Berkenalan dengan Matsutake, Jamur Seharga Motor dari Negeri Sakura

Berkenalan dengan Matsutake, Jamur Seharga Motor dari Negeri Sakura
Jamur matsutake, jamur dengan harga selangit. (Kumparan.com)

Jenis jamur yang satu ini dibanderol dengan harga mahal. Nggak tanggung-tanggung, harganya setara satu unit sepeda motor lo.

Inibaru.id - Mungkin kamu sangat menyukai masakan  berbahan dasar jamur. Tapi, kira-kira apa kamu bakal tetap membeli jamur yang satu ini? Namanya matsutake, jamur asal Jepang. Harganya bisa mencapai Rp 29,6 juta, lo. Duh, setara sepeda motor ya?

Bentuk matsutake terbilang unik, Millens. Ukurannya juga besar dan tebal. Harganya mahal karena tergolong langka. Selain itu rasa matsutake sangat lezat.

Sebenarnya, jamur ini nggak cuma tumbuh di Jepang. Matsutake bisa juga ditemukan di negara-negara beriklim sejuk seperti Tiongkok, Laos, Finlandia, Swedia dan Korea. Di sana, jamur ini dianggap istimewa karena aromanya yang kuat.

Matsutake berasal dari bahasa Jepang yaitu “matsu” yang berarti pinus dan “take” yang berarti jamur, sehingga bisa disebut juga sebagai jamur pinus. Yap, jamur dengan tinggi 10-20 cm ini biasanya menempel pada akar pohon pinus.

Musim gugur menjadi waktu yang tepat untuk memanennya. 

Pilih-Pilih Tempat Tumbuh

Salah satu sebab mengapa jamur matsutake langka adalah lingkungan hidupnya. Jangan salah, jamur ini nggak bisa asal tumbuh. Ada syarat yang cukup kompleks agar ia bisa tumbuh dengan baik. Jadi, meski kamu mengelilingi hutan pinus di Jepang, belum tentu bisa menjumpai jamur eksklusif ini.

Apalagi jika pohon pinus tersebut diserang nematoda, semakin susah tumbuh deh!

FYI, jamur matsutake juga memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan kamu seperti kalori, protein, karbohidrat, dan juga lemak. Selain itu, ada juga vitamin B, C, D, fosfos, kalium, magnesium, zat besi, dan zinc. Wah, komplet banget ya?

Manfaat Jamur Matsutake

Harga matsutake memang mahal, tapi jamur ini memiliki manfaat bagi kesehatan. Apa saja?

Baik untuk Pencernaan

Kandungan serat yang tinggi dalam jamur matsutake tentunya sangat baik untuk melancarkan pencernaan, Millens. Matsutake yang kaya akan serat dan rendah lemak yang dapat membatu merangsang pencernaan dan juga menghilangkan masalah sembelit.

Menunjang Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin B yang terkandung dalam jamur matsutake ini dapat membantu sistem kekebalan tubuh, mendukung kesehatan saraf dan jantung, serta membantu memecah gula darah dalam tubuh, lo.

Sebuah penelitian juga menemukan bahwa ekstrak jamur matsutake ini dapat mencegah inflamasi.

Membakar Lemak Tubuh

Menambahkan jamur matsutake ke dalam menu makanan, bisa membantu menurunkan berat badan. Jadi, cocok untuk kamu pejuang berat badan ideal.

Wah, banyak juga ya manfaat jamur matsutake. Tapi, melihat harganya, kamu minat beli nggak nih, Millens? (Kom,Mal,Gree/MG42/E05)