inibaru indonesia logo
Beranda
Kulinary
Roasted Milk Tea; Minum Teh dengan Rasa yang Lebih Mewah
Rabu, 20 Des 2023 11:36
Penulis:
Siti Khatijah
Siti Khatijah
Bagikan:
Roasted milk tea menjadi minuman favorit anak muda karena rasanya manis, gurih, milky, lembut, dan beraroma smokey. (Unsplash/Thomas Vimare)

Roasted milk tea menjadi minuman favorit anak muda karena rasanya manis, gurih, milky, lembut, dan beraroma smokey. (Unsplash/Thomas Vimare)

Minum teh dengan cara menyeduh teh serbuk dengan air panas sudah biasa. Kamu bisa mencoba menikmati teh dengan cara berbeda. Roasted milk tea adalah teh yang diracik dengan cara memanggang teh serbuk bersama gula sehingga menjadi caramel dan menghasilkan aroma yang khas.

Inibaru.id - Sejak kecil, kita sudah terbiasa minum teh. Minuman yang diracik dari daun teh kering yang diseduh dengan air panas ini selalu ada di tempat makan baik yang sederhana maupun mewah. Bahkan, di musim yang panas ini, pedagang teh dingin dalam kemasan gelas jumbo menjamur di mana-mana.

Tapi, selain teh biasa, ada satu jenis racikan teh yang kini sedang hype di kalangan anak muda, yaitu roasted milk tea. Sekilas, minuman ini seperti teh tarik karena memadukan teh dengan susu. Namun, roasted milk tea menjadi populer karena rasanya manis, gurih, milky, lembut, dan beraroma smokey. Aroma itu dihasilkan dari teh serbuk dan gula yang dipanggang terlebih dahulu. Kamu bisa menikmati roasted milk tea dalam keadaan panas atau dingin, Millens.

Menu teh ini menjadi favorit di banyak gerai minuman kekinian. Harganya dibandrol sekitar Rp15 ribu hingga Rp23 ribu. Di beranda media sosial pun berseliweran orang-orang me-review roasted milk tea. Nggak heran jika popularitas teh ini menjadi makin tinggi.

Meski rasanya kompleks dan nikmat, sebenarnya cara membuat roasted milk tea itu cukup sederhana, lo. Dengan bahan-bahan yang mudah dijumpai, kita bisa bikin sendiri teh ini di rumah. Bikin sendiri membuat kita bisa mendapatkan roasted milk tea dengan harga murah dan rasa yang sama lezatnya seperti yang dijual di mall.

Cara Membuat Roasted Milk Tea

Ilustrasi: Gula yang dipanggang atau dipanaskan di atas api akan menjaadi caramel dan menghasilkan aroma yang smokey. (Shutterstock/g/xalanx)
Ilustrasi: Gula yang dipanggang atau dipanaskan di atas api akan menjaadi caramel dan menghasilkan aroma yang smokey. (Shutterstock/g/xalanx)

Ada beberapa resep rosated milk tea yang bisa kamu coba. Mulai dari roasted milk tea teh melati, roasted milk tea teh hitam, roasted milk tea teh hijau, roasted milk tea susu oat, roasted milk tea gula merah, hingga roasted milk tea cincau. Cara pengolahan minuman itu hampir sama, kamu tinggal pilih mau yang mana ya!

Sebagai contoh, kita coba bikin roasted milk tea teh hitam. Sebelum mulai membuat, siapkan dulu bahan-bahannya, yaitu gula pasir 12 sendok makan, teh hitam serbuk 8 sendok makan, susu cair 950 mililiter, es batu secukupnya, dan kental manis jika suka.

Pertama, masak jadi satu gula pasir dan teh hitam hingga gula menjadi karamel. Selanjutnya, tuang susu cair masak hingga tercampur rata. Setelah rata, matikan api dan biarkan dingin lalu saring.

Untuk penyajian, masukkan dua sendok makan susu kental manis ke dalam gelas lalu tuang roasted milk tea dan aduk rata. Tambahkan es batu, aduk kembali dan sajikan. Sisa teh bisa dimasukkan simpan ke kulkas.

Jika melakukan step-stepnya dengan benar, kamu akan berhasil mendapatkan roasted milk tea yang nikmat dan segar, Millens. Kalau sudah bisa bikin sendiri, kenapa harus beli mahal-mahal? Selamat mencoba di rumah, ya! (Siti Khatijah/E07)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved