Little Tokyo, Jepang Kecil yang Bisa Kamu Sambangi di Bantul

Little Tokyo, Jepang Kecil yang Bisa Kamu Sambangi di Bantul
Little Tokyo di Bantul, DIY. (Googlemaps/Pilar Pratomo)

Wajar jika kita menemukan Pecinan, Kampung Arab, atau Kampung India di sebuah kota. Tapi, di Bantul, ada Little Tokyo alias Tokyo Kecil. Hm, jadi penasaran ya dengan tempatnya.

Inibaru.id – Di Indonesia, ada sejumlah tempat yang memiliki bangunan atau kultur khas negara lain. Contohnya, Kampung Pecinan, Kampung Arab, Kampung India, dan lain-lain. Di sana, kamu bisa merasakan atmosfir mendekati negara aslinya. Nah, di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, ada Little Tokyo yang berarti Tokyo kecil.

Meski begitu, Little Tokyo bukanlah tempat di mana kamu bisa menemukan banyak orang Jepang, bangunan khasnya, atau budayanya. Little Tokyo atau yang juga dikenal dengan Litto Jogja adalah sebuah tempat wisata tematik yang bisa kamu temui di Gunung Cilik, Muntuk, Dlingo, Bantul.

Dikutip dari Javatravel, Little Tokyo tidak hanya menyajikan bangunan-bangunan tematik khas Jepang. Karena lokasinya yang ada di lereng gunung, otomatis kamu bisa melihat pemandangan alam yang indah dan luas. Biar tambah menjiwai liburan di Negeri Sakura, kamu bisa menyewa kostum tradisional Jepang.

Menurut keterangan Manager Food & Beverages Litto Jogja Yohanes Hendra Dwi Utomo, tiket masuk dari tempat wisata ini nggak mahal, tepatnya hanya Rp 30 ribu. Itu pun, kamu bisa menggunakan Rp 20 ribu dalam bentuk voucher sebagai diskon saat pembayaran makanan atau minuman. Untuk menggunakannya, minimal transaksi pembelianmu sebesar Rp 50 ribu. Voucher ini juga bisa digunakan untuk masuk sejumlah wahana.

“Jadi, bisa dikatakan tiket masuknya hanya Rp 10 ribu dan Rp 20 ribu dipakai untuk deposit. Nantinya, deposit ini bisa digunakan untuk menyewa yukata (pakaian tradisional Negeri Matahari Terbit), beli makanan, atau bahkan masuk ke area kolam renang,” ujar Yohanes sebagaimana dilansir dari Radar Jogja, Jumat (23/9/2022).

Meski begitu, biar kamu puas menikmati makanan di Little Tokyo atau mencoba banyak wahana di sana, siapkan uang sekitar Rp 150 ribu – Rp 200 ribu, ya?

Little Tokyo menawarkan pemandangan indah. (Travelpromo)
Little Tokyo menawarkan pemandangan indah. (Travelpromo)

Omong-omong ya, tempat wisata yang ada di atas lahan seluas 1,5 hektare ini baru dibangun pada 2021 lalu. Meski masih baru, bukan berarti nggak lengkap ya. Di sini, ada penginapan dengan 18 kamar serta 10 bungalow berfasilitas lengkap.

Biar vibe Jepangnya semakin terasa, pada penginapan tersebut juga tersedia pemandian air hangat. Cocok dengan suhu udara di lokasi yang cenderung sejuk. Duh, makin kerasa sedang main ke Jepang ya?

Kalau kamu pengin main ke Little Tokyo, nggak sulit mencarinya karena jaraknya hanya sekitar 25 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Kalau ditempuh dengan kendaraan pribadi, hanya butuh waktu 45 menit sampai 1 jam untuk mencapainya dari Kota Gudeg.

Yohanes pun mengungkap kapan waktu terbaik untuk datang ke Little Tokyo.

“Sebaiknya datang ke sini saat pagi hari, tepatnya saat masih dingin dan berkabut, atau saat matahari terbenam, karena sunset-nya sangat indah,” sarannya.

Duh, jadi pengin main ke Little Tokyo, ya, Millens. (Arie Widodo/E05)