Nggak Hanya Indonesia, Korea juga Punya Jajanan Kaki Lima Unik, Mau Coba?

Nggak Hanya Indonesia, Korea juga Punya Jajanan Kaki Lima Unik, Mau Coba?
Bungeoppang, salah satu jajanan kaki lima Korea berbentuk ikan yang unik dan enak. (IDN Times)

Selain terkenal akan kebudayaan, drama, dan lagu-lagu K-pop-nya, Korea juga populer dengan kuliner yang enak. Nah, ada banyak lo jajanan kaki lima Korea yang unik. Tertarik untuk mencicipinya, Millens?

Inibaru.id - Sebagaimana di Indonesia, Korea Selatan juga memiliki banyak jajanan enak dan menarik. Jajanannya pun memiliki rasa beragam, dari yang manis, yang digoreng, dan lain-lain. Lantas, apa saja ya jajanan kaki lima Korea yang bisa bikin kamu ketagihan?

Nggak hanya soal rasa, banyak jajanan Korea memiliki bentuk yang sangat nggak biasa dan unik. Berikut adalah daftar jajanan-jajanan kaki lima Korea tersebut.

Kkultarae

Kkultarae, jajanan Korea yang berbentuk seperti arum manis. (TaysBakers)<br>
Kkultarae, jajanan Korea yang berbentuk seperti arum manis. (TaysBakers)

Makanan yang bentuknya mirip banget dengan arum manis ini namanya adalah Kkultarae. Cara membuat jajanan ini juga sangat unik karena memakai madu yang sebelumnya dipanaskan selama 3 hari sampai teksturnya mengental. Cara pengolahannya bahkan sangat mirip dengan arum manis, yakni  ditarik-tarik sampai seperti lembaran benar-benar tipis sebelum dipintal layaknya kapas.

Bbopki

Bbopki. (Twitter/iwinazi)
Bbopki. (Twitter/iwinazi)

Beberapa waktu lalu, warganet berlomba-lomba membuat sendiri sebuah minuman dengan nama dalgona coffe. Nah, kamu tahu nggak Millens kalau minuman itu sebetulnya terinspirasi dari jajanan Korea bernama Bbopki?

Bbopki ini bentuknya berupa gula-gula. Pembuatannya pun dari gula yang dipanaskan sampai menjadi karamel. Adonan itu juga dicampur dengan kue. Rasa Bbopki yang manis pasti disukai siapa saja.

Bbopki berbentuk bulat dengan warna cokelat muda. Di bagian tengahnya dibentuk ukiran seperti hati dan bintang. Bbopki yang dijual biasanya disajikan dengan stik seperti permen lollipop. Meski begitu, ada juga Bbopki yang dijual tanpa stik.

Hotteok

Hotteok, pancake khas Korea. (Wikipedia)<br>
Hotteok, pancake khas Korea. (Wikipedia)

Hotteok ini jajanan yang sering dijumpai di Korea saat musim dingin. Banyak orang yang menganggapnya sebagai pancake khas Korea. Hal ini disebabkan oleh bahan utamanya yang mirip, yakni adonan tepung terigu dan ragi.

Hotteok punya banyak isian, mulai dari brown sugar, cinnamon, madu, dan pine nuts. Yang luar biasa, jajanan ini sudah eksis di Korea sejak abad ke-19!

Delimanjoo

Delimanjoo. (Twitter/kdramasaram)
Delimanjoo. (Twitter/kdramasaram)

Delimanjoo bentuknya mirip seperti jagung. Makanan ini diisi dengan krim rasa vanilla. Namun, sering perkembangan zaman, isinya semakin beragam, dari stroberi, matcha, hingga cokelat.

Dlimanjoo ini sebetulnya sudah populer sejak tahun 1998. Selain punya tekstur yang lembut, jajanan ini sering dijadikan buah tangan oleh orang Korea atau para wisatawan.

Bungeoppang

Bungeoppang wafle Korea. (iStock)<br>
Bungeoppang wafle Korea. (iStock)

Bungeoppang dikenal sebagai waffle khas Korea. Bentuknya seperti ikan dan memiliki cita rasa yang manis dan legit.

Jajanan yang nikmat dimakan saat masih dalam kondisi hangat ini memiliki isian pasta kacang merah. Tahu nggak, Bbungeoppang ini sudah ada di Korea sejak 1930, lo!

Wah, cukup unik-unik juga ya jajanan kaki lima di Korea, Millens. Dari semua itu, kamu pengin mencicipi yang mana, nih? (Det/IB28/E07)