inibaru indonesia logo
Beranda
Tradisinesia
Legenda Minyak Bintang; Ilmu Magis untuk Menghidupkan Orang Mati
Jumat, 7 Apr 2023 13:46
Penulis:
Siti Zumrokhatun
Siti Zumrokhatun
Bagikan:
Ida Dayak melakukan pengobatan dengan minyak bintang. (

Ida Dayak melakukan pengobatan dengan minyak bintang. (

Konon, minyak bintang merupakan sebuah ajian yang nggak sembarang bisa dimiliki. Pemiliknya bisa hidup kembali setelah bintang-bintang bermunculan di langit.

Inibaru.id - Ida Dayak menjadi viral karena mengobati pasien dengan menggunakan minyak bintang khas Dayak. Menurut Kemendikbud, minyak bintang adalah ilmu magis yang berkembang di masyarakat Dayak Benuaq dan Dayak Tunjung di Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur.

Ilmu ini pada masa lalu dipelajari untuk bertahan hidup dan menyerang musuh pada masa perang antarsuku. Untuk memperoleh ilmu ini, seseorang harus membeli dengan harga lima hingga sepuluh antang yang saat itu sangat mahal sehingga tidak banyak orang yang memilikinya.

Keistimewaan dari ilmu minyak bintang ini adalah dapat menghidupkan kembali pemiliknya yang mati terbunuh saat bintang-bintang di langit sudah tampak.

Ilmu minyak bintang hanya bermanfaat bagi pemilik ilmu dan nggak bisa menolong orang lain. Fungsi sosial dari ilmu ini pada masa itu adalah untuk penambah semangat dalam membela suku masing-masing ketika perang suku.

Asal kamu tahu, ada tiga golongan minyak bintang, di mana golongan tiga digunakan untuk luka-luka, golongan dua untuk ajian kekebalan, dan golongan satu disebut minyak super karena dapat menghidupkan orang mati.

Bahan Minyak Bintang

Minyak bintang dibuat dari bahan alami. (via Tribun)
Minyak bintang dibuat dari bahan alami. (via Tribun)

Minyak bintang asli Dayak terbuat dari beberapa bahan alami, di antaranya adalah minyak kelapa yang sudah difermentasi, serbuk kayu yang disebut "bintang" atau "kayu bintang", serta beberapa tanaman obat khas Dayak lainnya yang diolah secara tradisional.

Kombinasi bahan-bahan tersebut dianggap memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit, serta memberikan perlindungan dan kekuatan pada pemiliknya. Ingat, ini cuma untuk pemiliknya ya, bukan orang lain.

Cara Pemakaian

Cara pemakaian minyak bintang adalah dengan meminum beberapa tetes pada malam hari dan diyakini dapat bertahan seumur hidup. Namun, minyak bintang nggak akan berguna jika pemilik ilmu terbunuh dengan organ tubuh yang dipotong-potong terpisah dan dikuburkan saling berjauhan.

Meskipun Ida Dayak mengaku dapat menyembuhkan patah tulang, strok, dan beberapa penyakit lainnya dengan minyak bintang, menurut Kemendikbud, minyak bintang hanya dapat menolong sang pemilik ilmu dan nggak bisa menolong orang lain.

Di luar kehebohan yang terjadi dalam pengobatan Ida Dayak dengan minyak bintangnya, minyak ini merupakan warisan asli Suku Dayak yang harus dilestarikan. Setuju, Millens? (Siti Zumrokhatun/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved