Resep Crofle, Jajanan yang Dipopulerkan Artis K-Pop

Resep Crofle, Jajanan yang Dipopulerkan Artis K-Pop
Crofle, jajanan barat yang justru dipopulerkan artis K-Pop. Seperti apa ya resepnya? (Twitter/@liminalove)

Tahu nggak crofle itu adalah kombinasi dari croissant dan waffle? Nah, menariknya, jajanan khas barat ini ternyata populer di Indonesia gara-gara artis K-pop. Penasaran dengan resep Crofle nggak nih?

Inibaru.id – Beberapa saat lalu, kita mengenal kopi dalgona sebagai jajanan yang populer di masa pandemi Covid-19. Nah, belakangan ini, muncul jajanan lain yang juga populer di masa pandemi. Jajanan itu adalah Crofle, yang uniknya juga dipopulerkan oleh artis K-pop.

Nah, kalau kamu penasaran apa itu Crofle, jajanan ini sebenarnya masuk dalam golongan pastry. Namanya memang terkesan baru karena jajanan ini adalah kombinasi dari croissant dan waffle. Nah, kalau dua jajanan ini pasti kamu sudah kenal kan? Iya, camilan khas Barat yang rasanya enak itu.

Menariknya, meski makanan barat, nyatanya Crofle justru populer gara-gara para artis K-pop. Salah seorang yang mempopulerkannya adalah penyanyi Kang Min-kyung. Gara-garanya, dia mengunggah video saat memakan camilan ini di kanal Youtube-nya.

Dalam video yang diikuti oleh lebih dari 600 ribu subscriber ini, Min-kyung mengaku sangat menyukai Crofle. Nah, para pengikut dan anak-anak muda yang melihat video ini ternyata terinspirasi untuk mencicipi Crofle juga. Hasilnya, jajanan ini kemudian populer di kalangan generasi muda Korea Selatan.

Mengingat penggemar budaya K- pop di Indonesia sangatlah banyak, anak muda di sini juga mulai ikut-ikutan menjajal Crofle. Karena belum banyak penjualnya, jadilah mereka membuatnya sendiri. Apalagi, di internet juga sudah banyak resep untuk membuat Crofle.

Nah, kalau kamu penasaran dengan resep Crofle, berikut deh kita bocorkan bahan-bahan dan cara membuatnya.

Resep Crofle, bisa kamu buat sendiri di rumah, lo. (Twitter/SusanSusanto17)
Resep Crofle, bisa kamu buat sendiri di rumah, lo. (Twitter/SusanSusanto17)

Simak dulu deh bahan-bahan utamanya ya.

-          3 sdm mentega tawar yang ditempatkan di suhu ruangan.

-          1,5 sdt garam.

-          3 sdm gula.

-          4 cangkir tepung roti,

-          2 ¼ sdt the ragi kering.

-          1 butir telur.

-          1/3 cangkir susu evaporasi.

-          ½ cangkir air.

Kalau soal cara membuatnya, begini tahapannya, Millens.

-          Yang perlu dilakukan kali pertama adalah mencampurkan susu dan air. Lalu, campuran ini dipanaskan di suhu 120 F sampai 130 F.

-          Nah, campuran ini kemudian diberi tambahan garam, gula, serta secangkir ragi kering.

-          Setelahnya, kamu tinggal menambahkan mentega cair. Setelahnya, kamu tinggal memasukkan bahan-bahan tersebut ke dalam mangkuk.

-          Aduk bahan-bahan tersebut selama 2 sampai 3 menit.

-          Tambahkan telur ke bahan tersebut, lalu aduk hingga tercampur rata selama sekitar 1 menit.

-          Nah, adonan Crofle mulai mengeras. Kamu pun tinggal memakai tangan untuk memijat-mijatnya dan mencampurkannya dengan tepung.

-          Setelah itu, kamu tinggal menguleni adonan hingga lebih elastis dan halus. Jika perlu gunakan tepung tambahan.

-          Setelahnya, adonan ini tinggal kamu masukkan ke cetakan waffle. Panaskan cetakan ini hingga adonan matang.

-          Crofle pun siap untuk disantap. Paling mantap kalau masih hangat.

Penasaran dengan Crofle yang krispi di luar namun lembut di dalam, Millens? Coba deh membuatnya sendiri, sekarang. Haha. (Asumsi/IB09/E05)