Soto Kecik Sokaraja, Populer Berkat Pohon Sawo

Soto Kecik Sokaraja, Populer Berkat Pohon Sawo
Soto kecik Sokaraja. (Instagram.com/makankeliling/)

Kalau main ke Banyumas, nggak ada salahnya lo mencicipi soto kecik Sokaraja. Konon, kuliner ini populer justru gara-gara satu jenis pohon, yakni pohon sawo kecik.

Inibaru.id - Kalau mampir ke Sokaraja, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah nggak ada salahnya mencoba makanan khasnya seperti soto kecik. Omong-omong, soto ini menarik karena ceritanya terkait dengan pohon sawo. Hm, seperti apa sih?

Sokaraja dikenal akan oleh-olehnya berupa gethuk goreng. Jadi, orang yang mampir ke sana pasti bakal mencari camilan dengan rasa manis tersebut. Tapi, sebenarnya, kamu bisa menikmati kuliner lain yang nggak kalah mantap seperti soto kecik Sokaraja.

Cobalah mampir ke lokasi kuliner dan oleh-oleh di Jalan Jenderal Soedirman, Sokaraja. Di sana, pasti kamu bakal menemukan penjual soto kecik. Salah satunya adalah Soto Kecik Dua Rasa yang memiliki penanda cukup mencolok dengan warna merah dan kuning.

Ada alasan mengapa nama soto ini memiliki embel-embel kecik. Ternyata, pada 1960-an, penjual pertama dari soto ini menjajakan makanannya di bawah pohon soto kecik. Nah, demi membedakannya dengan penjual soto lain, warga Sokaraja pun kemudian menjulukinya sebagai penjual soto kecik, Millens.

“Awalnya dari kakek. Saya generasi ketiga dan soto kecik di sekitar jalan ini merupakan dari satu kakek,” jelas Teguh Widodo yang dengan sigap melayani pembeli di Soto Kecik Dua Rasa, Minggu (15/5/2022).

Penjual soto kecik Sokaraja di Banyumas. (Instagram.com/rina_harwati2197)
Penjual soto kecik Sokaraja di Banyumas. (Instagram.com/rina_harwati2197)

Lantas, apa sih yang bikin soto kecik beda dari soto pada umumnya? Kalau menurut Teguh, bumbu soto kecik cenderung kuat dan segar karena kaya akan rempah-rempah layaknya bawang merah dan putih, kunyit, jahe, merica, dan kemiri.

Yang bikin istimewa, soto kecik diberi tambahan potongan ketupat, kecambah, potongan daging, serta kerupuk yang dimasukkan langsung agar tercampur dengan kuah soto berwarna kekuningan. Duh, pastinya jadi semakin lezat, ya?

Untuk Soto Kecik Dua Rasa, punya ciri khas lain, yaitu adanya dua jenis sambal yang disediakan. Yang pertama adalah sambal kacang yang memang sudah jadi ciri khas dari soto Banyumasan alias sroto. Selain itu, ada juga sambal tauco yang memiliki cita rasa asam, asin, serta pedas.

“Pelanggan tidak hanya dari Banyumas saja. Banyak dari luar daerah yang mungkin lebih familiar dengan sambal tauco. Ketika saya padukan dengan soto kecik ini ternyata banyak yang cocok,” ungkap Teguh.

Kalau pengin mencicipi, datang saja ke kedai Soto Kecik Dua Rasa yang buka sejak pukul 07.00 WIB hingga tengah malam. Soal harga, soto kecik dibanderol Rp 20 ribu per porsi, kok. Tertarik, Millens? (Tri/IB09/E05)