BerandaHits
Minggu, 17 Jul 2022 13:05

7 Jenis Cinta Menurut Sternberg, Kamu dan Dia yang Mana?

7 Jenis Cinta Menurut Sternberg, Kamu dan Dia yang Mana?

Robert Sternberg merumuskan cinta dalam tujuh jenis. (Unsplash.com/photos/Michael Fenton via Kumparan)

Cinta nggak selamanya menyenangkan dan indah. Setidaknya, ada tujuh jenis cinta menurut Robert Sternberg yang beberapa di antaranya mungkin nggak mau kamu alami.

Inibaru.id – Ada banyak pandangan saat orang mengartikan cinta. Nggak terkecuali, para peneliti juga memandang cinta dalam berbagai pandangan. Psikolog Robert Sternberg misalnya, memperkenalkan teori segitiga cinta (triangular theory of love). Menurutnya, ada tiga unsur di dalam cinta yaitu keintiman, gairah, dan komitmen dalam satu waktu.

Tapi, selain itu Sternberg juga merumuskan cinta dalam tujuh jenis, lo. Apa saja?

Jenis cinta

1. Persahabatan

Ketika keintiman hadir tapi gairah atau komitmen romantis hilang, itulah yang menjadi komponen cinta persahabatan. Meski begitu, persahabatan bisa menjadi akar dari bentuk cinta lainnya. Jadi, mungkin saja kamu jatuh cinta pada sahabat sendiri.

2. Keberahian

Mengutip Simply Psychology, jenis cinta ini dikenal juga tergila-gila. Ketika komponen gairah cinta hadir dalam suatu hubungan, tapi keintiman dan komitmen nggak ada. Keberahian ditandai nafsu dan gairah fisik tanpa rasa suka dan komitmen. Hm, jadi tahu kan kenapa ada one night stand, Millens?

3. Cinta kosong

Cinta kosong ketika hubunganmu dengan pasangan seperti kehilangan gairah. (Pixabay via Pikiran Rakyat)
Cinta kosong ketika hubunganmu dengan pasangan seperti kehilangan gairah. (Pixabay via Pikiran Rakyat)

Kamu yang merasakan hubungan tanpa gairah atau keintiman berarti sedang mengalami cinta kosong. Terkadang, cinta yang kuat memburuk menjadi kosong, tapi, kebalikannya juga bisa terjadi. Misalnya, perjodohan mungkin awalnya kosong, tapi berkembang menjadi bentuk cinta lain seiring waktu. Menarik ya?

4. Cinta romantis

Cinta romantis dapat mengikat orang secara emosional melalui keintiman dan gairah fisik. Mereka menikmati gairah, kasih sayang , dan juga seksual. Pasangan ini mungkin berada pada komitmen jangka panjang. Tapi bisa pula rencana masa depan mereka masih belum diputuskan.

5. Cinta pendamping

Cinta pendamping merupakan jenis cinta yang intim, tapi nggak penuh gairah. Jenis cinta ini lebih kuat dari persahabatan, karena ada komitmen jangka panjang. Tapi hasrat seksual minim atau bahkan nggak ada sama sekali.

Jangan salah, jenis cinta ini sering ditemukan dalam pernikahan. Banyak kok pasangan yang telah kehilangan gairah, tapi tetap memiliki kasih sayang yang dalam atau ikatan kuat. Kamu juga bisa melihatnya sebagai cinta antara teman karib dan anggota keluarga.

6. Cinta palsu

Mengutip Verywell Mind, jenis cinta palsu, komitmen dan gairah muncul, sementara keintiman atau kesukaan nggak ada.

7. Cinta yang sempurna

Cinta yang sempurna terdiri atas tiga komponen (keintiman, gairah, komitmen). Ini mewakili hubungan ideal. Disebut jenis cinta ini ketika mereka nggak sanggup membayangkan bagaimana jika mereka dengan orang lain. Mereka juga nggak bisa melihat diri benar-benar bahagia tanpa pasangannya. Pasangan selalu berhasil mengatasi perbedaan dan menghadapi stres bersama. Hm, barangkali inilah cinta yang kerap didambakan semua orang.

Ehem, kira-kira kamu sedang mengalami cinta yang mana nih, Millens? (Tem/IB21/E07)

Tags:

Inibaru Indonesia Logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Sosial Media
A Group Member of:
medcom.idmetro tv newsmedia indonesialampost

Copyright © 2023 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved