inibaru indonesia logo
Beranda
Adventurial
Kelok S Mertan Sentolo, Kulonprogo: Spot Andalan Railfans Berburu Foto
Kamis, 1 Feb 2024 10:27
Penulis:
Arie Widodo
Arie Widodo
Bagikan:
Kelok S Mertan di Sentolo, Kulonprogo. (Twitter/KAI121 - Flickr/Rafid Dhiya Ulhaq)

Kelok S Mertan di Sentolo, Kulonprogo. (Twitter/KAI121 - Flickr/Rafid Dhiya Ulhaq)

Layaknya di Pantai Jodo, Batang, kamu juga bisa berburu foto kereta dengan latar pemandangan cantik di Kelok S Mertan atau juga populer dengan nama Kelok Mertan View di Sentolo, Kulonprogo.

Inibaru.id – Terdapat sejumlah spot yang sering dipakai kaum Railfans, sebutan bagi mereka yang menggemari berbagai hal tentang kereta api di Indonesia, untuk berburu foto kereta. Kalau di Jawa Tengah, spot yang paling populer adalah di sebuah bukit yang ada di Pantai Jodo, Kabupaten Batang. Nah, belakangan ini, popularitas tempat tersebut juga mulai tersaingi dengan spot foto di Sentolo, Kulonprogo bernama Kelok S Mertan.

Selain Kelok S Mertan, terkadang spot tersebut juga disebut dengan Kelok Mertan View. Lokasinya ada di Padukuhan Mertan, Kalurahan Sukerono. Di tempat tersebut, kamu bisa melihat rel kereta api yang berkelok-kelok sehingga bisa membuat foto kereta terlihat cantik, Millens.

Ditambah dengan spot foto yang memang lebih tinggi dari perlintasan rel, para railfans pun sudah bisa melihat kereta yang melaju dari kejauhan. Jika cermat, kamu bisa menangkap foto kereta secara penuh sehingga membuatnya persis seperti julukannya, ular besi.

“Jika cuaca sedang bagus pas sunrise, kita bisa lihat kereta dan Gunung Merapi sekaligus,” ungkap salah seorang Railfans yang sering mengambil foto di Kelok S Mertan, Satria Jatu sebagaimana dilansir dari Radarjogja, Minggu (28/1/2024).

Satria juga menceritakan tentang awal mula tempat ini jadi populer di kalangan Railfans. Awalnya, spot ini hanya populer di kalangan penggemar kereta Yogyakarta yang pengin mengambil foto kereta dengan latar persawahan atau saat kereta lewat di atas terowongan jalan kendaraan bermotor.

Wisatawan mengambil foto kereta di Kelok Mertan View. (Radarjogja/Anom Bagaskoro)
Wisatawan mengambil foto kereta di Kelok Mertan View. (Radarjogja/Anom Bagaskoro)

Di Sentolo, kereta juga melaju lebih lambat karena harus melalui jalur yang berkelok. Nah, banyak masinis yang melambaikan tangan dan menyapa para fotografer. Banyak dari masinis tersebut kemudian meminta fotografer memotret mereka lewat direct message (DM) Instagram @kelokmertanview, tempat di mana Satria dan rekan-rekan fotografernya mengunggah foto-foto kereta dari spot tersebut.

“Beberapa kawan saya banyak yang memakai drone untuk memotref kereta dari atas. Nah hal itu bikin lokasi ini jadi viral. Lalu semakin banyak streamer railfans yang mengadakan siaran langsung. Pada akhirnya Kelok S Mertan semakin terkenal,” jelas Satria.

Saking populernya spot foto tersebut, bukan hal aneh jika melihat wisatawan asing juga ikutan hunting foto kereta di sana. Bahkan, ada wisatawan yang sampai membeli foto atau video drone yang diambil fotografer.

“Ini sangat menarik karena bukan hal yang umum di negara kami,” ungkap wisatawan asal Republik Ceska Irena, Rabu (24/1).

Kalau kamu tertarik untuk melihat kereta melaju di Kelok S Mertan dengan latar pemandangan alam yang indah, nggak perlu khawatir. Kamu nggak akan dikenakan tarif masuk, lo. Yang penting, kamu memperhatikan aturan keamanan yang diterapkan KAI. Kamu juga bisa membeli makanan atau minuman yang disediakan warung-warung warga yang nggak jauh dari sana.

Pastikan datang pas cuaca sedang dalam kondisi baik agar kamu bisa mendapatkan foto kereta yang cantik di Kelok S Mertan ya, Millens. (Arie Widodo/E10)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved