Menikmati Sensasi Makan Mi Ayam Batok Kelapa di Yogyakarta

Menikmati Sensasi Makan Mi Ayam Batok Kelapa di Yogyakarta
Mi ayam batok kelapa di Yogyakarta. (Kompasiana/Bagus AW)

Yogyakarta adalah ibu kota mi ayam di Indonesia. Maklum, di sana banyak mi ayam legendaris dan unik. Nah, salah satu mi ayam di Yogyakarta yang patut untuk dicoba adalah mi ayam batok kelapa.

Inibaru.id – Ada kelakar yang menyebut Yogyakarta adalah ibu kota mi ayam di Indonesia. Maklum, di sana ada banyak sekali penjual mi ayam enak dengan varian yang berbeda-beda dan ciri khasnya masing-masing. Salah satu mi ayam di Yogyakarta yang nggak biasa adalah mi ayam batok kelapa.

Jadi ya, mi ayam ini nggak dihidangkan di mangkuk sebagaimana mi ayam pada umumnya, melainkan di dalam batok kelapa. Bahkan, kamu masih bisa melihat daging kelapa segarnya, lo. Hm, menarik banget sih?

Mi ayam batok kelapa ini ada di Kedai Kelapa Muda Rukun. Lokasinya ada di Pasar Kuliner Imogiri, Jalan Imogiri Timur, Km 13,5.  Karena ditempatkan di dalam batok kelapa yang masih memiliki daging kelapa berwarna putih, otomatis kamu bisa menikmati mi ayam sekaligus ‘bonus’ daging kelapanya sekaligus. Rasanya pun sangat unik karena jadi perpaduan antara gurih dan manis.

Kalau menurut sang penjual, Slamet, dia sengaja menempatkan mi ayam di dalam batok kelapa muda agar beda dari mi ayam pada umumnya. Soalnya, di Yogyakarta, apalagi di Bantul, penjual mi ayam sangatlah banyak. Jadi, kalau nggak unik atau benar-benar enak, bakal sulit bersaing.

“Kuahnya kita memakai langsung dari air kelapa muda yang dimasak. Sehingga lebih sehat dan cita rasanya tetap gurih,” terangnya, Sabtu (1/12/2018).

Mi ayam batok kelapa beda dari mi-mi ayam lainnya di Yogyakarta. (Tribun Jogja)
Mi ayam batok kelapa beda dari mi-mi ayam lainnya di Yogyakarta. (Tribun Jogja)

Keunikan lain dari mi ayam ini adalah topping-nya yang berupa bawang goreng serta mentimun iris yang membuatnya semakin nikmat. Jadi, kamu nggak hanya bakal menemukan potongan daging ayam dan sawi saja.

Soal harga, cukup murah kok. Kalau tertarik dengan mi ayam batok kelapa, seporsinya hanya Rp 15 ribu. Kalau pengin mencoba mi ayam bakso, harganya jadi Rp 20 ribu deh. Selain itu, ada juga bakso batok kelapa dengan harga Rp 17 ribu. Harga tersebut per Oktober 2020 lalu, jadi bisa saja mengalami perubahan sekarang.

O ya, di sini kamu juga bisa menemukan variasi mi lainnya seperti mi ayam ceker, mi ayam bakso jumbo ekstra ayam, mi ayam jumbo ekstra ayam, mi ayam jumbo, mi ayam ekstra ayam, mi ayam bakso goreng, hingga mi ayam biasa. Kalau soal minuman, ada pilihan es teh, es jeruk, lemon tea, hingga es kelapa muda. Hm, nikmat semua!

Jadi, tertarik mencoba mi ayam batok kelapa di Bantul, Yogyakarta, Millens? (Tri, Ins, IB09/E05)