inibaru indonesia logo
Beranda
Tradisinesia
Rumah Kanjeng Ratu Kidul, Soko Domas Bale Kencono
Sabtu, 20 Mei 2023 08:00
Penulis:
Kharisma Ghana Tawakal
Kharisma Ghana Tawakal
Bagikan:
Visualisasi Kanjeng Ratu Kidul yang memegang peranan penting bagi kehidupan tak kasat mata di Pantai Selatan Jawa. (Kr Jogja)

Visualisasi Kanjeng Ratu Kidul yang memegang peranan penting bagi kehidupan tak kasat mata di Pantai Selatan Jawa. (Kr Jogja)

Siapa yang nggak kenal dengan Kanjeng Ratu Kidul? Pemegang kekuasaan atas Pantai Selatan Jawa ini memiliki rumah bernama Soko Domas Bale Kencono.

Inibaru.id - Kanjeng Ratu Kidul bagi masyarakat Jawa adalah sebuah nama yang sudah nggak asing lagi. Bagaimana tidak, pelbagai cerita mistis yang ada kaitannya dengan Pantai Selatan Jawa selalu dihubungkan dengan Kanjeng Ratu Kidul.

Menurut Kagama (23/09/20) Kanjeng Ratu Kidul semasa muda bernama Dewi Ratna Suwida. Dia merupakan putri dari Prabu Mundingsari, Raja Pajajaran yang menikahi Dewi Dewi Sarwedi.

Sejak dahulu, Dewi Ratna Suwida sudah terkendal sebagai putri keraton yang sakti mandraguna. Selain memiliki kesaktian, Dewi Ratna Suwida kondang dengan parasnya yang ayu.

Suatu ketika, pihak kerajaan hendak menikahkan Dewi Ratna dengan cara membuka sayembara. Banyak pangeran dari kerajaan-kerajaan lain mencoba mendaftar dengan maksud hati ingin melamar. Sayangnya, semua ditolak halus oleh Dewi Ratna dengan alasan dia menderita penyakit yang parah dan nggak ingin membuat mereka yang melamar kecewa di kemudian hari.

Neneknya yang bernama Sang Hyang Surandi kemudian meminta Dewi Ratna untuk berendam di Telaga Ratu. Sang Hyang Surandi merupakan penguasa yang memiliki kekuasaan atas makhluk halus di Kerajaan Sigaluh.

Nah dari situ, Kerajaan Sigaluh dengan ibu kota keraton yang bernama Soko Domas Bale Kencono dipindah oleh Sang Hyang Surandi ke dasar laut dengan maksud untuk diwariskan ke sang cucu, Dewi Ratna. Di sana, Dewi Ratna atau Kanjeng Ratu Kidul dibantu oleh prajurit bernama Nyi Roro Kidul.

Di keratonnya yang baru, Kanjeng Ratu Kidul memiliki tugas menjaga Laut Selatan supaya tanah Jawa subur, makmur, dan berkecukupan.

Rumah Kanjeng Ratu Kidul

Pantai Indrayanti di Gunung Kidul, Yogyakarta atau pantai selatan Jawa konon menjadi rumah atau keraton bagi Kanjeng Ratu Kidul. (Instagram @pantaiindrayanti)
Pantai Indrayanti di Gunung Kidul, Yogyakarta atau pantai selatan Jawa konon menjadi rumah atau keraton bagi Kanjeng Ratu Kidul. (Instagram @pantaiindrayanti)

Dituliskan dalam Babad Tanah Jawi bahwa setelah Sutawijaya, sang pendiri Kerajaan Mataram Islam mendapatkan wahyu dari keraton, dia kemudian pergi menuju laut selatan. Di sana, Sutawijaya bersemedi dan membuat lautan berguncang dengan hebat.

Kanjeng Ratu Kidul yang merasa bahwa ada sesuatu aneh terjadi, kemudian keluar dari istananya, Soko Domas Bale Kencono. Dia menemui Sutawijaya dan menanyakan perbuatan apa yang dia lakukan hingga laut selatan berguncang sangat hebat.

Setelah berdialog cukup panjang, Kanjeng Ratu Kidul kembali ke istananya diikuti oleh Sutawijaya. Di situ, Sutawijaya kagum melihat di dalam laut terdapat istana yang sangat indah.

Begitulah sekilas tentang istana Kanjeng Ratu Kidul, Soko Domas Bale Kencono. Sebagai orang Jawa, apalagi yang suka traveling ke pantai selatan Jawa, nggak ada ruginya kamu tahu soal ini kan, Millens?(Kharisma Ghana Tawakal/E10)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved