inibaru indonesia logo
Beranda
Adventurial
Pengin Piknik yang Tenang? Ke Pantai Mbuluk Gunungkidul Saja!
Sabtu, 25 Mei 2024 11:19
Penulis:
Arie Widodo
Arie Widodo
Bagikan:
Pantai Mbuluk Gunungkidul. (Instagram/@satriamahastra_)

Pantai Mbuluk Gunungkidul. (Instagram/@satriamahastra_)

Pengin piknik ke pantai di Gunungkidul tapi nggak suka keramaian? Ke Pantai Mbuluk saja, Millens. Pantai ini nggak begitu ramai dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya, kok.

Inibaru.id – Di akhir pekan seperti sekarang ini, apalagi di libur panjang, pantai-pantai di Gunungkidul biasanya dipenuhi pengunjung. Apalagi di pantai-pantai yang populer seperti Indrayanti, Sadranan, Baron, dan lainnya. Nah, kalau kamu pengin datang ke pantai yang lebih tenang dan nggak terlalu ramai, bisa datang ke Pantai Mbuluk.

Lokasi Pantai Mbuluk ada di Desa Kemadang, Kecamatan Tandjung, berjarak 23,5 kilometer ke arah selatan dari Kota Wonosari. Kalau dari Pantai Baron, jaraknya hanya sekitar 2 kilometer ke arah timur, sebelum arah ke Pantai Sepanjang. Kalau dari Kota Yogyakarta, jarak tempuhnya kurang lebih 2 jam.

Beda dengan kebanyakan pantai di Gunungkidul yang memiliki garis pantai cukup panjang, garis pantai di Pantai Mbuluk hanya 25 meter. Karena alasan inilah banyak orang yang kurang berminat datang ke sana. Padahal, soal pemandangan, pantai yang dihiasi dengan dua karang berukuran besar di setiap sisi ini nggak kalah menarik. Apalagi, warna pasirnya juga putih bersih, Millens.

Kelebihan lain dari pantai ini adalah adanya tebing dengan pemandangan laut lepas Samudera Hindia yang megah. Untuk menaikinya, sudah ada tangga yang bisa kamu gunakan. Di sana, kamu bisa berfoto, deh.

Sisi lain Pantai Mbuluk Gunungkidul. (Instagram.com/ade_ariess)
Sisi lain Pantai Mbuluk Gunungkidul. (Instagram.com/ade_ariess)

Kelebihan lain dari pantai ini adalah harga tiket masuknya yang murah. Kamu hanya perlu menyiapkan uang Rp3 ribu per orang saja untuk sampai ke sana. O ya, kalau kamu mau naik tebing, perlu membayar lagi dengan biaya tiket Rp3 ribu per orang.

Khusus untuk parkiran kendaraan, sudah tersedia, kok. Biaya parkirnya juga murah, yaitu Rp3 ribu untuk sepeda motor dan Rp5 ribu untuk mobil. Tarif parkirnya flat, ya.

Sayangnya, karena pantai ini nggak begitu populer jika dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya yang ada di sekitarnya, fasilitasnya nggak selengkap pantai lainnya. Meski sedikit, ada kok warung yang menyediakan makanan atau minuman buat kamu yang lapar atau haus. Kamu juga nggak akan kesulitan mencari toilet umum ataupun musala.

Jadi, nggak perlu pikir panjang kalau pengin piknik dengan tenang di pantai yang berlokasi di Gunungkidul. Ke Pantai Mbuluk saja! (Arie Widodo/E10)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved