Bukan Aglonema, Inilah 5 Tanaman Hias yang Mendatangkan Hoki Menurut Primbon Jawa

Bukan Aglonema, Inilah 5 Tanaman Hias yang Mendatangkan Hoki Menurut Primbon Jawa
Kuping gajah dipercaya bisa membawa keberuntungan dan mendatangkan rezeki. (Greenhousegrower/The Sill)

Sebagian orang memburu aglonema karena dianggap mendatangkan rezeki. Namun, rupanya tanaman yang mendatangkan hoki menurut primbon Jawa bukanlah aglonema, tapi ke-5 tanaman berikut ini!

Inibaru-id – Belakangan, popularitas tanaman aglonema kian meroket. Seiring dengan ini, tanaman hias yang di Indonesia disebut sebagai sri rejeki itu juga dibanderol semakin tinggi. Nggak hanya karena keindahannya, tanaman berdaun warna-warni tersebut juga diburu karena konon bikin hoki.

Perlu kamu tahu, aglonema kali pertama dibudidayakan di Tiongkok, sehingga dikenal juga sebagai chinese evergreen. Entah siapa yang memulai, tapi tumbuhan itu mulai diburu masyarakat karena diyakini bisa menjadi sumber rezeki kalau mereka menanamnya di rumah.

Namun, rupanya masyarakat Jawa punya pandangan tersendiri terkait tanaman-tanaman yang bisa mendatangkan hoki, yang bahkan nggak melibatkan aglonema di dalamnya. Inilah lima tanaman pembawa hoki yang tertulis dalam primbon Jawa.

Tanaman Sumber Hoki di Primbon Jawa

1. Bunga Matahari

Bunga matahari. (Flickr/Nomadic Lana)
Bunga matahari. (Flickr/Nomadic Lana)

Bunga matahari dikenal sangat indah, terlebih saat bunga berwarna kuning yang berukuran besar ini mekar. Selain itu, bunga matahari memiliki keunikan berupa kemampuannya mengikuti arah sinar matahari.

Nah, menurut kepercayaan masyarakat Jawa, bunga matahari yang ditanam di depan rumah konon bisa memberikan hoki bagi pemilik rumah. Mengingat tanaman ini cukup mudah ditanam dan perawatannya nggak begitu sulit, nggak ada salahnya menanamnya, kan?

2. Kuping Gajah

Kuping gajah. (Twitter/raiyanim)
Kuping gajah. (Twitter/raiyanim)

Nama tanaman ini memang berasal dari kemiripannya dengan bentuk telinga gajah. Laiknya aglonema, daya tarik utama tanaman ini memang terletak di daun, bukan bunganya. Kalau soal harga, tanaman yang masuk jenis anturium ini jelas lebih murah dari aglonema yang kadung meroket.

Laiknya bunga matahari, kuping gajah juga dipercaya bisa membawa hoki, apalagi jika kamu menanamnya di depan rumah. Semakin subur tanamannya, semakin banyak keberuntungan yang bakal dirasakan.

3. Pandan Wangi

Pandan wangi. (Flickr/Mufid Ali)
Pandan wangi. (Flickr/Mufid Ali)

Semua orang pasti suka aroma dan rasa pandan. Nggak hanya di makanan, kamu juga bisa merasakan aroma wangi pandan kalau menanamnya di dekat rumah.

Nah, khusus ditanam di depan rumah, kabarnya tanaman ini pun bisa membawa rezeki, apalagi jika kamu juga memelihara ayam, yang diyakini bakal membuat ayam piaraanmu itu lebih sering bertelur.

4. Bunga Sedap Malam

Bunga sedap malam. (Wikipedia-Flickr/Eka Priatna)
Bunga sedap malam. (Wikipedia-Flickr/Eka Priatna)

Banyak orang yang masih mengaitkan bunga sedap malam dengan hal-hal mistis. Aromanya juga sering dianggap menakutkan. Padahal, bunga sedap malam diyakini orang Jawa bisa mendatangkan pelbagi keuntungan, lo.

Sebagian orang Jawa percaya bunga sedap malam bisa membawa ketentraman dalam keluarga sekaligus membuat rezeki semakin lancar.

5. Mawar

Bunga mawar. (Flickr/Husni Adil Makmur)
Bunga mawar. (Flickr/Husni Adil Makmur)

Bunga mawar dikenal indah meskipun tanamannya berduri tajam. Kalau ditanam di depan rumah, perdu berbunga cantik ini juga diyakini bisa membawa keberuntungan bagi pemiliknya.

Nah, sudah tahu kan 5 tahaman tanaman hias yang datangkan hoki menurut primbon Jawa? Kamu punya tanaman-tanaman yang dipercaya bisa membawa keberuntungan ini nggak, Millens? (Pik/IB09/E03)