inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Beneran Nggak Boleh Minum Es Teh Setelah Makan Bakso?
Minggu, 6 Agu 2023 10:53
Penulis:
Arie Widodo
Arie Widodo
Bagikan:
Minum es teh setelah makan bakso jadi kebiasaan orang Indonesia. (Tangselpos)

Minum es teh setelah makan bakso jadi kebiasaan orang Indonesia. (Tangselpos)

Belakangan ini di sejumlah platform media sosial muncul imbauan untuk nggak boleh minum es teh setelah makan bakso karena dianggap nggak sehat. Beneran nggak sih?

Inibaru.id – Belakangan ini di sejumlah platform media sosial ramai imbauan untuk nggak minum es teh setelah makan bakso. Padahal, minuman menyegarkan ini biasanya jadi pilihan utama untuk dikonsumsi setelah makan apapun di Indonesia.

Baik itu dalam bentuk botolan atau yang diolah langsung dan ditempatkan dalam gelas, es teh memang digemari masyarakat Tanah Air karena enak dan menyegarkan. Minuman ini pun seperti harus selalu tersedia di tempat makan mana pun, termasuk warung bakso.

Alasannya, suhu udara di Indonesia cenderung panas baik itu saat siang ataupun malam hari, apalagi di wilayah pesisir. Sehabis makan bakso yang juga biasanya disajikan panas-panas, pasti badan kamu berkeringat dan merasa gerah, bukan? Untuk mengatasinya, tentu minum es teh yang dingin dan menyegarkan bakal sangat cocok.

Masalahnya, dalam imbauan di media sosial itu, disebutkan bahwa kandungan tanin di dalam teh bisa membuat tubuh kesulitan menyerap protein. Padahal, bakso terbuat dari daging yang kaya akan protein. Kalau sudah begitu, tubuh nggak bisa menyerap nutrisinya dan makan bakso pun dianggap jadi percuma, deh.

Terkait dengan imbauan ini, pakar kesehatan spesialis gizi klinik dr Putri Sakti pun angkat bicara. Dia memberikan penjelasan tentang kandungan tanin yang ada di dalam teh. Ternyata, kandungan ini masuk dalam zat antinutrisi dan memang bisa menghambat penyerapan protein, lo.

Meski menyegarkan, ternyata kebiasaan minum es teh setelah makan apapun nggak sehat. (bankjim)
Meski menyegarkan, ternyata kebiasaan minum es teh setelah makan apapun nggak sehat. (bankjim)

“Tanin bisa membentuk senyawa kompleks nggak larut yang bisa mengurangi kemampuan saluran pencernaan menyerap nutrisi protein. Bahkan, saat berikatan dengan enzim yang ada di saluran pencernaan, fungsi enzimnya juga bisa ikut menurun,” terangnya sebagaimana dikutip dari Detik, Rabu (2/8/2023).

Lebih dari itu, ternyata senyawa kompleks nggak larut ini juga bisa mengikat nutrisi lain yang ada dalam makanan seperti vitamin B hingga zat besi. Artinya, kalau kamu terbiasa minum teh panas ataupun es teh setelah makan, kedua nutrisi itu bakal sulit diserap tubuh. Padahal, keduanya sangat penting bagi tubuh, lo.

Lantas, apakah sebaiknya memang nggak minum es teh setelah makan apapun? Air putih memang sebaiknya jadi pilihan utama karena sifatnya yang netral dan aman. Tapi, kalau kamu sesekali pengin minum es teh yang menyegarkan, nggak apa-apa lo.

“Kalau pengin teh, yang cair saja, jangan yang terlalu pekat,” saran dr Putri Sakti.

Selain itu, kalau kamu pengin minum teh, sebaiknya nggak yang dengan kadar gulanya tinggi, ya? Ingat, kalau terlalu sering minum minuman manis, bisa bikin berat badanmu naik dan risiko terkena diabetes meningkat, Millens.

Setelah mengetahui fakta ini, apakah kamu akan tetap minum es teh setelah makan bakso atau makanan lainnya, Millens? (Arie widodo/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved