inibaru indonesia logo
Beranda
Tradisinesia
Tahun Naga Kayu: Tahun yang Dipercaya Penuh dengan Peluang
Jumat, 9 Feb 2024 09:02
Penulis:
Siti Khatijah
Siti Khatijah
Bagikan:
(Viva/Muhamad Solihin)

(Viva/Muhamad Solihin)

Tahun 2024 merupakan Tahun Naga Kayu. Dalam tradisi Tionghoa, ini adalah tahun yang dinanti-nanti oleh banyak kalangan, karena dipercaya sebagai kesempatan emas untuk meraih impian dan tujuan hidup.

Inibaru.id - Kita sekarang sudah berada di bulan kedua tahun 2024. Tapi, bagi kaum Konghucu, tahun baru Imlek akan berlangsung besok, tanggal 10 Februari 2024. Dalam zodiak Tiongkok, tahun 2024 merupakan tahun Shio Naga Kayu atau Wood Dragon dan akan berakhir pada 25 Januari 2025.

Seperti yang kita tahu, zodiak Tiongkok memiliki 12 hewan yang masing-masing berafiliasi dengan satu unsur seperti logam, kayu, air, api, dan tanah. Setelah 12 tahun, seekor hewan akan muncul dan menggeser unsur afiliasi.

Masyarakat Tionghoa percaya Tahun Naga Kayu sebagai awal yang baru bagi kesuksesan. FYI, Naga Kayu hanya muncul sekali setiap 60 tahun. Itulah yang menjadikannya makhluk langka dan menakjubkan.

Pada zaman dahulu, masyarakat Tiongkok percaya bahwa naga sangat cocok menjadi pemimpin dunia dengan karakter yang dominan dan ambisius. Naga juga sangat percaya diri dan nggak takut tantangan, serta bersedia mengambil risiko. Nggak heran naga menjadi lambang kesuksesan dan kehormatan dalam budaya Tionghoa.

Sementara, kayu melambangkan vitalitas dan kreativitas. Dalam konteks filosofi, kayu merepresentasikan siklus pertumbuhan dan pengembangan.

Nggak hanya itu, unsur kayu melambangkan kelenturan dan kepedulian terhadap benda-benda di alam. Mirip dengan pohon yang tumbuh menjulang ke langit, kayu mewakili gagasan untuk menjadi lebih besar dan menyesuaikan diri dengan situasi baru.

Cuaca Menjelang Imlek

(Shutterstock/Rimma Bondarenko)
(Shutterstock/Rimma Bondarenko)

Sudah banyak yang tahu bahwa hujan di kala Tahun Baru Imlek dipercaya akan membawa berkah oleh kaum Tionghoa. Tapi yang terjadi di tahun ini, curah hujan lebih tinggi dari biasanya menjelang Imlek. Nah, sebagian orang melihat fenomena ini sebagai pertanda baik, mengingat naga juga dikenal sebagai penjaga gudang kekayaan dan air.

"Naga ini juga melambangkan gudang. Dia bisa disebut gudang uang atau gudang air. Makanya kalau diperhatikan, menjelang Imlek ini, curah hujan lebih tinggi dibandingkan biasa," kata pakar fengshui Expert Lely Vy, dikutip dari Antara (7/2/2024).

Dengan curah hujan yang melimpah, gudang kekayaan diharapkan dapat terbuka luas, dan peluang-peluang baru akan mengalir bersamaan dengan datangnya Tahun Naga Kayu.

Oleh karena itu, buat kamu sudah menantikan datangnya Tahun Naga Kayu ini, Lely menyarankan agar selalu membuka hati dan pikiran agar dapat menerima kesempatan-kesempatan yang mengalir deras seperti air hujan.

Mari kita sambut hari-hari di Tahun Naga Kayu ini dengan positif, terus memperbaiki diri, membuka pikiran, menerima tiap peluang, dan jangan lupa bersyukur ya, Millens! (Siti Khatijah/E07)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved