inibaru indonesia logo
Beranda
Adventurial
Nikmatnya Makan Rujak Petis dengan Latar Pantai Balongan, Rembang
Senin, 4 Mar 2024 09:00
Penulis:
Arie Widodo
Arie Widodo
Bagikan:
Piknik di Pantai Balongan, Rembang nggak lengkap bila nggak sembari makan rujak petis. (Twitter/VisitJawaTengah)

Piknik di Pantai Balongan, Rembang nggak lengkap bila nggak sembari makan rujak petis. (Twitter/VisitJawaTengah)

Di Pantai Balongan, Rembang, kamu bisa piknik di bawah ademnya naungan pohon cemara sembari menikmati pasir pantai putih dan suara deburan ombak yang menangkan. Selain itu, kamu juga bisa menyantap rujak petis khas Kragan yang nikmat!

Inibaru.id – Pantai-pantai yang ada di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, cukup berbeda dengan pantai-pantai di kawasan Pantura lainnya. Maklum, pasirnya kebanyakan berwarna putih dan cukup bersih sehingga nyaman untuk dijadikan tempat piknik.

Nah, salah satu pantai yang paling cocok buat piknik adalah Pantai Balongan yang berlokasi di Desa Balongmulyo, Kecamatan Kragan. Lokasinya ada di tepi jalan utama Pantura Semarang-Surabaya. Jaraknya kurang lebih 36 kilometer ke arah timur dari Alun-alun Kota Rembang, Millens.

Selain pemandangan pantai dan suara deburan ombak yang indah. Di Pantai Balongan ada banyak penjual makanan yang enak di bawah rindangnya naungan pohon cemara. Salah satunya adalah rujak petis khas Kragan.

Salah satu penjual rujak petis yang bisa kamu temui di kawasan Pantai Balongan adalah Anis. Setiap hari, warung yang dia buka dari pukul 08.00-17.00 WIB itu selalu dijejali pembeli.

“Bumbu petis rujak khas Kragan itu nggak ada duanya. Saya membuatnya sendiri untuk dijual di sini. Buatnya dari ikan yang direbus dan didiamkan beberapa bulan sampai warnanya keruh kehitaman. Rasa asin gurihnya khas banget,” ungkap Anis sebagaimana dilansir dari Joglojateng, Jumat (1/3/2024).

Rujak petis khas Kragan, Rembang yang ada di Pantai Balongan. (Joglojateng/Dyah Nurmara Sari)
Rujak petis khas Kragan, Rembang yang ada di Pantai Balongan. (Joglojateng/Dyah Nurmara Sari)

Di warungnya, dia menyediakan beberapa jenis rujak seperti rujak petis, rujak manis, dan rujak kacang. Dia juga menyediakan jajanan kekinian seperti batagor, seblak, pentol petis, dan berbagai macam gorengan. Untuk minuman, dia selalu menyediakan kelapa muda yang memang cocok untuk diminum sembari menikmati pemandangan pantai yang cantik.

“Biasanya yang paling dicari itu rujak petis yang diberi tambahan sedikit gula jawa. Jadi rasa petisnya terasa, ada manisnya juga,” lanjut Anis.

Biasanya sih, jualannya semakin laris saat matahari mulai condong di barat. Saat sore hari, khususnya pada akhir pekan, wisatawan yang datang semakin ramai. Selain berenang dan bermain pasir, mereka bersantai di bawah pohon cemara sembari menikmati angin sepoi-sepoi. Nah, suasana yang tenang itu bakal semakin cocok jika dipadukan dengan kenikmatan menyantap rujak petis.

“Saya sudah biasa datang ke sini untuk menikmati pantai sembari makan rujak petis. Apalagi rujak petis khas Rembang kan enak banget,” ujar salah satu wisatawan Wahyudin.

Kalau kamu kebetulan ada di Rembang, sudah tahu kan harus ke mana kalau mencari pantai yang enak buat piknik, Millens? Yap, di Pantai Balongan saja. Bisa sekalian wisata kuliner makan rujak petis khas Kragan, lo. (Arie Widodo/E10)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved