inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Membiasakan Diri dengan Mobil Listrik di Lingkungan Pemprov Jateng
Jumat, 26 Agu 2022 14:30
Penulis:
Siti Khatijah
Siti Khatijah
Bagikan:
Gubernur Ganjar Pranowo meluncurkan mobil listrik Dinas ESDM Jateng di Kabupaten Karanganyar, Kamis (25/8/2022). (Diskominfo Jateng)

Gubernur Ganjar Pranowo meluncurkan mobil listrik Dinas ESDM Jateng di Kabupaten Karanganyar, Kamis (25/8/2022). (Diskominfo Jateng)

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mulai membiasakan diri dengan menggunakan mobil listrik di lingkungan Pemprov Jateng untuk transformasi energi dari BBM ke bahan bakar ramah lingkungan.

Inibaru.id - Dampak perubahan iklim mulai terasa di pelbagai tempat di Bumi. Secara bertahap, pemerintah di seluruh dunia berusaha melakukan transisi dari energi fosil menuju energi yang lebih ramah lingkungan, nggak terkecuali Indonesia. Salah satunya dengan penggunaan mobil listrik.

Nggak hanya kebijakan di pusat, pemerintah daerah pun setali tiga uang, salah satunya Jawa Tengah. Kamis (25/8/2022) lalu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menegaskan bahwa dirinya akan mulai menggunakan mobil listrik di lingkungan pemprov.

Upaya ini ditandai dengan peluncuran mobil listrik Dinas ESDM Jateng di Desa Krendowahono, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar. Ganjar mengatakan, penggunaan mobil listrik ini adalah langkah awal untuk memulai transformasi energi di Jateng.

"Ini adalah semangat bertransformasi," ujar Ganjar seusai menyerahkan bantuan instalasi Biogenic Shallow Gas di Desa Krendowahono. "Kita mulai, meski timik-timik, masih pelan-pelan, yang penting segera kita mulai.”

Menurut Ganjar, penggunaan mobil listrik tersebut merupakan upaya untuk mendorong transformasi energi sekaligus bentuk keseriusan Pemprov Jateng mendukung kebijakan pemerintah pusat.

“Biar saat bendera start dikibarkan, sumber daya teknologi sudah ada, tinggal diaplikasikan. Itulah spirit kami,” ucapnya.

Pusat Mulai Siapkan Ekosistem

Presiden Joko Widodo sudah mempersiapkan ekosistem mobil listrik untuk menggantikan mobil berbahan bakar fosil. (Diskominfo Jateng)
Presiden Joko Widodo sudah mempersiapkan ekosistem mobil listrik untuk menggantikan mobil berbahan bakar fosil. (Diskominfo Jateng)

Ganjar mengatakan, saat ini pemerintah pusat telah mulai mempersiapkan ekosistem mobil listrik untuk Tanah Air. Pemerintah, lanjutnya, sudah menginiasi beberapa hal untuk membangun ekosistem tersebut.

"Inti dari mobil listrik adalah baterai. Kita punya nikel. Sudah siap pabriknya. Kalau ekosistemnya terbangun, sistem transportasi hijau bisa berjalan,” harapnya.

Dia menambahkan, penerapan mobil listrik di lingkungan Pemprov Jateng nantinya akan dilakukan di tiap dinas. Untuk tahun ini, lanjutnya, Dinas ESDM dulu yang memulai.

“Nanti tinggal cari partnernya, siapa pabriknya. Kalau pemerintah yang melakukan, saya pikir proses transformasi akan lebih cepat lagi,” terang Ganjar.

Ya, perubahan memang nggak bisa dilakukan secara mendadak dan terburu-buru. Maka, sudah benar jika Ganjar mulai membiasakan diri dengan mobil listrik di lingkungan pemprov. Kita juga harus siap-siap beralih dari bahan bakar fosil ke energi terbarukan ya, Millens! (IB20/E03)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved