inibaru indonesia logo
Beranda
Kulinary
Menikmati Sedapnya Sego Tewel, Kuliner Khas Pati
Sabtu, 3 Jun 2023 17:49
Penulis:
Bagikan:
Sego tewel, kuliner khas Pati. (Tic.patikab.go.id)

Sego tewel, kuliner khas Pati. (Tic.patikab.go.id)

Kuliner khas Pati nggak melulu nasi gandul. Di sana, juga ada Lo sego tewel yang nggak kalah nikmat. Seperti apa sih kuliner yang satu ini?

Inibaru.id – Kebanyakan orang langsung terpikir nasi gandul jika berbicara tentang kuliner khas Pati. Padahal, ada kuliner tradisional menarik lainnya dari kabupaten ini, yaitu sego tewel. Makanan yang dibuat dengan bahan utama nangka muda ini aslinya berasal dari Kecamatan Tambakromo, Millens.

Meski sama-sama terbuat dari nangka muda, jangan kira sego tewel mirip dengan gudeg. Kuliner ini justru lebih mirip seperti sayur lodeh.

Keunikan lain dari sego tewel adalah seringkali penjual makanan ini melapisi piringnya dengan daun jati sebelum disiram nasi dan sayur tewel. Hal ini membuatnya memiliki rasa dan aroma yang sangat menarik.

Salah satu tempat di mana kamu bisa mendapatkan sego tewel legendaris di Pati adalah Warung Sego Tewel Mbah Rasiah yang berlokasi di Desa Ngerang. Salah satu pelanggannya, Beni, mengaku ketagihan makan di warung sederhana tersebut.

“Sego tewel di sini punya cita rasa pedas yang pas. Kalau dimakan dengan tempe goring dan bakwan hangat, rasanya tambah enak,” ungkap laki-laki berusia 38 tahun yang bekerja di Sekretariat Daerah Kabupaten Pati tersebut sebagaimana dilansir dari Tribunjateng, Rabu (17/8/2022).

Sego Tewel Mbah Rasiah, salah satu warung legendaris yang menjajakan kuliner khas Pati ini. (Wr-sego-tewel-pedes.business.site)
Sego Tewel Mbah Rasiah, salah satu warung legendaris yang menjajakan kuliner khas Pati ini. (Wr-sego-tewel-pedes.business.site)

Selain di warung tersebut, kamu juga bisa mencicipi sego tewel di Warung Sego Tewel Bu Siti yang masih berada di desa yang sama.

“Kalau di sini nasinya disiram kuah yang masih panas. Karena diberi alas daun jati muda, rasanya jadi semakin sedap. Aroma wangi kuahnya membuat banyak pelanggan berdatangan,” ungkap Siti, pengelola generasi ketiga dari warung tersebut sebagaimana dilansir dari Warta24, Minggu (3/12/2022).

Selain rasanya yang enak, ada alasan lain yang membuat Warung Sego Tewel Bu Siti selalu dipenuhi pelanggan, yaitu harganya yang murah meriah. Per piring sego tewel, kamu hanya perlu membayar Rp3 ribu. Oleh karena itulah, banyak pelanggan yang nggak ragu untuk nambah jika merasa belum puas.

Lebih dari itu, di sana juga tersedia lauk seperti bakwan, tempe, kerupuk, dan rempeyek. Meski lauknya sederhana, dijamin bikin sensasi makan di sana makin sempurna!

O ya, warung ini buka dari pukul 15.00 WIB sampai pukul 21.00 WIB. Tapi, kalau kamu mampir ke sana pada jam makan malam, jangan heran kalau harus lama mengantre, ya, Millens? Maklum, warungnya sudah jadi tujuan wisata kuliner di Pati. (Arie Widodo/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved