BerandaTradisinesia
Senin, 12 Des 2022 14:59

5 Penguasa Laut Selatan Dalam Mitologi Jawa

5 Penguasa Laut Selatan Dalam Mitologi Jawa

Ilustrasi: Penguasa Laut Selatan. (Kompasiana/Mbah Ukik)

Dalam mitologi Jawa, Kanjeng Ratu Kidul dikenal sebagai penguasa Laut Selatan. Tapi, kamu tahu nggak kalau ternyata dia bukanlah satu-satunya penguasa wilayah tersebut? Berikut adalah 5 tokoh yang diyakini menjadi penguasa Laut Selatan.

Inibaru.id – Siapa yang pernah mendengar mitos nggak boleh menggunakan pakaian berwarna hijau saat berkunjung ke Laut Selatan? Konon, orang-orang yang mengenakan pakaian hijau bakal hilang karena diambil dan dijadikan pelayan atau pasukan Ratu Kidul, Millens.

Ratu Kidul merupakan tokoh mitologi populer di masyarakat pulau Jawa dan Bali. Karena diyakini menjadi penguasa Laut Selatan, dia pun dipercaya bisa mengendalikan ombak atau bahkan arus laut di sana.

Meski begitu, ternyata Ratu Kidul bukanlah satu-satunya penguasa Laut Selatan. Berdasarkan Urban Jabar (12/12/2022), setidaknya ada lima penguasa Laut Selatan dalam Mitologi Jawa. Siapa saja mereka?

Ni Mas Ratu Anginangin

Ilustrasi: Ni Mas Ratu Anginangin. (Juxutrieut.blogspot.com)
Ilustrasi: Ni Mas Ratu Anginangin. (Juxutrieut.blogspot.com)

Dilansir dari Boombastis (12/12), dalam Serat Darmogandul dan Serat Centini, diceritakan tentang penguasa Laut Selatan sekaligus penguasa mahluk halus yang ada di lautan dan daratan Pulau Jawa. Namanya adalah Ni Mas Ratu Anginangin.

Konon, Ni Mas Ratu Anginangin hidup sejak abad ke-tujuh dan merupakan ibunda dari Nyi Blorong.

Ratu Pagedongan

Ilustrasi: Ratu Pagedongan. (Paksakijo.blogspot.com)
Ilustrasi: Ratu Pagedongan. (Paksakijo.blogspot.com)

Ratu Pagedongan adalah putri Raden Panji, Raja Jenggala. Awalnya dia dikenal dengan nama Ratu Hayu. Namun, kakeknya, yaitu Eyang Sindhula kemudian memberikannya nama Ratu Pagedongan yang berarti harapan agar menjadi wanita tercantik di seluruh alam.

Setelah dewasa, Ratu Pagedongan meminta kepada kakeknya agar kecantikannya abadi. Nah, agar hal tersebut terwujud, Ratu Pagedongan harus rela mengubah wujud menjadi lelembut. Ternyata, dia benar-benar melakukannya.

Setelah menjadi lelembut, Raden Panji menyerahkan laut selatan untuk dikuasai putrinya sampai Ratu Pagedongan nantinya bertemu dengan Wong Agung yang memerintah Jawa.

Kanjeng Ratu Kidul

Ilustrasi: Kanjeng Ratu Kidul. (Indonesia.go.id)
Ilustrasi: Kanjeng Ratu Kidul. (Indonesia.go.id)

Kanjeng Ratu Kidul merupakan tokoh legenda populer di Jawa yang dikenal sebagai penguasa Laut Selatan. Konon, Kanjeng Ratu Kidul merupakan ciptaan dari Dewa Kaping Telu. Ia mengisi alam kehidupan sebagai Dewi Padi (Dewi Sri) dan dewi-dewi alam yang lain.

Menurut cerita yang berkembang di masyarakat, ia merupakan pasangan spiritual para sultan dari Mataram dan Yogyakara. Cerita ini dimulai dari masa Panembahan Senapati hingga sekarang.

Nggak hanya itu, konon, ia juga menjadi istri spiritual Susuhunan Surakarta. Oleh karena itulah, Keraton Surakarta punya sebutan khusus untuknya, yaitu Kanjeng Ratu Ayu Kencono Sari.

Nyi Roro Kidul

Ilustrasi: Nyi Roro Kidul. (Liputan6)
Ilustrasi: Nyi Roro Kidul. (Liputan6)

Selama ini banyak orang beranggapan bahwa Nyi Roro Kidul merupakan satu-satunya penguasa Pantai Selatan. Bahkan, Masyarakat cenderung menyamakan Nyi Roro Kidul dengan Kanjeng Ratu Kidul. Padahal, pemahaman tersebut ternyata nggak sepenuhnya betul.

“Kalau selama ini kan dikenalnya Nyi Roro Kidul ya sebagai penguasa. Sebenarnya, ada empat utama di sini. Yang pertama Gusti Kanjeng Ratu Kencono sari atau beliau lebih dikenal dengan Kanjeng Ibu Ratu Kidul. Beliau ini ratu, Ratu Pantai Selatan,” kata Om Hao di kanal Youtube Kisah Tanah Jawa sebagaimana dikutip dari Suara Jogja, Senin (12/12/2022).

“Nah, beliau memiliki seorang pepatih luar, atau seperti menteri luar negeri, yaitu Nyai Roro Kidul. Ini beliau yang paling kita kenal, ” sambung Om Hao.

Lara Kidul Dewi Nawangwulan

Ilustrasi: Dewi Nawangwulan. (Wikipedia/Gunawan Kartapranata)
Ilustrasi: Dewi Nawangwulan. (Wikipedia/Gunawan Kartapranata)

Lara Kidul Dewi Nawangwulan adalah ratu sebuah kerajaan kecil pada masa Majapahit. Suaminya adalah Jaka Tarub. Yap, ini adalah Dewi Nawangwulan yang sama dengan cerita salah seorang dari tujuh bidadari yang mandi di telaga dan kehilangan selendangnya.

Gara-gara hal ini, dia nggak bisa lagi terbang ke khayangan hingga akhirnya menjadi pasangan dari Jaka Tarub, Millens.

Di Laut Selatan, Dewi Nawangwulan berperang dengan Nyi Roro Kidul dan memperoleh kemenangan. Sejak saat itu pula, ia menguasai Laut Selatan.

Kalau di tempat tinggalmu, siapa nih tokoh yang dipercaya menguasai Laut Selatan, Millens. (Fatkha Karinda Putri/E07)

Tags:

Inibaru Indonesia Logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Sosial Media
A Group Member of:
medcom.idmetro tv newsmedia indonesialampost

Copyright © 2023 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved