inibaru indonesia logo
Beranda
Pasar Kreatif
Nisekai Festival Semarang; Seru-seruan dengan Lomba Cosplay dan Lagu Anime
Selasa, 31 Jan 2023 11:15
Penulis:
Rizki Arganingsih
Rizki Arganingsih
Bagikan:
Para pengunjung Nisekai 1st Festival berswafoto dengan karakter Blue Lock bernomor punggung 7 yang menjadi idola mereka. (Inibaru.id/ Rizki Arganingsih)

Para pengunjung Nisekai 1st Festival berswafoto dengan karakter Blue Lock bernomor punggung 7 yang menjadi idola mereka. (Inibaru.id/ Rizki Arganingsih)

Vakum setelah pandemi, Nisekai Festival menjadi event jejepangan perdana di Semarang yang menampilkan lomba cosplay dan cover lagu anime. Seberapa seru acara ini?

Inibaru.id - Jalan Menteri Supeno I Mugassari Semarang yang berlokasi tepat di belakang Polda Jawa Tengah telah macet sejak Minggu (29/1/2023) pagi. Jalan itu kian padat menjelang pukul 10.00 WIB, terutama di depan Gedung Graha Oryza Sativa, tempat berlangsungnya Nisekai 1st Festival, event wibu pertama yang saya sambangi tahun ini.

Oya, untuk yang belum tahu, "wibu" adalah sebutan bagi orang di luar Jepang yang sangat menyukai budaya populer di Negeri Sakura. Sebutan ini kali pertama muncul di laman 4chan untuk menggantikan kata "wapanese" yang sudah diblokir oleh forum tersebut.

Setelah dua tahun nggak ada event jejepangan di Semarang karena pandemi, tampaknya banyak wibu begitu bersemangat untuk datang ke Nisekai 1st Festival; pastinya termasuk saya! Ha-ha. Untuk ikut dalam event ini, saya yang nggak punya tiket presale harus beli on the spot (OTS) seharga Rp25 ribu.

Jauh dari dugaan, festival perdana hasil kerja sama Tengoku Entertainment dengan Nakama Organizer ini ternyata begitu ramai pengunjung. Hal serupa juga diungkapkan Yusuf Firmansyah, ketua panitia yang sempat saya temui di sela-sela kesibukannya menyiapkan acara.

“Kaget, sih, lihat pengunjung dan peserta lomba seantusias ini,” terang Yusuf sembari sibuk mondar-mandir. "Sempat pesimistis pas buka tiket presale. Eh, ternyata lebih banyak yang beli tiket OTS; benar-benar di luar perkiraan!"

Serangkaian Lomba

Cosplayer berpose dalam coswalk competition di atas catwalk. (Inibaru.id/ Rizki Arganingsih)
Cosplayer berpose dalam coswalk competition di atas catwalk. (Inibaru.id/ Rizki Arganingsih)

Pukul 10.00 WIB, gerbang resmi dibuka. Ratusan orang tampak memasuki venue yang dipusatkan di area indoor gedung kepunyaan Bulog tersebut. Para peserta lomba siap dengan kostum dan properti andalan mereka, sedangkan pengunjung terlihat nggak kalah bersemangat dengan kamera di tangan.

Beberapa karakter cosplay yang saya tahu adalah dari anime One Piece, Spy x Family, Blue Lock, dan Jujutsu Kaisen. Selain itu, ada juga karakter gim Granblue Fantasy dan Genshin Impact. Sebagian besar cosplayer ini adalah para peserta Lomba Coswalk.

Yusuf mengungkapkan, Coswalk adalah salah satu lomba yang paling disambut antusias dalam rangkaian Nisekai 1st Festival. Memadukan antara cosplay dengan catwalk, para cosplayer nantinya akan melakukan fashion show di atas panggung.

"Sebelum fashion show, cosplayer boleh foto-foto dulu sama pengunjung. Ada spot fotonya," kata Yusuf.

Selain Coswalk, dia melanjutkan, gelaran festival yang telah dikonsep sejak awal Desember ini juga dimeriahkan oleh lomba band dengan meng-cover lagu-lagu soundtrack anime Jepang. Band yang tampil di festival ini adalah para finalis yang sebelumnya telah melalui tahap seleksi secara daring.

"Untuk memeriahkan acara, kami juga mengundang beberapa guest star seperti Giga of Spirit, Crossroad, Equivalent, dan Kemono Furenzu," terangnya.

Wadah untuk Berekspresi

Para pengunjung asyik menyaksikan penampilan grup band yang tengah tampil. (Inibaru.id/ Rizki Arganingsih)
Para pengunjung asyik menyaksikan penampilan grup band yang tengah tampil. (Inibaru.id/ Rizki Arganingsih)

Yusuf mengatakan, Nisekai Festival, yang secara harfiah berarti "festival dunia lain yang baru", sengaja digelar untuk para pencinta jejepangan di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Dia berharap, festival ini bisa menjadi event rutin yang bisa menjadi wadah bertemu dan berekspresi bagi mereka.

Seperti Yusuf, saya juga berharap event jejepangan seperti ini lebih sering digelar di Semarang. Benar-benar menarik, karena selain bisa bisa wefie dengan para cosplayer dan sing a long lagu anime, kamu juga bisa kulineran di food bazarnya atau beli pernak-pernik anime di stand merchandise-nya, lo!

Valeisya Octawiyanda adalah salah seorang pengunjung yang tampak begitu antusias di stand merchandise. Saat saya ajak ngobrol, dia mengaku habis memborong pernak-pernik dari beberapa stand.

“Iya, tadi aku beli gantungan kunci karakter Hu tao sama Raiden buat adikku,” terang Vale, sapaan akrabnya, yang mengaku datang bersama teman-temannya “Harga merchandise-nya nggak terlalu mahal buat para pencinta anime."

Senada dengan Vale, Dina Febrianita juga membeli beberapa merchandise berupa gantungan kunci dan stiker untuk dibawa pulang. Sengaja datang jauh-jauh dari Purwodadi, Dina mengaku senang punya kesempatan untuk datang di event ini.

Happy banget pastinya, bisa ketemu orang-orang baru, apalagi sama yang cosplay husbu (karakter anime cowok yang disukai penggemar cewek) Kamisato Ayato (Genshin Impact) sama Uzui Tengen (Demon Slayer),” terangnya sembari memilin rambut sebahunya yang dibiarkan tergerai.

Sama dengan Vale dan Dina, saya juga senang bisa datang di acara ini, terutama setelah Yusuf bilang bahwa bakal ada event kedua yang digelar tahun ini juga. Wah, kali ini harus beli tiket presale-nya! Ha-ha. (Rizki Arganingsih/E03)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved