BerandaAdventurial
Selasa, 1 Nov 2022 09:00

Menyesap Teh Sembari Menikmati Hamparan Kebun Teh Tambi

Menyesap Teh Sembari Menikmati Hamparan Kebun Teh Tambi

Kebun Teh Tambi di Wonosobo, Jawa Tengah. (Instagram/lisasft)

Kalau mampir ke Wonosobo, Jawa Tengah, jangan lupa untuk mampir ke Kebun Teh Tambi. Di sana, kamu bisa menikmati keindahan hamparan kebun teh yang hijau dan berbukit-bukit. Pokoknya, cocok untuk healing, deh.

Inibaru.id – Nggak hanya Jawa Barat atau Jambi yang punya kebun teh yang membentang luas dan indah. Di Jawa Tengah, kamu juga bisa menemukan sejumlah kebun teh yang menawarkan pemandangan indah. Salah satunya adalah Kebun Teh Tambi yang ada di Kabupaten Wonosobo, Jateng.

Kebun Teh Tambi memiliki jarak sekitar 18 kilometer dari pusat Wonosobo. Luasnya sekitar 830 hektare. Kebun ini berada di ketinggian 800 meter sampai 2.000 meter di atas permukaan laut (mdpl) sehingga suhu udara di sana cenderung sejuk sepanjang waktu.

Menurut keterangan Disbudpar Wonosobokab, (1/3/2021), Kebun teh ini sudah eksis sejak 1865, Millens. Kala itu, pengelolanya adalah perusahaan bernama Bagelen Thee and Kina Maatscchappij yang dikelola oleh NV. John Peet, berpusat di Batavia. Saat itu, Kebun Teh Tambi dikenal sebagai pemasok teh berkualitas yang diekspor sampai Eropa.

Pengelolaan kebun teh ini terus berganti saat Indonesia dikuasai Jepang dan kemudian merdeka. Meski begitu, barulah pada 1954, kebun teh ini benar-benar dikelola oleh perusahaan Indonesia. Kini, perusahaan tersebut dikenal sebagai PT Tambi.

Sebagai Tempat Wisata

Pengunjung bisa datang dengan mudah ke Kebun Teh Tambi dengan kendaraan pribadi. (Nasirullahsitam)
Pengunjung bisa datang dengan mudah ke Kebun Teh Tambi dengan kendaraan pribadi. (Nasirullahsitam)

Sebagaimana kebun-kebun teh pada umumnya, Kebun Teh Tambi juga sering dijadikan tujuan bagi orang-orang yang pengin healing. Maklum, kontur kebun yang berbukit-bukit membuat hamparan hijau kebun teh sangat indah dipandang. Ditambah dengan suhu yang sejuk, tentu setiap orang akan merasa tenang saat jalan-jalan atau sekadar menikmati pemandangan di sana.

“Udaranya sejuk, pemandanganya hijau menyegarkan mata. Buat jalan juga nggak capek karena yang di dekat jalan ini konturnya agak landai. Nggak nanjak,” cerita Fathya Ilhami, salah seorang wisatawan yang menikmati pemandangan Kebun Teh Tambi.

Nggak hanya jalan-jalan sendiri, kamu juga bisa lo menikmati paket outbound yang sudah disediakan PT Tambi. Biaya paket tour ini nggak mahal, yaitu Rp 115 ribu saja per orang.

Selain itu, kamu bisa menikmati teh yang diproduksi langsung dari daun-daun teh perkebunan. Rasa teh tentu sangat nikmat karena teh yang digunakan berkualitas baik. Penasaran dengan sensasi menyesap teh sembari menikmati indahnya hamparan kebun teh yang hijau?

Kalau kamu tertarik, datanglah ke Kebun Teh Tambi! Ada dua jalur yang bisa kamu gunakan. Yang pertama adalah dari Kota Wonosobo yang cenderung lebih landai. Kedua, jalur yang melewati Ngadirejo, Temanggung dengan kontur jalan yang lebih menantang.

Satu hal yang pasti, semua jalurnya sudah diaspal mulus. Kamu pun bisa memarkir kendaraan di mana saja karena jalurnya pasti akan membelah tengah-tengah kebun teh. Jadi, kapan nih kita mampir ke Kebun Teh Tambi, Millens? (Arie Widodo/E10)

Tags:

Inibaru Indonesia Logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Sosial Media
A Group Member of:
medcom.idmetro tv newsmedia indonesialampost

Copyright © 2023 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved