4 Rekomendasi Rest Area di Tol Trans Jawa Terbaik untuk Beristirahat

4 Rekomendasi Rest Area di Tol Trans Jawa Terbaik untuk Beristirahat
Rest area di Tol Trans Jawa. (andyrahmadiherlambang.com)

Kalau kamu lewat tol Trans Jawa untuk mudik dan pengin beristirahat, ada lo 4 rekomendasi rest area terbaik yang bisa kamu coba. Di mana saja, ya?

Inibaru.id – Semenjak ada Tol Trans Jawa, mudik jadi lebih cepat bagi mereka yang memakai kendaraan pribadi roda empat. Meski jaraknya tetap jauh, waktu tempuhnya jadi lebih cepat. Selain itu, selama perjalanan, kamu juga bakal dimanjakan dengan sejumlah rest area yang menarik dan nyaman untuk dijadikan tempat beristirahat.

Berikut adalah rekomendasi rest area yang bisa kamu jadikan tempat istirahat selama melakukan mudik.

Rest Area KM 88 Purwakarta

Rest area Purwakarta. (beritarayaonline.co.id)
Rest area Purwakarta. (beritarayaonline.co.id)

Rest area KM 88 Purbaleunyi, Purwakarta punya masjid yang cukup menarik. Namanya adalah Masjid Al-Shafar dan didesain oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Jadi, kamu bisa beribadah dengan nyaman di masjid ini.

Kalau sudah selesai beribadah, bisa juga kok mencari makan atau minum. Di sana, ada banyak penjual makanan. Tempat untuk bersantai juga tersedia. Dijamin bakal kembali bugar untuk meneruskan perjalanan deh.

Rest Area Heritage KM 260 B Brebes

Rest area Brebes. (pakbob.id)
Rest area Brebes. (pakbob.id)

Kalau kamu sudah memasuki ruas tol Pejagan – Pemalang, coba deh mampir di rest area Heritage KM 260 B Brebes ini. Soalnya, rest area ini dulunya adalah bekas pabrik gula legendaris. Jadi, begitu masuk ke sana, kamu bakal bisa menikmati arsitektur khas kolonial yang sangat cantik.

Kelebihan lain dari rest area ini adalah beragamnya tempat makan yang bisa kamu pilih. Selain itu, kamu juga bisa membeli oleh-oleh, baju, buku, atau bahkan aksesoris. Bahkan, jika beruntung, ada pameran seni lo.

Rest area ini juga menyediakan wahana permainan anak. Jadi, kalau kamu mudik dengan anak-anak, nggak perlu pusing untuk mengajak mereka kemana agar bisa kembali ceria usai penat melakukan perjalanan jauh.

Rest Area KM 360 B Batang

Rest area Batang. (truckmagz.com)
Rest area Batang. (truckmagz.com)

Rest area ini ada di ruas tol Semarang – Batang. Di sini, kamu bisa menemukan setidaknya 50 fasilitas dari tempat makan, tempat bermain anak, tempat ibadah, tempat mengisi bahan bakar, hingga yang sangat nggak biasa adalah kebun binatang mini.

Di rest area ini, setidaknya 300 kendaraan bisa ditampung. Jadi, meskipun terlihat ramai, kamu tetap bisa beristirahat dengan nyaman kok di sini.

Rest Area KM 456 Salatiga

Rest area Salatiga dengan pemandangan yang indah. (solosae.com)
Rest area Salatiga dengan pemandangan yang indah. (solosae.com)

Rest area KM 456 Salatiga unik karena bisa disambangi dari kedua sisi lajur jalan tol. Kok bisa? Karena memang lokasinya ada di kedua sisi jalan tol yang disambung dengan sebuah sky bridge. Jadi, kamu juga bisa foto-foto di jembatan ini sembari beristirahat. Soalnya, pemandangan pegunungan di sana bisa memanjakan matamu.

Di tempat ini, kamu juga bisa menemukan banyak tempat makan, tempat oleh-oleh, hingga tempat ibadah. Bahkan, kamu juga bisa buang air dengan tenang karena jumlah toiletnya juga cukup banyak.

Jadi, rest area mana yang pengin kamu kunjungi saat mudik nanti, Millens? (Bea/IB09/E05)