BerandaHits
Rabu, 28 Des 2022 20:38

Aplikasi Attendance: Pengertian, Tujuan, dan Tips Memilihnya yang Sesuai dengan Kebutuhan

Aplikasi Attendance: Pengertian, Tujuan, dan Tips Memilihnya yang Sesuai dengan Kebutuhan

Aplikasi attendance kini sudah banyak dipilih oleh perusahaan perusahaan yang ada di Indonesia. (Unsplash/Luis Villasmil)

Perusahaan-perusahaan di Indonesia sudah banyak yang meninggalkan sistem absensi karyawan yang dilakukan secara manual, salah satunya penerapan teknologi aplikasi attendance karyawan.

Inibaru.id - Aplikasi attendance kini sudah banyak dipilih oleh perusahaan perusahaan yang ada di Indonesia. Saat ini, Indonesia sudah memasuki era teknologi yang semakin canggih yaitu 4.0.

Pada era ini, Indonesia kini sudah mengadopsi berbagai teknologi yang begitu canggih dengan semaksimal mungkin dalam pemanfaatannya di mana penggunaan bantuan teknologi untuk melakukan sesuai dinilai bisa lebih mempersingkat waktu sekaligus akan meningkatkan efektivitas serta efisiensi dari perusahaan.

Salah satu penerapan teknologi untuk saat ini adalah penggunaan dari aplikasi attendance karyawan, kini perusahaan perusahaan di Indonesia sudah banyak yang meninggalkan sistem absensi karyawan yang dilakukan secara manual.

Seperti yang kamu ketahui sendiri bahwa gaji menjadi salah satu aspek yang sangat penting bagi perusahaan karena gaji bisa memberi pengaruh terhadap gaji bersih yang dimiliki oleh perusahaan.

Oleh karena itu, untuk meminimalisir kesalahan yang bisa saja terjadi karena menggunakan sistem absensi manual, sebaiknya perusahaan segera menerapkan penggunaan aplikasi attendance sehingga staff HR perusahaan bisa mendata daftar hadir setiap karyawan secara tepat.

Mengenal Aplikasi Attendance yang Banyak Digunakan

Saat ini mengikuti perkembangan teknologi yang sudah berkembang dengan sangat pesat, kini melakukan pekerjaan secara manual sudah tidak dilakukan lagi dan dianggap oleh kebanyakan orang merupakan suatu kegiatan yang tidak efisien dan akan memakan banyak waktu. Hal ini pun bisa dilihat dari bagaimana perusahaan perusahaan di Indonesia mulai menerapkan untuk menggunakan aplikasi absensi digital.

Jika dibandingkan dengan absensi karyawan yang dilakukan secara manual, tentu saja penggunaan absensi digital ini lebih banyak memiliki keuntungan salah satunya adalah membuat kinerja perusahaan bisa berjalan lebih cepat dan praktis.

Tidak hanya perusahaan di Indonesia, perusahaan dari luar negeri pun banyak yang menggunakan aplikasi absensi digital untuk mempermudah pekerjaan rekap daftar hadir karyawan perusahaan yang dilakukan oleh tenaga kerja HR/ SDM perusahaan.

Dengan penggunaan rekap daftar absensi digital ini akan membuat karyawan perusahaan tidak perlu repot lagi menulis tanda tangan hanya untuk absen. Sebagai contoh, ketika suatu perusahaan menggunakan sistem sidik jari untuk melakukan absen maka karyawan tersebut sudah tidak perlu lagi melakukan absen dengan tanda tangan dan akan dipermudah dengan menempelkan sidik jari pada sistem absensi digital tersebut.

Selanjutnya, mesin sidik jari tersebut akan langsung memproses data karyawan secara otomatis. Bisa dikatakan jika sistem absensi digital ini merupakan hal yang sangat efisien dan karyawan bisa lebih menghemat waktu mereka dibandingkan ketika karyawan menggunakan sistem absensi manual.

Bahkan, perusahaan tidak hanya diuntungkan karena sistemnya yang lebih efisien, tetapi tingkat kecurangan daftar absen pun bisa dihindari dan sangat tidak mungkin kecurangan tersebut bisa terjadi, persentasenya sangat kecil. Hal ini karena sidik jari pada setiap orang berbeda sehingga tidak ada yang bisa menipu sistem absensi karyawan digital ini.

Tujuan Perusahaan Menggunakan Aplikasi Attendance

Tentunya, bukan tanpa alasan jika suatu perusahaan memiliki untuk menggunakan sistem absensi digital jika dibandingkan dengan sistem manual. Hal ini karena aplikasi attendance dinilai lebih banyak memiliki keunggulan dan dapat meningkatkan efisiensi serta produktivitas kerja setiap karyawan mereka.

Lalu, apa saja tujuan lain bagi suatu perusahaan menggunakan absensi digital ini? Berikut adalah tujuan penggunaan aplikasi attendance oleh perusahaan yang harus kamu ketahui, yaitu:

1. Memonitor Jam Hadir hingga Pulang

Absensi digital bisa membantu seorang tenaga kerja HR/SDM perusahaan dalam memonitor bagaimana jam hadir hingga jam pulang seorang karyawan pada suatu perusahaan. Ketika suatu perusahaan memiliki begitu banyak karyawan, tentu hal seperti ini akan sangat merepotkan dan bisa jadi proses kerjanya menjadi tidak akurat.

Tetapi, jika perusahaan kamu menggunakan aplikasi attendance maka hal tersebut akan sangat membantu staff HR/SDM perusahaan. Hal ini akan membuat pencatatan setiap data jam karyawan perusahaan akan direkap secara otomatis oleh sistem, nantinya kamu hanya tinggal melihat sendiri data yang sudah direkap oleh aplikasi attendance milik perusahaan.

2. Mendapatkan Akurasi Data

Setiap data yang dicatat oleh aplikasi attendance ini merupakan data yang baik, detail, serta akurat. Tidak ada satupun yang bisa mengecoh aplikasi attendance ini sehingga data dari daftar hadir yang akan diterima oleh perusahaan bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya

3. Memantau Kehadiran Karyawan

Tidak hanya itu, dengan aplikasi attendance ini akan membuat perusahaan juga bisa memantau apakah ada karyawan mereka yang selalu hadir terlambat atau pulang lebih awal dimana hal tersebut tentu sangat bertentangan dengan ketentuan dari perusahaan.

4. Mempermudah Kinerja SDM/HR

Penggunaan aplikasi attendance sangat mempermudah proses kinerja staf SDM/HR perusahaan terlebih ketika masuk masa penggajian di akhir bulan karena secara otomatis aplikasi attendance akan menghitung setiap absen karyawan perusahaan. Absen sendiri merupakan hal yang vital karena aspek satu ini bisa mempengaruhi gaji pokok seorang karyawan.

Langkah yang Baik untuk Memilih Aplikasi Attendance

Tentunya, ketika perusahaan kamu ingin memilih dan menggunakan aplikasi attendance karyawan, maka hal tersebut tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Ada hal penting yang menjadi pertimbangan bagi perusahaan sebelum perusahaan membeli aplikasi attendance. Jika kamu bingung, kamu bisa membaca hal hal yang perlu kamu perhatikan sebelum membeli absensi digital yang akan kami jelaskan berikut ini, yaitu:

1. Pilih Aplikasi Attendance yang Sesuai Dengan Kebutuhan Perusahaan

Langkah pertama untuk mengetahui apakah aplikasi attendance tersebut merupakan aplikasi yang baik untuk digunakan oleh perusahaan adalah kamu harus mengetahui dan memahami secara detail bagaimana rincian kebutuhan dari perusahaan milik kamu.

Tentunya, setiap perusahaan pada dasarnya memiliki kebutuhan yang berbeda sehingga antara satu perusahaan dengan perusahaan yang lain tidak bisa disamakan. Hal ini lah yang membuat kebutuhan dari aplikasi attendance yang diperlukan oleh setiap perusahaan menjadi berbeda antara satu dan yang lain. Maka dari itu, penting bagi pemilik perusahaan untuk mengetahui secara pasti kira kira apa yang sedang dibutuhkan oleh perusahaan kamu.

Akan tetapi, mengetahui apa yang dibutuhkan oleh perusahaan ini untuk sebagian orang merupakan hal cukup membingungkan. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena kami akan membantu kamu untuk memilih aplikasi attendance yang terbaik dan membantu untuk mengetahui apa yang dibutuhkan oleh perusahaan kamu, antara lain:

Tujuan Penggunaan Aplikasi

Hal pertama yang menjadi aspek penting sebelum kamu memutuskan untuk menggunakan aplikasi absensi digital bagi setiap karyawan pada perusahaan adalah apakah tujuan kamu untuk membeli mesin absensi tersebut. Dalam hal ini kamu harus mengetahui, apakah mesin absensi digital tersebut hanya akan digunakan oleh perusahaan sebagai alat untuk mencatat daftar hadir dari setiap karyawan.

Mesin absensi tersebut akan kamu gunakan sebagai alat menghitung daftar hadir dari setiap karyawan perusahaan kamu secara lebih detail. Hal hal seperti ini bisa membantu kamu untuk mengambil keputusan terbaik dalam memilih dan menggunakan aplikasi absensi digital terbaik.

Jumlah Karyawan yang Dimiliki

Hal kedua yang bisa menjadi pertimbangan kamu untuk memilih dan menggunakan aplikasi absensi digital adalah dengan melihat berapa jumlah karyawan pada perusahaan yang kamu miliki. Seperti yang kamu ketahui bahwa saat ini ada begitu banyak aplikasi absensi digital yang bisa kamu temukan dengan mudah.

Biasanya, setiap aplikasi absensi tersebut memiliki kapasitas yang berbeda beda. Oleh karena itu, sebaiknya kamu perlu untuk mengetahui kira kira berapakah jumlah dari karyawan yang ada di perusahaan kamu sehingga kamu bisa menggunakan aplikasi absensi yang sesuai dengan jumlah dari karyawan yang kamu miliki.

2. Perhatikan Bagaimana Fitur dari Aplikasi Attendance yang Perusahaan Pilih

Aspek yang tidak kalah penting dan perlu untuk kamu perhatikan ketika Akan memilih dan menggunakan aplikasi attendance ini adalah aplikasi absensi tersebut harus memiliki sebuah fitur bernama fitur cloud based HRIS. Dengan adanya fitur tersebut di dalam aplikasi absensi digital milik kamu akan membuat aplikasi tersebut memiliki mobilitas yang tinggi dimana aplikasi absensi digital tersebut bisa tetap melakukan pantauan laporan dari data daftar hadir setiap karyawan perusahaan.

Kamu bisa membaca rekap data absensi karyawan tersebut kapan saja dan di mana saja. Tidak hanya fitur cloud based HRIS saja yang harus tersedia di dalam aplikasi absensi digital ini, sebaiknya aplikasi absensi karyawan juga memiliki integrasi aplikasi attendance dimana fitur satu ini sangat perlu untuk menjadi pertimbangan perusahaan kamu.

Dengan adanya fitur payroll yang terkoneksi pada sistem aplikasi absensi milik kamu ini akan memudahkan proses dari perhitungan gaji setiap karyawan perusahaan yang akan dilakukan secara otomatis. Hal ini disesuaikan dengan data daftar hadir yang sudah direkap di aplikasi absensi digital sehingga kamu tidak perlu lagi repot-repot mencatat data daftar hadir secara manual. Tentunya, hal tersebut akan sangat merepotkan apalagi jika perusahaan memiliki jumlah karyawan hingga ratusan atau bahkan ribuan.

3. Sesuaikan Aplikasi Attendance dengan Anggaran yang Dimiliki Oleh Perusahaan

Setelah kamu mengetahui kira kira apa saja yang saja rincian yang dibutuhkan oleh perusahaan serta fitur yang sesuai untuk menunjang kebutuhan tersebut, maka hal selanjutnya yang harus menjadi perhatian adalah melihat berapa harga dari aplikasi tersebut.

Tentu, dengan melihat fitur serta kebutuhan kebutuhan perusahaan kamu juga harus melakukan pertimbangan yang matang mengenai harga dari aplikasi absensi digital yang akan digunakan nantinya.

Sebaiknya kamu memilih aplikasi absensi digital yang paling sesuai dengan anggaran yang sudah disiapkan oleh perusahaan kamu dan jangan memaksakan jika memang perusahaan tidak memiliki dana yang lebih.

Untuk saat ini sudah begitu banyak pilihan aplikasi absensi digital yang bisa ditemukan dengan mudah. Aplikasi aplikasi tersebut dilengkapi dengan fitur yang menarik, harganya pun sangat beragam. Hal ini pun akan membuat perusahaan kamu bisa menyesuaikan dengan anggaran yang dimiliki oleh perusahaan kamu.

Demikianlah penjelasan kami mengenai penggunaan dari aplikasi attendance daftar hadir karyawan yang saat ini dinilai paling tepat dan sangat membantu proses kinerja rekap data absen karyawan.

Seperti yang kamu ketahui dengan menggunakan sistem absensi secara digital, hal ini bisa meminimalisir risiko kesalahan yang bisa saja terjadi yang akan berdampak pada gaji yang akan diterima oleh setiap karyawan.

Salah satu fitur absensi digital yang sebaiknya dicoba oleh perusahaan adalah aplikasi absensi talenta di mana aplikasi satu ini memiliki fitur yang sangat lengkap untuk mendukung proses kerja pengerjaan data daftar hadir karyawan perusahaan. Aplikasi ini pun juga mudah untuk digunakan dimana hal ini menjadi daya tarik tambahan untuk perusahaan yang baru akan mencoba sistem absensi digital karyawan. (Ads/E03)

Tags:

Inibaru Indonesia Logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Sosial Media
A Group Member of:
medcom.idmetro tv newsmedia indonesialampost

Copyright © 2023 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved