BBM Naik, Saatnya Berpikir untuk Bersepeda ke Tempat Kerja

BBM Naik, Saatnya Berpikir untuk Bersepeda ke Tempat Kerja
Bersepeda ke kantor sebagai imbas kenaikan BBM, mungkin nggak sih? (Mainsepeda/Gettyimages)

Saat BBM naik, jalan satu-satunya agar nggak kena imbas secara langsung adalah dengan bersepeda ke tempat kerja. Mau coba?

Inibaru.id - Kenaikan harga BBM sekitar 30 persen banyak membuat masyarakat mengeluh. Sekarang, mereka harus mengalokasikan uang lebih banyak untuk bisa membeli BBM jenis Pertalite dan Pertamax sebagai sumber tenaga motor atau mobil.

Lalu, apakah kenaikan ini juga mempengaruhi kestabilan kocekmu, Millens? Jika iya, berarti saatnya kamu memikirkan solusi untuk mengatasinya. Salah satu cara membuat keuanganmu nggak gonjang-ganjing karena naiknya harga BBM adalah dengan beraktivitas menggunakan sepeda.

Eits, jangan buru-buru geleng kepala, ya! Kita tahu, selain memberikan efek sehat pada badan, sepeda adalah moda transportasi tanpa BBM. Bersepeda ke kantor atau kampus kini juga sudah menjadi gaya hidup baru masyarakat urban.

Khawatir penampilanmu yang sudah rapi bakal berantakan lantaran gowes? Tenang saja, asal kamu memperhatikan hal-hal berikut ini, bike to work atau bike to campus bakal jadi sesuatu yang nagih dan menyenangkan.

4 Tips Bersepeda ke Tempat Kerja

Bersepeda ke tempat kerja bisa menjadi cara yang menyenangkan di tengah kenaikan BBM. (Twitter/certum_immo)
Bersepeda ke tempat kerja bisa menjadi cara yang menyenangkan di tengah kenaikan BBM. (Twitter/certum_immo)

1. Hitung Jarak Tempat Tinggal dan Tempat Kerja

Penting buat kamu mengetahui jarak antara rumah dan tempat kerja. Dengan tahu jaraknya kamu bisa mengukur kemampuan fisik. Jika terbiasa menggunakan motor untuk bepergian nggak ada salahnya kamu bersepeda jarak pendek terlebih dahulu.

Selain jarak, mengetahui rute juga penting. Nggak semua jalan aman dilewati sepeda, misalnya jalan raya tanpa jalur sepeda dan yang memiliki arus lalu lintas yang cepat. Oleh karena itu, persiapkan rute terbaik bersepeda dari rumah ke tempat kerja.

2. Sepeda dalam Kondisi Baik

Sebelum berangkat ke kantor atau sehari sebelumnya cek keadaan sepedamu, Millens! Beberapa hal yang mesti kamu pastikan baik-baik saja antara lain tekanan ban, sistem pengereman, kondisi rantai, dan kelengkapan baut sepeda.

3. Gunakan Baju dan Helm yang Terang

Untuk menjaga keselamatan, kamu wajib menggunakan helm sepeda. Selain itu, sebaiknya gunakan baju warna terang agar kamu terlihat oleh pengendara lain di jalanan. Ini penting buat kamu yang bersepeda di pagi buta dan kembali menjelang malam.

Jika khawatir baju untuk kerja basah karena keringat atau kotor terkena debu dan asap, kamu bisa menaruhnya di dalam tas. Pastikan di kantormu ada kamar mandi untuk mandi dan berganti pakaian. Jika nggak ada kamar mandi di kantor, kamu bisa mencari di tempat lain seperti masjid atau SPBU.

4. Patuhi Rambu Lalu Lintas

Meski sudah ada jalur sepeda, kamu tetap harus hati-hati. Sepeti yang kita tahu, kebanyakan jalur sepeda masih baru dan terkadang jalurnya digunakan oleh pengemudi kendaraan bermotor roda dua.

Selain itu, kamu nggak boleh mengebut dan mengerem mendadak karena bakal membuat pengendara lain celaka.  Ingatlah, untuk keselamatan, bukan kecepatan yang utama, melainkan kenikmatan bersepada.

Bersepeda ke tempat kerja bukanlah hal yang nggak mungkin dilakukan jika kamu sudah terbiasa. Eh, eh, siapa tahu gebetan di kantor juga mau diajak gowes bareng pas berangkat! Ha-ha. (Siti Khatijah/E07)