Lensa Kreatif 2022, Stimulus untuk Sineas dan Fotografer Indonesia

Lensa Kreatif 2022, Stimulus untuk Sineas dan Fotografer Indonesia
Ilustrasi: Stimulus akan diberikan oleh Kemenparekraf kepada pelaku kreatif di bidang film dan fotorafi. Kesempatan ini dibuka pada 10-24 Agustus 2022. (B&H)

Bertajuk Lensa Kreatif 2022, Kemenparekraf mencoba memberikan stimulus untuk sineas dan fotografer. Gimana caranya?

Inibaru.id - Kamu anak muda yang lagi gencar membuat film pendek atau foto-foto estetik, Millens? Jangan lewatkan kesempatan baik yang diberikan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) ini, ya!

Kesempatan apa sih? Ya, ada program bikinan Kemenparekraf bernama Lensa Kreatif 2022 yang bakal memberi stimulus untukmu para pelaku ekonomi kreatif (ekraf) subsektor film dan fotografi di seluruh Indonesia. Pendaftaran program ini dibuka dari 10 hingga 24 Agustus 2022.

Menteri Parekraf Sandiaga Uno mengatakan, Program Lensa Kreatif 2022 adalah bentuk bantuan pemerintah untuk mendorong serta mendukung pengembangan pelaku ekonomi kreatif di subsektor film dan fotografi. Tujuannya, agar mereka semakin aktif dan kreatif dalam berproduksi.

"Produksi berupa karya film dan fotografi itu berkaitan dengan kekayaan alam, budaya, tradisi, hingga produk lokal Indonesia," terang Sandiaga Uno, Kamis (11/8/2022).

Para Penerima Bantuan

Ilustrasi: Penerima stimulus Lensa Kreatif 2022 rencananya adalah 186 sineas dan 292 fotografer perorangan atau kelompok. (Pixabay/Kiên Trịnh)
Ilustrasi: Penerima stimulus Lensa Kreatif 2022 rencananya adalah 186 sineas dan 292 fotografer perorangan atau kelompok. (Pixabay/Kiên Trịnh)

Penerima bantuan dari program ini ditargetkan sebanyak 478 pelaku ekraf yang terdiri atas 186 orang atau kelompok masyarakat perfilman dan 292 orang atau kelompok masyarakat fotografi, dengan nominal bantuan masing-masing Rp 50 juta serta Rp 20 juta per penerima bantuan.

"Program ini dirancang untuk menyuarakan dan mempromosikan daya tarik destinasi wisata maupun produk ekonomi kreatif di Indonesia melalui karya film maupun fotografi yang unik dan menarik," janji Sandiaga.

Dukungan dalam bentuk dana ini penting banget untuk pelaku kreatif yang pengin meningkatkan skill dan karya. Ini pula yang menjadi harapan Kemenparekraf. Dengan adanya peningkatan karya film dan fotografi, Sandiaga berharap bakal meningkat pula minat untuk berkunjung ke Indonesia.

"Dengan demikian, pemulihan ekonomi nasional dapat kita wujudkan," harap Sandiaga.

Nah, mari kita sambut baik kesempatan ini! Kamu yang pengin berpartisipasi dalam program Lensa Kreatif 2022 bisa mengirimkan proposal film dan karya fotografi. Rencana film atau fotografi itu yang sudah siap produksi atau dalam tahap penyelesaian produksi, ya!

Tema yang mesti kamu angkat agar masuk dalam pogram ini adalah “Destinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Lokal”. Selamat mencoba! (Medcom/IB20/E03)