Sky Bridge Rest Area Pendopo, Tempat Menepi Terbaik di Jalur Tol Semarang-Solo

Rest Area Pendopo yang berlokasi di Jalan Tol Trans Jawa wilayah Salatiga belakangan terkenal karena memiliki Sky Bridge yang konon menjadi yang pertama di Indonesia. Tempatnya kece dan instgrammable. 

Inibaru.id - Nggak hanya bertujuan melepas rasa kantuk, capai, atau lapar, rest area di tengah jalur tol terang juga menjadi tempat refreshing bagi orang-orang yang tengah melakukan perjalanan panjang di atas empat roda. Salah satu tempat yang belakangan banyak disebut adalah Rest Area Pendopo KM 456 di ruas tol Semarang-Solo, Kota Salatiga, Jawa Tengah.

Salah satu rest area terbaik di Indonesia ini letaknya emang strategis lantaran menjadi penghubung kota-kota besar di Jawa Tengah dan DIY. Perlu kamu tahu, Salatiga berlokasi di jalur antara Semarang, Solo, dan Yogyakarta. Maka, nggak heran kalau rest area-nya banyak disambangi pengendara dari pelbagai wilayah yang berniat datang ke tiga kota besar tersebut.

Berkunjung ke Rest Area Pendopo, bisa dijamin nggak bakalan bosan. Selain untuk menepi sejenak, rest area ini juga kerap dipakai untuk mematut diri, khususnya di sekitar Sky Bridge.

Sky Bridge adalah sarana penyeberangan di atas jalan tol yang menghubungkan sisi kanan dan kiri rest area. Konon, yang ada di Salatiga ini menjadi yang pertama di jalan tol Indonesia.

“Nggak nyangka banget sih kalau di Jawa Tengah ada Rest Area dengan Sky Bridge instgramable kayak gini. Jadi kalau berkunjung kesini rasanya nggak pengen pulang haha,” ujar Nugroho, mahasiswa asal Yogyakarta yang kebetulan singgah di sana.

Nugroho juga mengaku kagum dengan keunikan lain di rest ini, karena arsitekturnya yang modern, pemandanganya yang indah, kulinernya yang nikmat, fasilitasnya lengkap, lokasinya bersih, dan sebagainya.

“Dari lantai 3 tadi saya bisa menghirup udara segar sembari makan kuliner Nusantara dan liat hamparan sawah. Enjoy bangetlah pokoknya,” ungkap Nugroho.

Kuliner di Rest Area Pendopo ini emang terbilang komplet, mulai dari western food sampai masakan Nusantara ada di sini.

Khusus untuk menu lokal seperti gado-gado, nasi bakar, atau geprek, kamu bisa menemukannya di Lantai 3. Sementara, untuk restoran cepat saji atau kedai minuman dari sejumlah jenama kenamaan, kamu bisa menemukannya di Lantai 1.

Selain untuk urusan perut, rest area ini juga menyediakan tempat untuk UMKM sektor busana, suvenir, dan kerajinan tangan. 

“Terdapat lebih dari 40 tenant UMKM  dengan keanekaragaman produk kuliner, kerajinan, busana  dan oleh-oleh khas Jawa Tengah,” ujar Direktur Utama PT Trans Marga Jateng Denny Chandra Irawan kepada Inibaru.id belum lama ini.

Denny juga menceritakan, tempat istirahat seluas 3,3 hektare ini berada di kedua sisi jalan tol dan dilengkapi lima bangunan utama yang menggambarkan keberadaan lima gunung di wilayah Jawa Tengah, yakni Gunung Merapi, Merbabu, Sumbing, Sindoro, dan Ungaran.

Sungguh menarik, bukan? Kalau kebetulan tengah melintas di jalur tol ruas Semarang-Solo dan mulai nggak fokus, nggak ada salahnya menepi sejenak di Rest Area Pendopo KM 456 ini. Eits, tapi jangan lupa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan ya, Millens! (Triawanda Tirta Aditya/E03)