Unik, Aliran Air Panas dan Dingin Enggan Menyatu di Sungai Dua Rasa Sibolangit

Unik, Aliran Air Panas dan Dingin Enggan Menyatu di Sungai Dua Rasa Sibolangit
Sungai Dua Rasa dialiri air panas dan air dingin. (Tempatwisata)

Di Sungai Dua Rasa yang ada di Sibolangit, Deli Serdang, Sumatera Utara, air dingin dan air panas mengalir namun nggak pernah bisa menyatu. Kok bisa, ya?

Inibaru.id – Sungai menjadi umumnya menjadi "perpanjangan tangan" mata air menuju lautan. Dengan adanya gravitasi, air sungai mengalir dari hulu ke hilir. Nggak hanya dari satu mata air, terkadang sebuah sungai menjadi penampung bagi beberapa sumber air yang nggak jarang punya perbedaan karakter. 

Di Sibolangit, Deli Serdang, Sumatera Utara, kamu bisa menemukan sebuah sungai yang dikenal sebagai Sungai Dua Rasa. Berlokasi di Lembah Negeri Suah, Desa Negri Gugung, sungai unik tersebut dialiri air dingin dan panas.

Yang menarik, meski berada dalam satu aliran, kedua jenis air itu seolah enggan menyatu. Saat kamu berada pada satu sisi sungai, kamu mungkin bakal merasakan sensasi air dingin nan menyegarkan. Namun, ketika bergeser ke sisi lainnya, kamu justru bakal merasakan aliran air panas.

Fenomena unik ini bisa terjadi lantaran aliran air di sungai tersebut berasal dari dua sumber mata air yang berbeda di hulu. Aliran air yang dingin berasal dari Sungai Lau Suruway. Sementara, air panas berasal dari Air Terjun Sampuren Putih.

Belum Banyak Dikunjungi Wisatawan

Sungai Dua Rasa di Sibolangit, Deli Serdang, Sumatera Utara. (Twitter/Imajilive)
Sungai Dua Rasa di Sibolangit, Deli Serdang, Sumatera Utara. (Twitter/Imajilive)

Jarak antara Air Terjun Sampuren Putih dengan Sungai Lau Suruway hanya sekitar 150 meter, membuat aliran Sungai Dua Rasa memiliki aliran air panas dan dingin yang belum menyatu. Berpadu dengan alam sekitar yang begitu menawan, tentu saja hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Oya, meski memiliki potensi wisata yang lumayan besar, hingga kini belum banyak wisatawan yang datang ke Sungai Dua Rasa, lo. Kondisi jalan yang cukup sulit dilalui dan lokasi sungai yang lumayan tersembunyi membuat sebagian pelancong enggan menyambanginya.

Jadi, untuk kamu yang menyukai tantangan, mengunjungi objek wisata Sungai Dua Rasa Sibolangit tentu saja sangat disarankan. Untuk mencapainya, dari Sibolangit kamu harus menempuh perjalanan sekitar 40 menit menuju Desa Negri Gugung, lalu bertanya ke warga sekitar.

Bagi masyarakat setempat, sungai yang juga kerap disebut sebagai objek wisata Air Panas Dua Rasa itu memang cukup terkenal. Nantinya, kamu bakal diarahkan untuk berjalan kaki melewati persawahan sekitar 20 menit sampai tiba ke sungai unik ini.

Selamat mencoba ya, Millens(Mer/IB09/E03)