inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Di Balik Kelancaran Operasional KA Libur Nataru, Ada Puluhan Anggota KRDE yang Rela Nggak Liburan
Jumat, 3 Jan 2025 17:35
Bagikan:
Para anggota KRDE membantu pelanggan agar perjalanan lancar. (Ist via iNews)

Para anggota KRDE membantu pelanggan agar perjalanan lancar. (Ist via iNews)

Para anggota komunitas merelakan waktu libur mereka untuk melancarkan operasional kereta di berbagai stasiun Daop 4 Semarang.

Inibaru.id - Sebanyak 67 anggota Komunitas RailFans Daop Empat (KRDE), berusia antara 16 hingga 25 tahun, terlibat aktif membantu layanan penumpang di berbagai stasiun Daop 4 Semarang, seperti Stasiun Tegal, Pemalang, Pekalongan, Semarang Poncol, Semarang Tawang Bank Jateng, hingga Stasiun Cepu.

Kegiatan berlangsung dari 23 Desember 2024 hingga 3 Januari 2025 dan mencerminkan dedikasi mereka dalam menciptakan pengalaman perjalanan yang aman dan nyaman bagi pelanggan.

Karena itu, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 4 Semarang memberikan apresiasi tinggi kepada KRDE atas peran serta mereka sebagai relawan selama posko angkutan libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (Nataru).

Dengan semangat tinggi, anggota KRDE mengorbankan waktu liburan mereka demi melayani penumpang kereta api dan mendukung kelancaran operasional di masa sibuk ini.

Peran dan Kontribusi Relawan

KRDE menjadi garda terdepan dalam memberikan pelayanan terbaik. (Taufik Budi/iNews)
KRDE menjadi garda terdepan dalam memberikan pelayanan terbaik. (Taufik Budi/iNews)

Anggota KRDE nggak hanya menunjukkan antusiasme terhadap dunia perkeretaapian, lo. Tapi juga menjadi garda terdepan dalam memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Berikut beberapa peran yang mereka jalankan:

- Membantu pelanggan mencetak tiket dan boarding pass di mesin CIC (Check-In Counter).

- Memberikan informasi tentang fasilitas stasiun seperti toilet, mushola, ruang tunggu, dan area merokok.

- Mensosialisasikan penggunaan e-boarding pass untuk mengurangi cetak tiket.

- Mendampingi pelanggan berkebutuhan khusus, seperti difabel dan lansia.

- Mengarahkan pelanggan ke peron atau kereta yang akan dinaiki.

- Menginformasikan jadwal keberangkatan dan kedatangan kereta.

- Membantu pengaturan naik-turun penumpang serta proses registrasi Face Recognition (FR).

- Membantu pelanggan dalam proses pembatalan tiket dan penggantian kertas di mesin CIC.

- Mengganti papan informasi di luar dan dalam kereta.

- Menyiapkan bancik dan memutar tempat duduk penumpang pada KA.

Sehubungan dengan itu, Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo menyampaikan apresiasi atas kolaborasi tersebut.

“Kami sangat mengapresiasi semangat dan kolaborasi dari KRDE yang telah membantu kelancaran operasional selama angkutan liburan Nataru. Kehadiran mereka memberikan nilai tambah dalam pelayanan kepada pelanggan,” ujar Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo.

Kolaborasi yang Berkelanjutan

Kerja sama antara KAI Daop 4 Semarang dan KRDE tidak berhenti pada masa angkutan Nataru. Kolaborasi ini akan terus berlanjut, terutama saat masa angkutan Lebaran dan berbagai program edukasi keselamatan perkeretaapian.

Melalui sinergi yang erat, KAI dan KRDE aktif dalam memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang:

- Keselamatan di sekitar jalur kereta api.

- Bahaya melanggar aturan di perlintasan sebidang.

- Tertib dan aman dalam menggunakan fasilitas stasiun.

“KAI dan KRDE memiliki visi bersama untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan keselamatan perjalanan kereta api. Edukasi ini menjadi prioritas kami demi menciptakan ekosistem transportasi yang aman dan nyaman bagi semua,” tambah Franoto.

Tentang Komunitas KRDE

Komunitas RailFans Daop 4 Semarang (KRDE) adalah perkumpulan pecinta kereta api yang bertujuan meningkatkan apresiasi terhadap moda transportasi publik, mempromosikan wisata kereta api, serta mendukung perkembangan dunia perkeretaapian di Indonesia. KRDE juga aktif dalam kegiatan edukasi keselamatan perjalanan dan kerja sama dengan KAI untuk memberikan dampak positif bagi masyarakat.

“Dengan sinergi yang berkelanjutan antara KAI Daop 4 Semarang dan KRDE, diharapkan pelayanan transportasi kereta api semakin optimal, serta kesadaran masyarakat akan pentingnya keselamatan dan disiplin dalam menggunakan transportasi publik terus meningkat. Kontribusi para anggota KRDE juga sebagai wujud nyata dari kecintaan terhadap dunia perkeretaapian yang menginspirasi banyak orang,” tutup Franoto.

Gimana, kamu merasa terbantu nggak dengan keberadaan KRDE selama menggunakan kereta api, Millens? (Siti Zumrokhatun/E10)

Tags:

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

Copyright © 2025 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved