada praktik yang dilakukan oleh sekolahan, meski hasilnya belum bisa dikatakan sempurna.

“Ide bagus kalau anak-anak ini mesinnya bisa dibuat. Sebenarnya bisa ditawarkan, nggak usah beli motor listrik baru. Motor lama saja dikonversi. Baterainya kalau bisa diperbaiki, ditingkatkan dari kapasitas sekarang yang masih untuk jarak 30 kilometer,” katanya.

Wah, semoga dukungan dari Gubernur Jawa Tengah bisa menjadi motivasi para siswa untuk bisa berkarya lebih baik ya, Millens! (Siti Khatijah/E03)