inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Bahayanya Rokok dan Kopi Jika Dikonsumsi Bersamaan
Sabtu, 28 Jan 2023 11:00
Penulis:
Siti Khatijah
Siti Khatijah
Bagikan:
Rokok dan kopi adalah dua hal yang nggak baik dikonsumsi secara bersamaan. (Youtube/BDB Channel Indonesia)

Rokok dan kopi adalah dua hal yang nggak baik dikonsumsi secara bersamaan. (Youtube/BDB Channel Indonesia)

Memiliki efek yang sama, rokok dan kopi seharusnya nggak kamu konsumsi dalam satu waktu. Jika kebiasaan itu terus kamu lakukan, maka kesehatan jantung yang jadi taruhannya.

Inibaru.id - Berkumpul bersama teman, menghabiskan waktu hingga larut malam, ngobrol ngalor-ngidul, bagi sebagian orang nggak afdol jika nggak ditemani kopi dan rokok. Padahal, tahukah kamu jika kombinasi kopi dan rokok itu berbahaya bagi tubuh?

Menurut penelitian Charalambos Vlachopoulos MD dan beberapa peneliti lain dari Cardiology Department of Athens Medical School, Yunani, kafein dan rokok yang dikonsumsi bersamaan dapat berinteraksi dan menghasilkan efek negatif pada jantung.

Hasil studi lain yang diterbitkan dalam Journal of American College of Cardiology menunjukkan, peningkatan risiko kekakuan pada arteri lebih mungkin terjadi pada partisipan yang minum kopi dan merokok secara bersamaan.

Perpaduan antara kopi dan rokok dapat mempercepat kerusakan jantung karena kandungan nikotin pada rokok dan kafein pada kopi dapat membuat jantung bekerja lebih cepat. Satu lagi, keduanya juga dapat menyebabkan hipertensi.

Bagaimana keduanya merusak tubuh?

Ilustrasi: Jantung akan bekerja lebih keras jika kamu mengonsumsi kopi dan rokok secara bersamaan. (Pixabay/Pexels)
Ilustrasi: Jantung akan bekerja lebih keras jika kamu mengonsumsi kopi dan rokok secara bersamaan. (Pixabay/Pexels)

Kopi dan rokok memiliki efek yang sama. Kafein pada kopi dan nikotin pada rokok bekerja saling menguatkan. Ketika jantung bekerja terlalu cepat akibat efek kedua senyawa tersebut, beban yang dipikulnya akan bertambah sehingga lama kelamaan akan cepat rusak.

Merokok menginduksi enzim sitokrom P450 1A2 (CYP1A2) yang merupakan enzim utama yang terlibat dalam metabolisme kafein. Sementara itu, merokok secara eksperimental menurunkan kadar kafein plasma.

Oleh karena itu, percepatan eliminasi kafein dengan merokok tembakau dapat menyebabkan peningkatan toleransi kafein dan konsumsi kopi. Mungkin juga ada asosiasi perilaku, karena rokok dan kopi sering dikonsumsi bersamaan.

Nah, setelah tahu bahaya rokok dan kopi jika dikonsumsi bersamaan, apa kamu masih mau melakukannya? Sebaiknya segera hentikan ya, Millens! (Siti Khatijah/E05)

Artikel ini telah terbit di Medcom dengan judul Fatal Akibatnya! Kombinasi Merokok dan Ngopi Bisa Merusak Tubuhmu Lebih Cepat.

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved