inibaru indonesia logo
Beranda
Adventurial
Berendam di Pantai Glagah Wangi Istambul Bisa Sembuhkan Penyakit, Mitos?
Senin, 31 Jul 2023 18:01
Penulis:
Arie Widodo
Arie Widodo
Bagikan:
Pantai Glagah Wangi Istambul di Demak. (Travelspromo)

Pantai Glagah Wangi Istambul di Demak. (Travelspromo)

Lokasi Pantai Glagah Wangi Istambul cukup jauh dari pusat kota Demak ataupun Kota Semarang. Tapi, pantai ini sering ramai pengunjung. Ternyata, penyebabnya adalah adanya kabar bahwa air pantai tersebut bisa sembuhkan penyakit.

Inibaru.id – Untuk mencapai Pantai Glagah Wangi Istambul, kamu harus berkendara sekitar 17 kilometer ke arah barat laut dari Demak Kota. Pantai ini juga berjarak kurang lebih 30 kilometer dari Kota Semarang. Meski jauh dari mana-mana, nyatanya pantai ini ramai pengunjung.

Usut punya usut, selain punya pemandangan alam yang cukup menarik, terdapat sebuah mitos yang dipercaya masyarakat tentang pantai yang ada di Desa Tambakbulusan, Kecamatan Karangtengah, Demak tersebut. Mitos tersebut adalah air di pantai tersebut bisa menyembuhkan sejumlah penyakit seperti gatal-gatal atau flu. Nah, banyak orang yang datang ke sana karena percaya dengan hal tersebut, Millens.

Salah seorang yang rutin datang ke pantai ini adalah Bandiyah. Dia rutin berendam di air pantai tersebut sekitar pukul 06.00 sampai 09.00 WIB atau saat belum banyak pengunjung datang.

“Tinggal berendam atau gebyuran di sana pagi-pagi. InsyaAllah kalau ke sini rutin tiga kali saja pasti sembuh penyakitnya. Sudah banyak yang coba, kok,” cerita perempuan yang berprofesi sebagai pedagang kaki lima ini sebagaimana dilansir dari Betanews, Senin (31/7/2023).

Bandiyah melanjutkan, selain bisa menyembuhkan penyakit, banyak orang percaya jika ritual berendam di pantai tersebut bisa memberikan manfaat lainnya, yaitu mengabulkan hajat seperti jodoh atau rezeki.

Berjalan kaki di hutan mangrove yang ada di Pantai Glagah Wangi Istambul. (nativeindonesia)
Berjalan kaki di hutan mangrove yang ada di Pantai Glagah Wangi Istambul. (nativeindonesia)

“Oleh karena itu yang datang ke sini banyak. Nggak hanya dari sekitar Demak, ada yang dari Semarang, Purwodadi, bahkan Jepara,” terangnya.

Kalau kamu tertarik datang ke pantai untuk membuktikan mitos tersebut atau sekadar pengin menikmati pemandangan alamnya, nggak perlu risau dengan harga tiketnya. Tiket per orangnya hanya Rp5 ribu. Tarif parkirnya juga terjangkau, yaitu Rp3 ribu untuk sepeda motor dan Rp5 ribu untuk mobil.

Selain bermain air atau pasir di pantainya, kamu juga bisa lo berjalan kaki menyusuri hutan mangrove yang rindang. Menarik banget ya untuk pantai dengan tiket masuk murah meriah.

O ya, kamu sempat terpikir nggak tentang nama Istambul yang mirip-mirip dengan sebuah nama kota di Turki? Namanya memang dibuat seperti itu agar menarik perhatian. Meski begitu, Istambul sebenarnya adalah singkatan dari Istana Tambakbulusan, nama desa tempat pantai itu berada. Ada-ada saja, ya?

Jadi, kapan nih kita main ke Pantai Glagah Wangi Istambul, Millens? (Arie Widodo/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved