inibaru indonesia logo
Beranda
Kulinary
Murah Meriah, Sate Apus Khas Solo Cocok untuk Kamu yang Vegetarian
Jumat, 30 Des 2022 20:59
Penulis:
Kharisma Ghana Tawakal
Kharisma Ghana Tawakal
Bagikan:
Satai Apus khas Solo, yang bertektur kenyal dan memiliki rasa yang unik. (Cookpad/My Homade Food)

Satai Apus khas Solo, yang bertektur kenyal dan memiliki rasa yang unik. (Cookpad/My Homade Food)

Kalau mampir ke angkringan di Solo, nggak ada salahnya kalau kamu mencicipi satai apus. Meskipun bohongan, satai ini menjadi salah satu jenis sundukan yang populer di berbagai hik di Solo, lo.

Inibaru.id – Satai menjadi salah satu makanan khas Indonesia. Biasanya satai yang paling populer di Indonesia terbuat dari daging baik itu kambing, ayam, atau daging lainnya. Tapi, kamu pernah nggak terpikirkan satai yang bahan dasarnya dari tepung terigu? Nah, satai nggak biasa ini bisa kamu temukan di Solo. Masyarakat menamainya satai apus.

Sebagai informasi, apus dalam Bahasa Jawa berarti bohongan. Satai apus nggak menggunakan daging sebagai bahan dasarnya, melainkan tepung terigu. Meski begitu, satai apus dibentuk sebagaimana satai daging. Cocok banget kan untuk kaum vegetarian atau nggak suka daging?

Proses Pembuatan Satai Apus

Meski satai apus adalah satai bohongan, satai yang memiliki tekstur kenyal ini nggak kalah enak dari satai yang terbuat dari daging kok. Kamupun bisa membuatnya sendiri di rumah.

Omong-omong ya, proses pembuatan satai apus ini sangat sederhana. Kamu hanya membutuhkan tepung terigu tinggi protein, air, garam, dan sedikit minyak goreng.

Adonan tepung yang sudah dipotong dan ditusuk menyerupai satai daging. (Youtube/Official Net News)
Adonan tepung yang sudah dipotong dan ditusuk menyerupai satai daging. (Youtube/Official Net News)

Setelah semua bahan tersedia, buat adonan tepung terigu yang sudah direbus dan ditiriskan. Iris adonan menjadi potongan yang mirip dengan ukuran daging satai pada umumnya. O ya, saat merebus adonan tepung, usahakan gunakan api yang kecil saja. Tujuannya agar adonan yang direbus dapat matang merata.

Satai yang sudah matang dan sudah diiris, kemudian dibumbui menggunakan racikan bawang putih, cabe rawit, kecap manis, ketumbar, lada, garam, dan penyedap rasa. Nah, bumbu inilah yang menjadi kunci untuk cita rasa satai apus khas Solo.

Satai apus yang sudah dibumbui dan dibakar mirip dengan satai daging. (Youtube/Official Net News)
Satai apus yang sudah dibumbui dan dibakar mirip dengan satai daging. (Youtube/Official Net News)

Rasanya yang unik dan harganya yang murah membuat satai yang satu ini sangat mudah kamu temukan di berbagai hik yang berada di Kota Solo, Jawa Tengah. Harga yang ditawarkan juga cukup murah, mulai dari Rp2.000 – Rp3.000 saja.

Dilihat dari penampakannya, satai apus ini nggak jauh berbeda dari satai daging pada umumnya. Rasanya pun sebelas duabelas dengan satai daging. Pokoknya kalau penjualnya nggak memberitahumu itu satai tepung, kamu pasti terkecoh.

Satai apus sangat nikmat kalau di santap selagi hangat. Jadi kalau kamu sedang berkunjung ke angkringan yang menjajakan satai apus, jangan lupa meminta ke penjual untuk memanggang lagi satai ini, ya.

Kalau kamu, pernah mencicipi satai apus ini belum, Millens? (Fatkha Karinda Putri/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved