Ada Batu Raksasa Berwajah Manusia di Gumuk Reco Sepakung

Jawa Tengah kini mulai banyak dikunjungi wisatawan, salah satu lokawisata yang diincar adalah Gumuk Reco Sepakung. Walaupun tempat ini punya mitos yang penuh misteri, tapi malah banyak orang yang berkunjung kesini. Seperti apa keseruan saat saya berkunjung kesini ? Yuk simak kisahnya.

Inibaru.id - Kendati berlokasi di tengah hutan dan butuh tenaga ekstra untuk mencapainya, Gumuk Reco Sepakung nggak pernah kehilangan pesonanya. Wanawisata yang berlokasi di Desa Sepakung, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, itu menjadi salah satu lokawisata yang banyak dikunjungi wisatawan.

Namun, sore itu, belum lama ini, kebetulan Gumuk Reco tengah lengang saat saya sambangi. Suasana sepi membuat tempat wisata alam yang berlokasi di Jalan Kenongo tersebut tampak semakin sunyi; cocok untuk saya yang tengah menepi dari hiruk-pikuk kota.

Gumuk Reco memang menantang. Jalan bebatuan dan belokan tajam harus saya lalui dengan penuh konsentrasi. Sedikit saja lengah, mobil yang saya tumpangi bisa terperosok ke dalam jurang.

Untuk mencapai Gumuk Reco, perlu perjalanan sekira 30 menit dari Kota Salatiga. Namun, semua itu terbayar saat tiba di lokasi. Udara segar khas pegunungan menusuk hingga tulang-belulang. Dingin, tapi segar, berpadu dengan pegunungan dengan pohon-pohon menjulang sejauh mata memandang.

Mangga, Mas,” sambut Sugianto saat melihat saya mendekat.

Lelaki paruh baya ini adalah warga Desa Kenongo yang bekerja di Gumuk Reco Sepakung. Mbah Sugianto mengatakan, semula lokawisata alam ini merupakan hutan dengan berbagai tanaman liar yang nggak terawat. 

"Sekarang (tempat ini) dijadikan wanawisata oleh para pemuda setempat,” tuturnya sembari mengantarkan saya ke spot foto selfie.

Sembari berjalan, dia lalu bercerita tentang asal usul nama Gumuk Reco Sepakung. Menurut Sugianto, ini berasal dari sebuah batu raksasa berbentuk wajah manusia yang bernilai dan sakral bagi masyarakat desa.

Spot Foto Menarik

Sulit dimungkiri, Gumuk Reco Sepakung memang pas untuk kamu yang tengah berencana menepi sejenak dari rutinitas yang padat. Dari ketinggian, terlihat begitu estetis pemandangan sawah dan hutan di bawah lokawisata ini. Selain itu, ada banyak spot swafoto kekinian yang cocok untuk kaum anak muda seperti saya.

Sony, salah seorang pengunjung, mengaku nggak mau menyia-nyiakan waktunya selama di Gumuk Reco Sepakung. Dia mengatakan telah mencoba seluruh spot foto di tempat tersebut.

'Saya coba semuanya. Ada jembatan kaca, Ondo Langit, Sangkar Burung, dan masih banyak lagi, ungkap Sony.  "Cocoklah buat menyegarkan pikiran di akhir pekan,” ujarnya.

Oya, untuk menjajal seluruh wahana di wanawisata ini, kamu harus merogoh kocek sekitar Rp 50 ribu. 

Kalau tengah liburan ke Jawa Tengah, lokawisata ini layak untuk masuk daftar piknikmu, Millens. (Triawanda Tirta Aditya/E03)