inibaru indonesia logo
Beranda
Kulinary
Mencicipi Sop Kerbau Legendaris di Warung Gedek Mbah Zaeni Kudus
Kamis, 15 Feb 2024 09:00
Penulis:
Arie Widodo
Arie Widodo
Bagikan:
Sop Kerbau di Warung Gedek Mbah Zaeni Kudus. (Babad.id/Resepmamiku)

Sop Kerbau di Warung Gedek Mbah Zaeni Kudus. (Babad.id/Resepmamiku)

Meski ada di dalam gang sempit, tetap banyak pengunjung yang mendatangi Warung Gedek Mbah Zaeni Kudus demi merasakan sop kerbau. Memangnya, seenak apa sih sop kerbau di warung tersebut?

Inibaru.id – Di Kudus, kamu bisa menemukan banyak sekali tempat makan yang menyajikan olahan daging kerbau. Salah satu di antaranya yang layak untuk kamu coba adalah Warung Gedek Mbah Zaeni.

Lokasi warung ini bisa kamu temui di Desa Loram Kulon, Kecamatan Jati. Dari Alun-alun Kudus, jaraknya kurang lebih 2,5 kilometer ke arah tenggara. Meski berada di gang kecil, nyatanya warung ini sudah cukup melegenda di Kota Kretek sehingga kerap dijadikan jujugan pelaku wisata kuliner dari dalam maupun luar kota, Millens.

Jika kita menilik tampilan luarnya, warung yang hampir nggak pernah sepi ini sangat sederhana. Apalagi, sebagian dindingnya masih berupa gedek bambu. Oleh karena itulah, warung ini sampai mendapatkan sebutan warung gedek.

Selain tampilannya yang unik, hal lain yang bikin Warung Gedek Mbah Zaeni banyak didatangi pelanggan tentu saja karena rasa sop kerbaunya yang nggak ada duanya. Sekilas, sop kerbau ini mirip dengan soto. Apalagi, di dalam seporsi sop yang biasanya disajikan di mangkuk ini, ada nasi, kuah bening, potongan daging kerbau, taburan bawang goreng, dan berbagai macam sayuran seperti seledri dan kol. Sudah kebayang kan senikmat apa sensasi makan sop kerbau yang masih panas di sini saat perut sedang lapar?

Sebenarnya, di warung ini, kamu juga bisa mencicipi menu lain seperti nasi bening, nasi pecel, serta cemeding, olahan sayur kukus yang disiram sambal kacang. Tapi, menurut pengelola warung ini, Krismanto, yang paling dicari pembeli adalah sop kerbau.

Lokasi Warung Gedek Mbah Zaeni yang ada di gang sempit. (Googlestreetview)
Lokasi Warung Gedek Mbah Zaeni yang ada di gang sempit. (Googlestreetview)

“Sop kerbaunya memang yang paling laris. Kebanyakan pembeli suka dengan potongan daging kerbaunya yang khas,” ungkap laki-laki berusia 36 tahun tersebut sebagaimana dilansir dari Murianews, Minggu (10/12/2023).

O ya, harga sop kerbau yang disajikan di warung yang sudah berusia lebih dari 40 tahun ini juga cukup terjangkau, Millens, yaitu Rp11 ribu per porsi. Harga ini masih belum meliputi sejumlah lauk lain yang tersedia seperti aneka gorengan dan satai, serta kinco bandeng.

Jangan khawatir warungnya bakal terasa sesak meski banyak pembeli yang datang. Di sana, ada banyak tempat yang bisa kamu gunakan untuk makan di tempat, termasuk gazebo yang nggak jauh dari ruang utama warung.

“Kalau nggak ada acara penting ya kami buka terus, setiap hari. Jam bukanya pukul 08.00 WIB sampai 18.00 WIB,” terang generasi ketiga dari keluarga yang mengurus warung tersebut.

Wah, sepertinya menarik banget ya mencicipi sop kerbau di Warung Gedek Mbah Zaeni Kudus. Ini bisa jadi alternatif buat kamu yang bosan dengan soto kerbau. (Arie Widodo/E10)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved