BerandaKulinary
Kamis, 27 Okt 2022 16:30

Ogura Cake, Bolu Bantal Bertekstur Lembut dan Empuk

Ogura Cake, Bolu Bantal Bertekstur Lembut dan Empuk

Selain disantap begitu saja, ogura cake juga cocok dihias menggunakan butter cream dan buah-buahan. (streetfoodrecipe)

Dunia baking nggak pernah monoton. Selalu ada makanan baru dan menarik untuk dicoba salah satunya ogura cake.

Inibaru.id - Ingin sesuatu yang berbeda pada keik ulang tahunmu? Cobalah merayakan hari istimewa itu dengan keik yang juga istimewa yaitu ogura cake.

Ini merupakan salah satu jenis bolu yang lembut dan ringan mirip dengan chiffon tapi teknik pembuatannya sedikit berbeda. Selain dimakan begitu saja, ogura juga biasa digunakan sebagai dasar keik ulang tahun pengganti sponge cake.

Bolu jenis ini merupakan hasil inovasi para pembuat kue. Karena hasilnya yang memuaskan, nggak heran resep ogura menjadi viral beberapa tahun terakhir.

Banyak para baker pemula mencoba membuat karena bahan dan teknik membuatnya mudah dipelajari.

Asal Mula Ogura Cake

Resep <i>ogura cake</i> bemula dari seorang perempuan yang tinggal di Batu Pahat, Malaysia. (resepmasakan)
Resep <i>ogura cake</i> bemula dari seorang perempuan yang tinggal di Batu Pahat, Malaysia. (resepmasakan)

Terdengar kejepang-jepangan, nyatanya ogura keik bukanlah kue yang yang berasal dari Negeri Matahari Terbit, lo. Beberapa sumber mengatakan ogura cake awalnya berasal dari Batu Pahat, Malaysia.

Konon, di daerah itu ada seorang perempuan menanti kedatangan sang suami yang tengah pergi ke Jepang. Waktu berlalu, akhirnya perempuan itu tahu bahwa suami yang berkebangsaan asli Jepang itu sudah meninggal tanpa tahu sebabnya.

Untuk mengenang suami tercintanya, perempuan itu membuat sebuah kue dengan nama suaminya, yaitu Ogura. Cerita dan resep soal ogura ini menyebar luas ke penjuru dunia. Bahkan di Tiongkok, ogura cake mempunyai versi sendiri yaitu xiang si dan gao yang artinya lovesick cake.

Bahan Mudah Didapatkan

Ogura cake ada banyak pilihan rasa seperti vanila, pandan, coklat, moka, lemon, teh hijau, stroberi dan lainnya. (kreasimasakan)
Ogura cake ada banyak pilihan rasa seperti vanila, pandan, coklat, moka, lemon, teh hijau, stroberi dan lainnya. (kreasimasakan)

Jika kamu penasaran dan pengin membuat ogura cake di rumah, jangan lupa untuk mempersiapkan bahan-bahan terlebih dahulu ya, Millens! Tenang saja, bahannya nggak ada yang sulit dan bisa kamu dapatkan di toko bahan kue.

Kamu hanya perlu menyediakan tepung terigu protein rendah, telur, gula, cream of tartar, minyak sayur, santan atau susu. Kamu juga bisa menambahkan perasa favorit seperti vanila, coklat, lemon, teh hijau dan keju serta warna sesuai keinginan seperti coklat, hijau, atau membentuk pola marble cake.

Nah, salah satu yang khas dari kue ini adalah teksturnya yang superlembut dan fluffy dikarenakan jumlah kuning lebih banyak ketimbang putih telur. Secara umum cara membuat ogura hampir sama dengan chiffon, yaitu memisahkan kuning dengan putih telur terlebih dahulu. Setelah itu putih telur dan gula dikocok hingga soft peak atau kental berjejak, sedangkan kuning telur dicampurkan perlahan ke dalam adonan putih telur.

Teknik Memanggang Au Bain Marie

Ogura cake dibuat dengan teknik pemanggangan <i>au bain marie</i> agar kue nggak kering dan tetap lembab. (pinterest)
Ogura cake dibuat dengan teknik pemanggangan <i>au bain marie</i> agar kue nggak kering dan tetap lembab. (pinterest)

Perbedaan keduanya terletak pada teknik memanggang. Ogura cake memerlukan teknik memanggang au bain marie. Ini merupakan cara memanggang dengan meletakkan loyang adonan pada loyang yang lebih besar berisi air. Dengan metode ini, ogura cake yang kamu buat akan tetap lembab dan berkulit kuning kecokelatan.

Begitulah sekilas cara membuatnya. Mudah kan? Tapi jika mager untuk baking di dapur, meluncur saja ke toko kue untuk menikmati kelembutan keik yang awalnya adalah wujud kerinduan seorang perempuan pada kekasihnya itu. (Mer/IB20/E05)

Tags:

Inibaru Indonesia Logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Sosial Media
A Group Member of:
medcom.idmetro tv newsmedia indonesialampost

Copyright © 2023 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved