inibaru indonesia logo
Beranda
Tradisinesia
Misteri Candi Angin Jepara yang Belum Terpecahkan Hingga Sekarang
Rabu, 20 Sep 2023 09:28
Penulis:
Arie Widodo
Arie Widodo
Bagikan:
Candi Angin yang misterius di Jepara. (Sasadaramk)

Candi Angin yang misterius di Jepara. (Sasadaramk)

Di Jepara, ada sebuah candi di ketinggian 1.200 mdpl yang menyimpan sejumlah misteri hingga sekarang. Nama candi tersebut adalah Candi Angin.

Inibaru.id – Kamu tahu nggak kalau di Jepara ada candi namanya Candi Angin? Berlokasi di Desa Tempur, Kecamatan Keling, candi ini memang kurang populer karena letaknya yang ada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut (mdpl) sekaligus cukup jauh dari keramaian. Dari pusat kota Jepara saja, jaraknya sekitar 54 kilometer, Millens.

Candi ini masih menyimpan misteri yang belum terkuak hingga sekarang. Misteri tersebut adalah belum diketahui kapan candi ini dibangun. Belum jelas pula siapa orang yang membangunnya atau pemimpin yang memerintahkan pembangunannya.

Meski begitu, ada dugaan bahwa Candi Angin adalah salah satu peninggalan dari Kerajaan Kalingga. Soalnya, hanya sekitar 500 meter dari candi tersebut, ada Candi Bubrah yang disebut-sebut sebagai peninggalan Kerajaan Kalingga.

Terdapat sebuah mitos yang dipercaya masyarakat terkait dengan kedua candi tersebut. Konon, yang membangun adalah Resi Wigoyotoso. Ceritanya, pada zaman dahulu, Resi Wigoyotoso datang ke Desa Tempur untuk membangun candi. Ajaibnya, batu-batu andesit yang dipakai untuk membangun candi datang sendiri ke lokasi dan membentuk sendiri bangunan kedua candi tersebut.

Candi Angin diperkirakan peninggalan Kerajaan Kalingga. Tapi, hal tersebut belum dipastikan. (Sasadaramk)
Candi Angin diperkirakan peninggalan Kerajaan Kalingga. Tapi, hal tersebut belum dipastikan. (Sasadaramk)

“Jika dilihat dari bentuk dan bahan yang digunakan, ada kemungkinan candi-candi ini dibuat sebelum Candi Borobudur. Terkait dengan untuk apa pembangunan candi ini, sayangnya masih diteliti,” terang Kasi Budaya dan Pendidikan Luar Sekolah P&K Jepara Wendar Arinugroho sebagaimana dilansir dari TICjepara.

O ya, terkait dengan penamaan Candi Angin, hal ini disebabkan oleh bentuk bangunannya yang masih kokoh walau diterpa angin pegunungan yang dikenal cukup kencang. Selain itu, ada sejumlah ahli supranatural yang meyakini bahwa pada bagian bawah candi ini ada pusaran angin tersembunyi. Candi ini juga diperkirakan berfungsi sebagai tempat pemujaan Dewa Angin pada zaman dahulu.

Misteri lain yang belum terkuak terkait dengan candi ini adalah adanya dugaan bahwa masih banyak bagian candi yang belum tersingkap akibat terpendam di bawah tanah. Diduga, ada sumur batu di dalam punden berundak yang masih terpendam. Air pada sumur itu disebut-sebut nggak akan kering meski kemarau panjang datang.

Hm, jadi penasaran ya seperti apa sih Candi Angin yang misterius ini. Kalau kamu kebetulan sedang ada di Jepara, nggak ada salahnya lo mengunjunginya agar tahu seperti apa sih candi ini. (Arie Widodo/E10)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved