inibaru indonesia logo
Beranda
Adventurial
Naik Damri ke Pantai Baron Gunungkidul? Bisa!
Senin, 20 Mei 2024 09:00
Penulis:
Arie Widodo
Arie Widodo
Bagikan:
Kamu bisa naik Damri ke Pantai Baron Gunungkidul, DIY. (Hubdat Dephub)

Kamu bisa naik Damri ke Pantai Baron Gunungkidul, DIY. (Hubdat Dephub)

Ternyata, kamu bisa naik Damri ke Pantai Baron Gunungkidul, DIY, lo. Seperti apa jadwal rutenya dan tarif untuk naik armadanya, ya?

Inibaru.id – Salah satu daya tarik utama dari Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) adalah pantai-pantainya yang masih cantik, bersih dan alami. Nah, salah satu pantai yang selalu dijejali wisatawan pada akhir pekan, libur panjang, atau libur nasional adalah Pantai Baron.

Meski pasirnya berwarna cokelat, bukannya putih, Pantai Baron cukup menarik karena memiliki bentuk U seperti teluk kecil yang dikelilingi tebing. Ombaknya nggak terlalu besar dan air lautnya juga berwarna hijau kebiruan. Daya tarik lain dari pantai ini adalah banyaknya kapal nelayan yang bersandar di sana. Hal ini membuatnya jadi tempat yang cantik untuk foto-foto, Millens.

Berlokasi di Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Pantai Baron berjarak kurang lebih 57 kilometer dari Titik 0 Kilometer Kota Yogyakarta. Kebanyakan orang datang ke Pantai Baron dengan menggunakan kendaraan pribadi seperti sepeda motor atau mobil. Ada juga yang datang dengan bus yang berisi rombongan. Tapi, kamu tahu nggak kalau sebenarnya bisa naik Damri ke Pantai Baron Gunungkidul?

Jadi, Damri ternyata membuka rute dari Malioboro menuju dua pantai, yaitu Pantai Baron dan Terminal Parangtritis. Nah, kalau kamu kebetulan sedang nggak membawa kendaraan pribadi tapi pengin ke Pantai Baron, misalnya, bisa naik armada ini dengan hanya membayar Rp20 ribu sekali jalan.

“Tiketnya bisa dibayar secara tunai ataupun dengan QRIS,” terang General Manager Damri Cabang Yogyakarta Boy Aryadi sebagaimana dilansir dari Hubdat.Dephub.go.id.

Pantai Baron punya pemandangan alam yang cantik. (Sarahbeekmans)
Pantai Baron punya pemandangan alam yang cantik. (Sarahbeekmans)

Nah, berikut adalah jadwal keberangkatan armada Damri di rute ke Pantai Baron dan Terminal Parangtritis tersebut. Simak baik-baik, ya!

  • Dari Malioboro (Depan Bank Indonesia/selatan Benteng Vredeburg): Pukul 06.30, 07.30, 12.30, 13.30 WIB;
  • Dari Pantai Baron: Pukul 08.30, 09.30, 14.30, 15.30 WIB;
  • Dari Terminal Parangtritis: Pukul 09.30, 10.30, 15.30, 16.30 WIB.

Kalau melihat jadwal tersebut, kamu bisa saja berangkat ke Pantai Baron dari Malioboro dengan memakai armada pertama yang berangkat pada pukul 06.30 atau 07.30 pagi dan sampai ke Pantai Baron 2 jam kemudian. Setelah itu, kamu bisa seharian bermain di pantai dan mengambil armada paling sore untuk pulang, yaitu yang berangkat pukul 15.30 WIB dari Pantai Baron.

Tapi, armada ini nggak langsung ke Malioboro, melainkan ke Terminal Parangtritis. Biasanya sih, dari Terminal Parangtritis, armadanya berangkat pukul 16.30 WIB dan kemudian kembali sampai ke Malioboro sekitar 1 jam kemudian.

Memang, kalau naik Damri ke Pantai Baron, kamu jadi nggak bisa melihat sunrise ataupun sunset di pantai tersebut. Tapi, nggak ada salahnya kan menikmati angkutan umum yang murah meriah dan nyaman untuk mencapai ke pantai tersebut. Jadi, apakah kamu tertarik untuk memakainya, Millens? (Arie Widodo/E10)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved