inibaru indonesia logo
Beranda
Kulinary
Truffle, Makanan Kaum Jetset yang Sarat Manfaat
Minggu, 16 Apr 2023 06:55
Bagikan:
Truffle, jamur langka berharga puluhan juta rupiah. (Pixabay/Mrdidg via Kompas)

Truffle, jamur langka berharga puluhan juta rupiah. (Pixabay/Mrdidg via Kompas)

Kamu mungkin pernah mendengar mengenai jamur truffle. Jamur ini memang bisa menaikkan status sosial pemiliknya karena sifat langkanya. Tapi, siapa sangka jamur ini juga kaya manfaat yang luar biasa.

Inibaru.id - Jamur truffle diklaim sebagai jamur termahal di dunia dengan harga puluhan juta rupiah per kilogram. Tumbuh pada akar-akar pohon di bawah tanah, terdapat ratusan jenis truffle di seluruh dunia, tapi hanya 10 spesies yang dapat dikonsumsi, seperti truffle hitam, truffle putih, dan truffle musim panas.

Rupanya, mahalnya harga truffle berbanding lurus dengan manfaatnya bagi kesehatan. Jamur truffle mengandung sejumlah nutrisi seperti protein, serat, vitamin, mineral, dan sedikit kalori, serta kaya akan zat antioksidan yang mampu melawan radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh.

Lalu apa manfaat jamur sultan ini?

Jamur truffle memiliki sejumlah manfaat dan khasiat untuk kesehatan. Kalau kamu punya kesempatan untuk mencicipinya, jangan disia-siakan deh.

1. Mencegah Sel Kanker

Senyawa antioksidan dan antiinflamasi pada jamur truffle cukup ampuh untuk mencegah sel kanker tumbuh. Antioksidan ini yang menjadi tameng tubuh dari radikal bebas.

2. Bersifat Anti-Bakteri

Beberapa jenis truffle dapat menghambat pertumbuhan bakteri jahat seperti Staphylococcus aureus hingga 66 persen, yang dapat menyebabkan berbagai penyakit. Dalam penelitian lain, ekstrak truffle dapat menurunkan pertumbuhan Pseudomonas aeruginosa yang sangat resisten terhadap antibiotik.

3. Meredakan Peradangan

Truffle putih dan hitam dapat mengurangi peradangan. (Flickr/Muhamad Shirani via Kumparan)
Truffle putih dan hitam dapat mengurangi peradangan. (Flickr/Muhamad Shirani via Kumparan)

Truffle dapat meredakan peradangan, terutama truffle hitam dan putih yang dapat menghalangi aktivitas enzim tertentu penyebab proses inflamasi. Manfaat ini didapat dari hasil beberapa penelitian lo.

4. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kandungan nutrisi seperti sterol dan beta-glukan dapat meningkatkan kesehatan jantung. Sterol berfungsi mengeluarkan lemak dari dalam tubuh. Lemak inilah yang kerap bikin jantung nggak sehat.

5. Memenuhi Kebutuhan Nutrisi

Jamur truffle mengandung berbagai nutrisi seperti karbohidrat, serat, sumber protein lengkap, asam lemak jenuh dan tak jenuh, vitamin C, fosfor, natrium, kalsium, magnesium, mangan, dan zat besi yang dibutuhkan tubuh.

Meski memiliki banyak manfaat, pastikan untuk nggak mengonsumsi jamur truffle secara berlebihan. Beberapa efek samping jika terlalu banyak makan truffle adalah gangguan pencernaa, alergi, keracunan, dan mengalami kenaikan berat badan. (Siti Zumrokhatun/E10)

Artikel ini telah terbit di Medcom dengan judul Dijuluki Makanan ‘Sultan’, Ini 5 Manfaat Jamur Truffle Bagi Kesehatan.

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved