inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Antisipasi Rob dan Angin Jelang Pemilu, Begini Langkah Pemkot Semarang
Senin, 5 Feb 2024 15:26
Penulis:
Inibaru Indonesia
Inibaru Indonesia
Bagikan:
Pemkot Semarang melakukan berbagai langkah untuk mengantisipasi cuaca buruk selama Pemilu 2024. (Perludem)

Pemkot Semarang melakukan berbagai langkah untuk mengantisipasi cuaca buruk selama Pemilu 2024. (Perludem)

Mengingat adanya potensi rob serta angin kencang selama pemilu, Pemkot Semarang telah menyiapkan skrenario untuk mengamankannya.

Inibaru.id - Cuaca yang nggak bersahabat bisa mengganggu kelancaran Pemilu 2024 yang bakal dilaksanakan 14 Februari nanti. Untuk itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang, Jawa Tengah, telah meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman cuaca buruk seperti angin kencang, hujan, dan rob selama pemungutan suara Pemilu 2024.

Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu menyatakan bahwa langkah-langkah antisipatif, termasuk menghadapi kejadian nggak terduga (force majeure), telah diambil.

"Kami berusaha mengatasi potensi force majeure seperti angin kencang dan masalah hujan, terutama di wilayah pesisir yang rentan terhadap rob," ujarnya pada keterangan resmi Senin (5/2/2024).

Mbak Ita, panggilan akrabnya, menekankan pentingnya persiapan yang matang mengingat pemungutan suara adalah momen krusial dalam demokrasi.

Oleh karena itu, dia menambahkan jika pengamanan harus ditingkatkan semaksimal mungkin.

Ilustrasi surat suara basah akibat atap bocor. (Detik)
Ilustrasi surat suara basah akibat atap bocor. (Detik)

Mengenai persiapan logistik untuk Pemilu 2024, masing-masing kecamatan telah menyediakan ruangan khusus untuk penyimpanan logistik yang aman. Meskipun bangunan kantor kecamatan baru, Mbak Ita tetap memperhatikan kemungkinan kebocoran atap akibat hujan.

"Kita tetap mewaspadai potensi kebocoran, terutama air hujan yang bisa meresap melalui celah gedung," ungkapnya.

Namun demikian, dia optimistis bahwa genangan air nggak akan menjadi ancaman saat pemungutan suara karena logistik ditempatkan di lantai 2 gedung.

"Kami yakin masalah genangan sudah tidak akan terjadi. Logistik ditempatkan di lantai 2 gedung," jelasnya.

Meskipun ada potensi tantangan lain, Mbak Ita bersiap mengantisipasi agar Pemilu 2024 dapat berjalan lancar. Dengan semua persiapan tersebut, Mbak Ita berharap Pemilu dapat berjalan sesuai harapan.

Semoga nggak ada halangan berarti pada pesta demokrasi kita nanti ya, Millens. (Siti Zumrokhatun/E10)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved