Mudah dan Cepat, Yuk Membuat Sendiri Keju dari Kacang Almond!

Mudah dan Cepat, Yuk Membuat Sendiri Keju dari Kacang Almond!
Keju yang terbuat dari kacang almond merupakan salah satu pengganti keju dari susu sapi. (Onegreenplanet)

Keju yang enak nggak selalu terbuat dari susu sapi. Ada bahan pengganti susu sapi yang manfaatnya nggak kalah baik yaitu kacang almond. Cara membuatnya pun nggak sulit.

Inibaru.id - Keju merupakan bahan makanan yang sudah nggak asing lagi bagi kita. Banyak makanan dan minuman populer yang menggunakan keju untuk memberikan sentuhan rasa gurih, lembut, dan creamy.

Piza, burger, spageti, keik keju, stik keju, kastengel adalah contoh makanan yang nggak bakal sempurna tanpa keju.

Karena rasanya yang lezat, keju disukai semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Sayangnya, ada orang-orang yang cocok dengan rasanya tapi tubuh alergi dengan kandungan keju yang terbuat dari fermentasi susu sapi.

Keju dari Kacang Almond

Almond yang utuh dan berkualitas menghasilkan rasa keju yang enak. (Shutterstock)
Almond yang utuh dan berkualitas menghasilkan rasa keju yang enak. (Shutterstock)

Lalu, benarkah mereka yang alergi susu sapi jadi nggak bisa makan keju untuk selamanya? Jangan khawatir jika kamu termasuk orang yang alergi keju ya, Millens! Kamu akan tetap bisa menikmati creamy-nya keju meski nggak terbuat dari susu sapi.

Ya, ada banyak bahan alternatif untuk membuat keju salah satunya kacang almond. Keju yang kamu buat sendiri dari kacang almond bisa banget mengobati keinginanmu untuk makan keju, lo. Meski nggak mirip seratus persen, keju dari almond tetap enak, kok.

Mudah Cara Membuatnya

Langkah pembuatan keju almond sangat mudah sehingga bisa kamu lakukan sendiri di rumah. (Plantbasedredhaead)
Langkah pembuatan keju almond sangat mudah sehingga bisa kamu lakukan sendiri di rumah. (Plantbasedredhaead)

Ingin menjajal membuatnya? Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mempersiapkan bahan-bahannya. Bahan yang harus ada adalah secangkir almond utuh, tiga sendok makan minyak zaitun, dua setengah sendok makan air perasaan lemon, setengah cangkir air, garam, dan setengah buah bawang putih.

Kacang almond yang bakal kamu gunakan untuk membuat keju sebisa mungkin sudah direndam semalam dalam kulkas, ya! Kacang almond yang sudah direndam dan dikeringkan dari air baru bisa dibikin keju.

Hancurkan dan campur kacang almond, minyak zaitun, air, air lemon, bawang putih, dan garam menggunakan blender atau food processor. Hancurkan beberapa menit hingga tekstur bahan mengental dan nggak ada yang menggumpal.

Setelah proses penghancuran selesai, letakkan campuran almond tadi pada kain saringan pembungkus tahu. Ikat kain tersebut sambil peras sesekali agar airnya berkurang. Setelah itu, simpan campuran almond tersebut di dalam lemari pendingin selama setengah hari atau hingga teksturnya menjadi padat.

Proses pembuatan keju belum selesai ya. Jika adonan tadi sudah padat, kamu bisa mengeluarkannya dari kain saringan lalu memanggangnya. Panggang pada suhu antara 160-165 derajat celcius selama 30-40 menit agar bagian luarnya kering namun di dalam lembut. Setelah pemanggangan selesai, biarkan suhu keju almond itu normal dahulu baru  bisa kamu cicip, deh.

Keju almond cocok dinikmati bareng salad, piza, atau olesan roti. (Thecuriouschickpea)
Keju almond cocok dinikmati bareng salad, piza, atau olesan roti. (Thecuriouschickpea)

Nah, setelah menyimak cara membuatnya, apakah kamu ingin segera mencoba membuatnya? Jangan ragu dengan rasanya, ya!

Meski nggak menggunakan susu, keju almond mempunyai tekstur yang lembut, creamy, dan sedikit manis. Cocok banget jika kamu nikmati bersama salad, piza atau sekadar olesan roti tawar. Duh, jadi lapar kan? (Idn/IB20/E05)