inibaru indonesia logo
Beranda
Tradisinesia
Tentang Makam Kiai Singkil yang Ada di Depan Kantor Bupati Demak
Rabu, 20 Mar 2024 11:16
Penulis:
Arie Widodo
Arie Widodo
Bagikan:
Makam Kiai Singkil di depan Kantor Bupati Demak. (Google Street View)

Makam Kiai Singkil di depan Kantor Bupati Demak. (Google Street View)

Ada sebuah makam yang berada di pinggir jalan, depan Kantor Bupati Demak. Warga Demak percaya itu makam Kiai Singkil. Lalu, kenapa makam itu hanya sendirian dan berada di pinggir jalan?

Inibaru.id – Ada sejumlah makam yang dianggap penting di Kabupaten Demak, Jawa Tengah. Sebagai contoh, kompleks Makam Sunan Kalijaga di Kadilangu yang dikunjungi ribuan orang setiap tahunnya. Tapi, selain makam-makam para wali, ada satu makam lain yang cukup nyeleneh lokasinya, yaitu Makam Kiai Singkil.

Lokasinya ada di seberang kantor Bupati Demak. Makamnya juga persis ada di pinggir jalan, tepatnya di sisi trotoar Jalan Kiai Singkil dan di antara pohon peneduh berukuran besar. Karena ada di pinggir jalan pusat pemerintahan Kota Wali, tentu siapa saja bakal ngeh dengan keberadaan makam yang diberi tegel warna biru dan pagar kecil tersebut.

Memangnya, siapa sih Kiai Singkil sampai makamnya ada di posisi yang nggak biasa? Plt Kasi Sejarah dan Cagar Budaya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Demak Ahmad Widodo menerangkan, Kiai Singkil hidup pada saat Kasultanan Demak masih berjaya.

“Sebenarnya ada dua versi cerita tentang makam ini. Versi pertama adalah makamnya memang benar milik Kiai Singkil yang pernah membantu Demak melepaskan diri dari cengkeraman Majapahit. Tapi, ada versi lain yang menyebut makam ini sebenarnya adalah tempat pusaka Syekh Singkil yang ditanam di sana. Apalagi, di sebelahnya kan ada Kali Tuntang yang ditanggul cukup panjang. Konon, pusaka ini bisa mencegah air agar nggak masuk ke dalam keraton,” terangnya sebagaimana dilansir dari Demakkab, (12/8/2020).

Menurut yang dia ketahui pula, Kiai Singkil bukanlah orang asli Demak, melainkan seorang ulama yang berasal dari Aceh. Nah, pada zaman dahulu, di Aceh sudah ada kerajaan Islam sehingga ikut mendukung Demak yang pengin melepaskan diri dari Majapahit.

Posisi Makam yang Tidak Biasa

Ada yang beranggapan, di dalam makam itu bukan jasad manusia melainkan pusaka dari Kia Singkil. (Detik)
Ada yang beranggapan, di dalam makam itu bukan jasad manusia melainkan pusaka dari Kia Singkil. (Detik)

Selain lokasinya yang cukup aneh, adanya anggapan bahwa Makam Kiai Singkil ini nggak berisi jasad manusia, melainkan pusaka dari Kiai Singkil disebabkan oleh posisinya yang nggak biasa. Kebanyakan makam menghadap lurus ke arah utara. Tapi, makam yang satu ini justru diposisikan sejajar dengan Masjid Agung demak yang berjarak kurang lebih 500 meter di sisi selatan.

“Coba saja urutkan sendiri, Masjid Agung Demak menghadap ke mana dan makam tersebut ke mana. Oleh karena itulah, ada kepercayaan kalau di dalam makam ini adalah pusaka,” lanjut Ahmad.

Nah, terkait posisinya yang hanya sendirian tanpa ditemani makam lain, Ahmad menyebut hal ini disebabkan pada zaman dahulu, tokoh masyarakat seperti ulama jika meninggal bakal dimakamkan di sisi tempat tinggalnya. Nah, kabarnya, dulu Kiai Singkil memang berdomisili di pinggir Kali Tuntang.

Meski sudah mendapatkan perhatian dari pemerintah kabupaten (Pemkab) Demak, nyatanya makam tersebut dikeramik dan diberi pagar karena inisiatif dari orang yang peduli. Alasannya, makam tersebut masuk cagar budaya yang harus dilestarikan.

Hm, menarik banget ya kisah Makam Kiai Singkil yang ada di depan Kantor Bupati Demak ini. Kamu pernah melihatnya secara langsung makam ini, Millens? (Arie Widodo/E10)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved